Gambaran Kemampuan Innovasi (Innovation Capability) Para Pelaku Usaha Kuliner di Sukabumi

Authors

  • Hesti Nuramdini Institut Manajemen Wiyata Indonesia
  • Ce Gunawan Institut Manajemen Wiyata Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/drb.v5i6.23731

Keywords:

Innovation Capability, Product Innovation, Process Innovation, Marketing Innovation

Abstract

Keberlangsungan  usaha (business sustainability)  pelaku UMKM  pasca pandemi covid 19  dibutuhkan mengingat UMKM adalah sektor yang mampu menekan tingkat ketimpangan baik ekonomi dan sosial, seperti meningkatkan daya beli masyarakat terhadap komoditas dalam negeri. Era penyesuaian untuk bertahan di pasca pandemic Covid 19 harus disikapi dengan bijak oleh pelaku bisnis UMKM, dengan meningkatkan startegi pengembangan bisnis salah satunya dari kemampuan berinovasi. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana gambaran kemampuan innovasi para pelaku usaha kuliner di Sukabumi. Penelitian ini didasarkan pada investigasi penelitian kualitatif deskriptif pada pelaku usaha kuliner di Sukabumi. Metode penelitian menggunakan metode deskriftif. Tujuan studi deskriptif adalah menggambarkan sesuatu karakteristik seseorang, peristiwa atau situasi. kapabilitas inovasi pelaku usaha di Sukabumi, gambaran untuk indikator inovasi produk pelaku usaha kuliner di sukabumi termasuk pada kategori tinggi, untuk indikator inovasi proses pelaku usaha kuliner di sukabumi memiliki kategori cukup dan indikator inovasi  pemasaran memiliki kategori cukup

References

Aas, T. H., & Breunig, K. J. (2017). Conceptualizing innovation capabilities: A contingency perspective. Journal of Entrepreneurship, Management and Innovation, 13(1), 7–24. https://doi.org/10.7341/20171311

ALI, H., HAO, Y., & AIJUAN, C. (2020). Innovation Capabilities and Small and Medium Enterprises’ Performance: An Exploratory Study. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(10), 959–968. https://doi.org/10.13106/jafeb.2020.vol7.no10.959

Hanaysha, J. R., Al-Shaikh, M. E., Joghee, S., & Alzoubi, H. M. (2022). Impact of Innovation Capabilities on Business Sustainability in Small and Medium Enterprises. FIIB Business Review, 11(1), 67–78. https://doi.org/10.1177/23197145211042232

Limanseto, H. (2021). UMKM Menjadi Pilar Penting dalam Perekonomian Indonesia. https://ekon.go.id/publikasi/detail/2969/umkm-menjadi-pilar-penting-dalam-perekonomian-indonesia

Nilsson, S., & Ritzén, S. (2014). Exploring the use of innovation performance measurement to build innovation capability in a medical device company. Creativity and Innovation Management, 23(2), 183–198. https://doi.org/10.1111/caim.12054

Tur-Porcar, A., Roig-Tierno, N., & Mestre, A. L. (2018). Factors affecting entrepreneurship and business sustainability. Sustainability (Switzerland), 10(2), 1–12. https://doi.org/10.3390/su10020452

Velazquez-Cazares, M. G., Gil-Lafuente, A. M., Leon-Castro, E., & Blanco-Mesa, F. (2021). Innovation capabilities measurement using fuzzy methodologies: a Colombian SMEs case. Computational and Mathematical Organization Theory, 27(4), 384–413. https://doi.org/10.1007/s10588-020-09321-w

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Nuramdini, H., & Gunawan, C. (2022). Gambaran Kemampuan Innovasi (Innovation Capability) Para Pelaku Usaha Kuliner di Sukabumi. Jurnal Disrupsi Bisnis, 5(6), 526–531. https://doi.org/10.32493/drb.v5i6.23731

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.