Menentukan Strategi Penjualan Produk Medical Apparel dengan Metode K-Means

Authors

  • Jazuli Mukhtar Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/drb.v5i6.24891

Keywords:

Strategy, Promotion, Product, Rapid Miner, K-Means.

Abstract

PT.Mistra adalah distribusi pakaian dan perlengkapan rumah sakit. Penuh persaingan Bisnis menghadapi masalah saat memasarkan produk dan pelayanan yang dilakukan terlebih dalam mempertahankan pelanggan agar tetap setia.  Perusahaan sangat sulit memasarkan suatu produk  sehingga menghasilkan laba penjualan yang kurang optimal. Hal ini memerlukan strategi untuk mempromosikan produk yang dimiliki dengan hasil yang potensial. Strategi ini dimaksudkan untuk menjaga agar implementasi tetap terkendali, merencanakan kampanye produk dan memberi tahu perusahaan tentang produk dibeli oleh konsumen. Dalam penelitian ini, untuk membantu menyelesaikan masalah dalam pemasaran dan pelayanan digunakan  metode k-means untuk memproses data historis transaksi, menyelesaikan masalah yang ada dalam penjualan dengan mengelompokkan produk yang  dijual dalam tiga bagian yaitu tinggi, sedang dan rendah. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan Rapid Miner. Hasil dari penelitian ini, PT. Mistra dapat memasarkan produk sesuai jangkauan pelanggan dan meningkatkan pelayanan kepada pelanggan terhadap pemasaran produk agar pelanggan tetap setia.

References

Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran. Bandung: CV Alfabeta, 10(2), 105 – 112.

Astuti, D. (2019). Penentuan Strategi Promosi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Menggunakan Metode CRISP-DM dengan Algoritma K-Means Clustering. Journal of Informatics, Information System, Software Engineering and Applications (INISTA), 1(2), 60–72.

Bangoria, B., Mankad, N., & Pambhar, V. (2013). A survey on Efficient Enhanced K-Means Clustering Algorithm. IJSRD -International Journal for Scientific Research & Development|, 1(9online), 2321–2613.

H. Ahmed, A., & Ashour, W. (2011). An Initialization Method for the Kmeans Algorithm using RNN and Coupling Degree. International Journal of Computer Applications, 25(1), 38 – 45.

Hung, M. C., Wu, J., Chang, J. H., & Yang, D. L. (2005). An efficient k-means clustering algorithm using simple partitioning. Journal of Information Science and Engineering, 21(6), 316 - 326

Kaur, N. K., Kaur, U., & Singh, D. (2014). K-Medoid clustering algorithm- A review. International Journal of Computer Application and Technology, 1(1), 195 – 204.

Larose, D. T. (2005). Discovering Knowledge in Data: An Introduction to Data Mining. In Discovering Knowledge in Data: An Introduction to Data Mining, 48(2), 78 – 91.

Patel, A., & Singh, P. (2012). New Approach for K-mean and K-medoids Algorithm. International Journal of Computer Applications Technology and Research, 2(1), 215 – 221.

Syafnidawaty. (2020). K-means Clustering - UNIVERSITAS RAHARJA.

Triyanto, W. A. (2015). Algoritma K-Medoids Untuk Penentuan Strategi Pemasaran Produk. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 6(1), 183 -192.

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Mukhtar, J. (2022). Menentukan Strategi Penjualan Produk Medical Apparel dengan Metode K-Means. Jurnal Disrupsi Bisnis, 5(6), 570–575. https://doi.org/10.32493/drb.v5i6.24891

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.