Analisis Strategi Bubble Laundry dalam Perencanaan Kapasitas Produksi Guna Memenuhi Permintaan Pelanggan

Authors

  • Stephanie Stephanie Universitas Internasional Batam
  • Shevia Shevia Universitas Internasional Batam
  • Nadiya Nur Arafah Universitas Internasional Batam
  • Mutiara Kamilatunnaimah Universitas Internasional Batam

DOI:

https://doi.org/10.32493/drb.v5i5.23571

Keywords:

Permintaan, Pengelolaan, Kapasitas Produksi, Laundry

Abstract

Pelaku bisnis dapat menggunakan berbagai strategi untuk memastikan bahwa usaha mereka berkembang dalam lingkungan yang sangat kompetitif. Menghadapi persaingan yang semakin ketat, Bubble Laundry selalu berusaha menerapkan strategi baru yang unik untuk mencapai tujuan bisnisnya dan agar para pelanggan dapat setia dan tidak berpindah hati. Mengingat bahwa pemasaran, permintaan dan produksi sangat berpengaruh terhadap kelangsungan suatu usaha, maka pengelolaan permintaan dan kapasitas produksi dari UMKM Bubble Laundry harus dilaksanakan dengan tepat. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil analisa diperoleh bahwa Bubble Laundry terus mengalami peningkatan jumlah pengunjung yang stabil. Manajemen permintaan Bubble Laundry menerapkan pendekatan interventionist approach, promotion, pricing, shelf management, dan deal structure. Untuk mencapai keseimbangan antara demand terhadap kapasitas produksi (productive capacity), Bubble Laundry perlu memahami beberapa hal seperti physical facilities designed to contain consumens; physical facilities designed for storing or processing goods; physical equipment used to process people, possessions, or information; labor; infrastructures. Sistem reservasi Bubble Laundry yaitu: sistem antrian, opsi pencucian “expressâ€, importance of customer, layanan antar jemput, dan menyediakan fasilitas yang nyaman.

References

Fatihudin, D., & Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Jasa. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., (March).

Habib, A., & Risnawati, R. (2017). Analisis Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Buah Pepaya Impor di Kota Medan.

Harizal, B. (2014). Analisis Minat Konsumen Menginap pada Wisma 81 Pekanbaru di Tinjau dari Process, People dan Physical Evidence. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Hutahaean, D. V. (2019). Perencanaan Persediaan Bahan Kimia Menggunakan Metode Material Requirement Planning Di Cv Benaya Maju Jaya Laundry (Universitas Komputer Indonesia). Universitas Komputer Indonesia. Retrieved from http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/1091

Khamainy, A. (2022). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Persepsi Kualitas STBA JIA Bekasi. Jurnal Tadbir Peradaban, 2(1), 48–57. https://doi.org/10.55182/jtp.v2i1.103

Permata, D. A. (2012). Audit Manajemen Pemasaran pada Taman Sari Madiun (Universitas Negeri Yogyakarta). Universitas Negeri Yogyakarta. Retrieved from http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7751%0A

Putri, D. G., Sari, Sa., Siahaan, E. Y., Agata, F., Setyawan, N. A., & Putri, N. R. F. (2020). Analisis Perencanaan Agregat untuk Meminimumkan Biaya Produksi di Konveksi Dominique. Seminar Nasional Teknik Industri Universitas Gadjah Mada, 24–29.

Rani, A. M. (2019). Meningkatkan Kapasitas Produksi dengan Capacity Planning ( Studi pada PT XYZ ). Jurnal Manajemen Dan Bisnis : Performa Vol . 16 , No . 1 Maret 2019, 16(1), 39–49.

Shurrab, H. (2022). Balancing Demand and Supply in Complex Manufacturing Operations: Tactical-Level Planning Processes. CHALMERS UNIVERSITY OF TECHNOLOGY.

Sugiatna, A. (2021). Analisis Perencanaan Kapasitas Produksi Dengan Menggunakan Metoda Rought Cut Capacity Planning Pendekatan Cpof Di Pt. Xyz. Sistemik : Jurnal Ilmiah Nasional Bidang Ilmu Teknik, 9(02), 28–32. https://doi.org/10.53580/sistemik.v9i02.61

Vogel, J., & Stolletz, R. (2021). Anticipation of Future Demand Changes in Capacity Planning: The Inverse Capacity Boost. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.3882550

Wardana, D. (2018). Pengaruh Persepsi Konsumen terhadap Permintaan Telur Ayam Bermerek (Universitas Muhammadiyah Malang). Universitas Muhammadiyah Malang. Retrieved from http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/43826

Wirtz, J., & Lovelock, C. (2021). Balancing Demand and Capacity. Services Marketing, (October 2021), 302–327. https://doi.org/10.1142/9781944659806_0009

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Stephanie, S., Shevia, S., Arafah, N. N., & Kamilatunnaimah, M. (2022). Analisis Strategi Bubble Laundry dalam Perencanaan Kapasitas Produksi Guna Memenuhi Permintaan Pelanggan. Jurnal Disrupsi Bisnis, 5(5), 501–511. https://doi.org/10.32493/drb.v5i5.23571

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.