Analisis Strategi Bubble Laundry dalam Perencanaan Kapasitas Produksi Guna Memenuhi Permintaan Pelanggan
DOI:
https://doi.org/10.32493/drb.v5i5.23571Keywords:
Permintaan, Pengelolaan, Kapasitas Produksi, LaundryAbstract
Pelaku bisnis dapat menggunakan berbagai strategi untuk memastikan bahwa usaha mereka berkembang dalam lingkungan yang sangat kompetitif. Menghadapi persaingan yang semakin ketat, Bubble Laundry selalu berusaha menerapkan strategi baru yang unik untuk mencapai tujuan bisnisnya dan agar para pelanggan dapat setia dan tidak berpindah hati. Mengingat bahwa pemasaran, permintaan dan produksi sangat berpengaruh terhadap kelangsungan suatu usaha, maka pengelolaan permintaan dan kapasitas produksi dari UMKM Bubble Laundry harus dilaksanakan dengan tepat. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil analisa diperoleh bahwa Bubble Laundry terus mengalami peningkatan jumlah pengunjung yang stabil. Manajemen permintaan Bubble Laundry menerapkan pendekatan interventionist approach, promotion, pricing, shelf management, dan deal structure. Untuk mencapai keseimbangan antara demand terhadap kapasitas produksi (productive capacity), Bubble Laundry perlu memahami beberapa hal seperti physical facilities designed to contain consumens; physical facilities designed for storing or processing goods; physical equipment used to process people, possessions, or information; labor; infrastructures. Sistem reservasi Bubble Laundry yaitu: sistem antrian, opsi pencucian “expressâ€, importance of customer, layanan antar jemput, dan menyediakan fasilitas yang nyaman.
References
Fatihudin, D., & Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Jasa. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., (March).
Habib, A., & Risnawati, R. (2017). Analisis Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Buah Pepaya Impor di Kota Medan.
Harizal, B. (2014). Analisis Minat Konsumen Menginap pada Wisma 81 Pekanbaru di Tinjau dari Process, People dan Physical Evidence. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Hutahaean, D. V. (2019). Perencanaan Persediaan Bahan Kimia Menggunakan Metode Material Requirement Planning Di Cv Benaya Maju Jaya Laundry (Universitas Komputer Indonesia). Universitas Komputer Indonesia. Retrieved from http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/1091
Khamainy, A. (2022). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Persepsi Kualitas STBA JIA Bekasi. Jurnal Tadbir Peradaban, 2(1), 48–57. https://doi.org/10.55182/jtp.v2i1.103
Permata, D. A. (2012). Audit Manajemen Pemasaran pada Taman Sari Madiun (Universitas Negeri Yogyakarta). Universitas Negeri Yogyakarta. Retrieved from http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7751%0A
Putri, D. G., Sari, Sa., Siahaan, E. Y., Agata, F., Setyawan, N. A., & Putri, N. R. F. (2020). Analisis Perencanaan Agregat untuk Meminimumkan Biaya Produksi di Konveksi Dominique. Seminar Nasional Teknik Industri Universitas Gadjah Mada, 24–29.
Rani, A. M. (2019). Meningkatkan Kapasitas Produksi dengan Capacity Planning ( Studi pada PT XYZ ). Jurnal Manajemen Dan Bisnis : Performa Vol . 16 , No . 1 Maret 2019, 16(1), 39–49.
Shurrab, H. (2022). Balancing Demand and Supply in Complex Manufacturing Operations: Tactical-Level Planning Processes. CHALMERS UNIVERSITY OF TECHNOLOGY.
Sugiatna, A. (2021). Analisis Perencanaan Kapasitas Produksi Dengan Menggunakan Metoda Rought Cut Capacity Planning Pendekatan Cpof Di Pt. Xyz. Sistemik : Jurnal Ilmiah Nasional Bidang Ilmu Teknik, 9(02), 28–32. https://doi.org/10.53580/sistemik.v9i02.61
Vogel, J., & Stolletz, R. (2021). Anticipation of Future Demand Changes in Capacity Planning: The Inverse Capacity Boost. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.3882550
Wardana, D. (2018). Pengaruh Persepsi Konsumen terhadap Permintaan Telur Ayam Bermerek (Universitas Muhammadiyah Malang). Universitas Muhammadiyah Malang. Retrieved from http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/43826
Wirtz, J., & Lovelock, C. (2021). Balancing Demand and Capacity. Services Marketing, (October 2021), 302–327. https://doi.org/10.1142/9781944659806_0009
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.