Efek Kenaikan Harga Terhadap Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Bahan Bakar Minyak Kendaraan Pribadi
DOI:
https://doi.org/10.32493/drb.v6i2.28477Keywords:
Price, Purchase, Consumer Behavior, Vehicle FuelAbstract
The phenomenon of the increase in subsidized fuel by the government during the pandemic has not ended in the spotlight for the people of Indonesia. This is surprising for customers who often use subsidized fuel products such as Petalite. The government raises prices because of rising world prices. Problems in this study also arise which aims to determine the effect of price increases on consumer behavior in purchasing fuel for private vehicles. This study uses a qualitative descriptive method by giving questions via google form to informants who are domiciled in urban Jakarta. The results of the discussion show that consumers object to the fuel price set by the government due to unstable economic conditions and income that has not increased the UMR (Regional Minimum Wage). Consumers seek information and price comparisons from social media. Seeing that the main consideration factor for consumers is price, while the quality factor is below the price factor, consumers still decide to choose the type of subsidized fuel product, namely Petalite.
References
Achadi, A., Septiani, I. N., & Masita, T. E. (2021). Pengaruh Servicescape, Kualitas Layanan, dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen pada Larissa Aesthetic Center Cabang Purwokerto. Jurnal Manajemen Dan Sains, 6(2). https://doi.org/10.33087/jmas.v6i2.275
Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta. (2022). Jumlah Kendaraan Bermotor Menurut Jenis Kendaraan (unit) di Provinsi DKI Jakarta 2019-2021. Jakarta.Bps.Go.Id. https://jakarta.bps.go.id/indicator/17/786/1/jumlah-kendaraan-bermotor-menurut-jenis-kendaraan-unit-di-provinsi-dki-jakarta.html
Bst, S. R. (2022). Harga BBM Nonsubsidi Turun, Ini Penjelasan Pertamina soal Kualitas Pertalite. Nasional. https://www.nasional.id/nasional/pr-5395012962/harga-bbm-nonsubsidi-turun-ini-penjelasan-pertamina-soal-kualitas-pertalite?page=1
Ekawati, D. A., Anestasia, J., Rejeki, M. P., & Tamim, Y. A. T. (2021). Analisa Faktor Yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Konsumen Pada Pembelian Pangan Fungsional Bayi. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, XX(2). https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jspi/article/view/38375/20641
Hariyanto, A., & Susanti, A. (2021). Pengaruh Citra Merk, Kualitas Produk, Harga, dan Promosi terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Motor Honda Beat. Target : Jurnal Manajemen Bisnis, 3(1), 91–98. https://doi.org/10.30812/target.v3i1.1196
Idrus, S. Al. (2019). Kualitas Pelayanan dan Keputusan Pembelian Konsep dan Teori (Pertama). Media Nusa Creative.
Japarianto, E., & Adelia, S. (2020). Pengaruh Tampilan Web Dan Harga Terhadap Minat Beli Dengan Kepercayaan Sebagai Intervening Variable Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 35–43. https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.1.35-43
Nursukma, H., Farida, U., & Widhianingrum, W. (2021). Pengaruh Kepercayaan, Keamanan Data, Kualitas Pelayanan, dan Persepsi Resiko Menggunakan E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Online (Survei Pada Pengguna Tokopedia di Ponorogo). ISOQUANT: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 5(2). https://doi.org/10.24269/iso.v5i2.795.g544
Putri, R. N. F. (2022). Ini Rincian Harga BBM Terbaru Pertamina, Shell, BP-AKR, dan Vivo. JawaPos.Com. https://www.jawapos.com/ekonomi/energi/05/10/2022/ini-rincian-harga-bbm-terbaru-pertamina-shell-bp-akr-dan-vivo/?page=all
Safitri, T. A., Noviani, N. E., & Fathah, R. N. (2020). Analisis Anggaran Belanja Makanan Dalam Menentukan Standar Gizi Pasien Rawat Inap. Benefit, 5(1). https://journals.ums.ac.id/index.php/benefit/article/view/9109/5858
Santona, E. S., & Afandi, M. F. (2021). Marketplace’s Perceived Ease Of Use, Harga dan Promosi Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen. Bisma: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 15(3). https://doi.org/https://doi.org/10.19184/bisma.v15i3.28146
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.