Pengaruh Variasi Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian pada Aisy Drink Kota Bima
DOI:
https://doi.org/10.32493/drb.v5i5.22739Keywords:
Variasi Produk, Promosi, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh variasi produk dan promosi terhadap pembelian pada Aisy Drink Kota Bima. Jenis penelitian ini merupakan penelitian asosiatif. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen yang sudah pernah berbelanja dan akan berbelanja di Aisy Drink dan jumlah sampel yang akan diteliti adalah sebesar 96 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling. Dalam memperoleh data dan informasi yang akan mendukung penelitian ini, maka penulis mengumpulkan data dengan cara observasi, kuesioner, studi pustaka, dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa Variasi produk berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian di Aisy Drink Kota Bima, Promosi berpengaruh positif secara parsial terhadap keputusan pembelian di Aisy Drink Kota Bima, serta Variasi produk dan promosi berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian di Aisy Drink Kota Bima.
References
Aprilia S.C Kojongian dan Tinneke M. Tumbel, 2022. Pengaruh Variasi Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Careofyou.id pada Media Sosial Instagram. Jurnal Productivity, Vol. 3 No. 2.
Aprilia Dian Evasari, 2021. Analisis Variasi Produk, Kemasan Dan Media Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Kripik Nadasuka. Jurnal Ilmu Manajemen. Vol. 10, Nomor 1
Anwar, Sanusi. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat
Desi Peburiyanti, 2020. Pengaruh Promosi Penjualan, Variasi Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian pada Butik Kanabini di Tenggarong. JEMI/Vol.20.No.1
Groover P, Mikel. 2010. Fundamentals of Modern Manufacturing: Materials, Process,and systems 4th Edition. London: John Wiley Sons, Inc.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. (Edisi 8).
Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Jerry C. Olson dan Peter J. Paul. 2014. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi Sembilan. Buku 2.penerbit salemba empat.jakarta.
Kotler, Phillip & Kevin, L.K. 2012. Marketing Management.United States of America: Pearson Prentice Hall.
Kotler, Philip & Gary Amstrong. 2012. Principles Of Marketing. United States of America: Pearson Prentice Hall
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managementâ€, 15th Edition, Pearson Education Inc, New Jersey.
Nurahman dan Utama, 2016. Pengaruh Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Nokia X di BEC Bandung. (Online), tersedia: http://ejournal.upi.e du.ac.id diunduh: 12 April 2022
Peter dan Olson. 2013. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat
Sekaran, U. dan Bougie, R. 2013. Research Methods for Business: A Skill-Building Approach. Sixth Edition. New York: Wiley
Sigit Suhardi. 2012. Pemasaran Praktis. Penerbit BPFE. Yogyakarta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta. Tjiptono, Fandy. 2012. Pemasaran Strategis. Yogyakarta: Dendi. Offset:
Utami, Hesty Nurul dan Iqbal F.A.F.2018. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Perilaku Online Shopping:Perspektif Pemasaran Agribisnis. Jurnal Ecodemika.Vol.2 No1
Wahyu Nurul Faroh, 2018. Pengaruh Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Bahan Bangunan Di Portal Network Six Store Cabang Depok. Jurnal Pemasaran Kompetitif. ISSN N0. (PRINT) 2598-0823, (ONLINE) 2598-2893
Zaffou, Madiha. 2010. The Effect of Variety Offering on Demand and Supermarket Competition.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.