Menentukan Strategi Penjualan Produk Medical Apparel dengan Metode K-Means
DOI:
https://doi.org/10.32493/drb.v5i6.24891Keywords:
Strategy, Promotion, Product, Rapid Miner, K-Means.Abstract
PT.Mistra adalah distribusi pakaian dan perlengkapan rumah sakit. Penuh persaingan Bisnis menghadapi masalah saat memasarkan produk dan pelayanan yang dilakukan terlebih dalam mempertahankan pelanggan agar tetap setia. Perusahaan sangat sulit memasarkan suatu produk sehingga menghasilkan laba penjualan yang kurang optimal. Hal ini memerlukan strategi untuk mempromosikan produk yang dimiliki dengan hasil yang potensial. Strategi ini dimaksudkan untuk menjaga agar implementasi tetap terkendali, merencanakan kampanye produk dan memberi tahu perusahaan tentang produk dibeli oleh konsumen. Dalam penelitian ini, untuk membantu menyelesaikan masalah dalam pemasaran dan pelayanan digunakan metode k-means untuk memproses data historis transaksi, menyelesaikan masalah yang ada dalam penjualan dengan mengelompokkan produk yang dijual dalam tiga bagian yaitu tinggi, sedang dan rendah. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan Rapid Miner. Hasil dari penelitian ini, PT. Mistra dapat memasarkan produk sesuai jangkauan pelanggan dan meningkatkan pelayanan kepada pelanggan terhadap pemasaran produk agar pelanggan tetap setia.
References
Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran. Bandung: CV Alfabeta, 10(2), 105 – 112.
Astuti, D. (2019). Penentuan Strategi Promosi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Menggunakan Metode CRISP-DM dengan Algoritma K-Means Clustering. Journal of Informatics, Information System, Software Engineering and Applications (INISTA), 1(2), 60–72.
Bangoria, B., Mankad, N., & Pambhar, V. (2013). A survey on Efficient Enhanced K-Means Clustering Algorithm. IJSRD -International Journal for Scientific Research & Development|, 1(9online), 2321–2613.
H. Ahmed, A., & Ashour, W. (2011). An Initialization Method for the Kmeans Algorithm using RNN and Coupling Degree. International Journal of Computer Applications, 25(1), 38 – 45.
Hung, M. C., Wu, J., Chang, J. H., & Yang, D. L. (2005). An efficient k-means clustering algorithm using simple partitioning. Journal of Information Science and Engineering, 21(6), 316 - 326
Kaur, N. K., Kaur, U., & Singh, D. (2014). K-Medoid clustering algorithm- A review. International Journal of Computer Application and Technology, 1(1), 195 – 204.
Larose, D. T. (2005). Discovering Knowledge in Data: An Introduction to Data Mining. In Discovering Knowledge in Data: An Introduction to Data Mining, 48(2), 78 – 91.
Patel, A., & Singh, P. (2012). New Approach for K-mean and K-medoids Algorithm. International Journal of Computer Applications Technology and Research, 2(1), 215 – 221.
Syafnidawaty. (2020). K-means Clustering - UNIVERSITAS RAHARJA.
Triyanto, W. A. (2015). Algoritma K-Medoids Untuk Penentuan Strategi Pemasaran Produk. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 6(1), 183 -192.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.