Pengaruh Influencer dan Content Marketing terhadap Consumer Purchase Intention dengan E-Wom sebagai Variabel Intervening pada Restoran “Pak Jenggot” Palembang

Authors

  • Herlin Zafitry Fakultas Ekonomi Manajemen, Universitas Indo Global Mandiri
  • Emilda Emilda Fakultas Ekonomi Manajemen, Universitas Indo Global Mandiri
  • Yeni Yeni Fakultas Ekonomi Manajemen, Universitas Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.32493/drb.v8i3.48731

Keywords:

Influencer, Content Marketing, E-Wom, Consumer Purchase Intention

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh influencer dan content marketing terhadap consumer purchase intention dengan electronic word of mouth (e-WOM) sebagai variabel intervening pada Restoran “Pak Jenggot” di Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 98 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji-t, uji-f, koefisien korelasi dan determinasi, serta uji Sobel untuk menguji variabel mediasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa influencer tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap consumer purchase intention, sedangkan content marketing dan e-WOM berpengaruh positif dan signifikan. Selanjutnya, e-WOM tidak mampu memediasi pengaruh influencer terhadap consumer purchase intention, tetapi e-WOM mampu memediasi pengaruh content marketing terhadap consumer purchase intention secara signifikan. Implikasi manajerial dari temuan ini menyarankan agar Restoran “Pak Jenggot” memfokuskan strategi digital marketing-nya pada penguatan content marketing dan mendorong e-WOM yang positif melalui interaksi aktif dengan konsumen di media sosial.

References

Addinna, D. (2023). E-WOM: Digital Komunikasi Pemasaran Yang Efektif Manajerial: Jurnal Manajemen Dan Sistem Informasi. Jurnal Manajemen Dan Sistem Informasi, 22(1), 149–154.

Al-Gasawneh, J. A., & Al-Adamat, A. M. (2020). The Mediating Role Of E-Word Of Mouth On The Relationship Between Content Marketing And Green Purchase Intention. Management Science Letters, 10(8), 1701–1708. Https://Doi.Org/10.5267/J.Msl.2020.1.010

Alfiansya, I., & Nurhadi, N. (2023). Pengaruh Influencer Media Sosial Dan Testimoni Terhadap Minat Beli Produk Erigo Di Marketplace Indonesia. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(2), 843–856. Https://Doi.Org/10.47467/Alkharaj.V5i2.1350

Amalia, R. (2024). Meningkatkan Minat Beli Konsumen Melalui Strategi Skimming Pricing Dan Peningkatan Store Image Pada Produk Iphone. DFAME Digital Financial Accounting Management Economics Journal, 2(1), 21–27. Https://Doi.Org/10.61434/Dfame.V2i1.145

Anggi Muninggar, D., Rahmadini, A., Sanjaya, V. F., Studi Manajemen Bisnis Syariah, P., & Raden Intan Lampung, U. (2022). Wom) Terhadap Minat Beli Pada Aplikasi Shopee (Studi Kasus Kota Bandar Lampung). Business And Entrepreneurship Journal (BEJ) E-ISSN, 3(1), 2745–8547. Https://Jurnal.Umitra.Ac.Id/Index.Php/Bej/Article/View/773/638

ARYANI, E. T., & KURNIANINGSIH, H. (2023). Pengaruh Inovasi Produk, Kepercayaan Merek, Dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Honda Beat Di Surakarta. Jurnal Maneksi, 12(2), 368–377. Https://Doi.Org/10.31959/Jm.V12i2.1488

Asmara, A., & Alfiandri. (2022). Pengaruh Influencer Terhadap Minat Beli Produk Scarlett Whitening Pada Mahasiswa UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah Dan Komunikasi (JRMDK), 3(6), 342–360. Https://Ejournal.Uin-Suska.Ac.Id/

Clara Nutaella, F. A. (2020). Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Individual Dengan Self Esteem Dan Self Efficacy Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(3), 349–360. Https://Doi.Org/10.37641/Jimkes.V8i3.400

Effendi, T., & Defrizal, D. (2024). Pengaruh Sosial Media Marketing Dan E-Wom Terhadap Minat Beli Produk The Originote Di Bandar Lampung. Journal Of Information System, Applied, Management, Accounting And Research, 8(1), 128. Https://Doi.Org/10.52362/Jisamar.V8i1.1417

Fadzri Kusuma, A., & Wijaya, T. (2022). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Beli: Peran Mediasi Citra Merek. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 12(1), 30–42. Https://Doi.Org/10.12928/Fokus.V12i1.5717

Fina, A., Rohmah, A., Crusma Fradani, A., & Indriani, A. (2023). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Tokopedia (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro). Jurnal Akuntansi Keuangan Dan Bisnis, 1(2), 110–117. Https://Jurnal.Ittc.Web.Id/Index.Php/Jakbs/Index

Hardiyanah, T., Hidayati, R., Nasution, A. H., Muslikh, M., & Marhamah, S. (2023). Pengaruh Content Marketing, Sales Promotion, Personal Selling Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Pada CV Laditri Karya. Journal Of Accounting, Management, And Economics Research (JAMER), 1(2), 75–92. Https://Doi.Org/10.33476/Jamer.V1i2.29

Heri Mahyuzar, & Tundo, T. (2022). Pengaruh E-Wom Dalam Memediasi Hubungan Antara Digital Marketing Activities Dan Intention To Buy Di Tokopedia. Journal Of Digital Business And Management, 1(2), 104–113. Https://Doi.Org/10.32639/Jdbm.V1i2.182

Herviani, V., Hadi, P., & Nobelson. (2020). Analisis Pengaruh Brand Trust, E-WOM, Dan Social Media Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Lipstik Pixy. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 10(02), 1351–1363. Https://Conference.Upnvj.Ac.Id/Index.Php/Biema/Article/Download/930/582

Iriani Ida Nur, Sasongko Totok, & Murti Dewi Novianti. (2022). Pengaruh Content Marketing Dan Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada Meteor Cell Malang. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akutansivol, 10(2), 155–160. Https://Jurnal.Unitri.Ac.Id/Index.Php/Refrensi/Article/Download/3967/Pdf#:~:Text=Kotler (2019) Mengatakan Bahwa Content,Dan Diperbesar Demi Terciptanya Interaksi.

Kamanda, S. V. (2023). Pengaruh Content Marketing Terhadap Minat Beli Produk Cimory Pada Sinar Mart. Jurnal Al-Amal, 2(1), 1–7. Https://E-Journal.Institutabdullahsaid.Ac.Id/Index.Php/Jurnal-Al-Amal/Article/View/174/98

Lazuardi, M. I., & Kaihatu, T. S. (2021). Pengaruh Variasi Produk, Product Knowledge Dan Content Marketing Terhadap Minat Beli Butuhbaju. Performa, 6(4), 341–350. Https://Doi.Org/10.37715/Jp.V6i4.2556

Maghfiroh, M. U., Sholikhah, A., Hidayat, M. N., & ... (2024). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Usia Karyawan Terhadap Disiplin Kerja Pada UD. Kerupuk Mandiri. WANARGI: Jurnal …, 1(4), 183–189. Http://Jurnalistiqomah.Org/Index.Php/Wanargi/Article/View/1576

Mahendra, F. Z., & Nugroho, D. A. (2021). Pengaruh Content Marketing Terhadap Purchase Intention Pada Fan Apparel Dengan Customer Engagement Sebagai Variable Mediasi. 1–23. Https://Jimfeb.Ub.Ac.Id/Index.Php/Jimfeb/Article/View/7209/6212

Marendra, R., & Wicaksono, B. S. (2022). Pengaruh E-Wom Dan Kredibilitas Brand Terhadap Minat Pembelian Dengan Sikap Brand Sebagai Intervening. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi (JEMBAK), 1(3), 235–252. Https://Ejournal.Lapad.Id/Index.Php/Jebmak/Article/View/18/16

Meilika, S. R., Nugrahani, R. U., & Abdullah, N. N. (2023). Pengaruh Content Marketing Terhadap Customer Engagement Pada Instagram @Indihome.Telkombanten. Agustus, 10(4), 3160. Https://Openlibrary.Telkomuniversity.Ac.Id/Pustaka/Files/197308/Jurnal_Eproc/Pengaruh-Content-Marketing-Terhadap-Customer-Engagement-Pada-Instagram-Indihome-Telkombanten.Pdf

Munib, A., & Wulandari, F. (2021). Studi Literatur: Efektivitas Model Kooperatif Tipe Course Review Horay Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(1), 160–172. Https://Doi.Org/10.29407/Jpdn.V7i1.16154

Nafiudin, Andari, Kurnia, D., & Tia Safitri, A. (2021). Pentingnya Desain Ulang Pekerjaan Dan Deskripsi Pekerjaan Untuk Peningkatan Kinerja Pegawai Pada Masa Pandemi Covid 19. Sains Manajemen, 7(2), 155–167. Https://Doi.Org/10.30656/Sm.V7i2.4139

Ni Made Dwi Apriastuti, N. P. N. A. (2022). Pengaruh Brand Awareness Dan Electronic Word Of Mouth (Ewom)Terhadap Keputusan Pembelian Di Situs Belanja Online Shopee Di Kota Denpasar. 3.

Novianti, N., & Saputra, A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Minat Beli Dan Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Di Minimarket Victoria Tiban. Eco-Buss, 6(1), 66–78. Https://Doi.Org/10.32877/Eb.V6i1.656

Nur Fadilah Amin1; Sabaruddin Garancang2; Kamaluddin Abunawas3. (2023). Buku Ajar Statistika Dasar. KONSEP UMUM POPULASI DAN SAMPEL DALAM PENELITIAN, 14(1), 15–31. Https://Doi.Org/10.21070/2017/978-979-3401-73-7

Pasaribu, A. F., Fadhila Rahma, T. I., & Dharma, B. (2023). Pengaruh Content Marketing , Viral Marketing Dan Influencer Terhadap Minat Beli Produk Skincare Pada Mahasiswa. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 10(2), 81–93. Https://Doi.Org/10.36987/Ecobi.V10i2.4432

Prastowo, K., Utomo, S., Dachi, A., Yulianto, A., Tinggi, S., Ekonomi, I., Bisnis, M., Barat, J., Bangsa, U. M., & Selatan, J. (2024). Peran E-Word Of Mouth Dalam Memediasi Pengaruh Influencer Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Kopi Tepi Lereng - Tangerang Selatan. 1. Https://Eprosiding.Embiss.Com/Index.Php/Senakombis/Article/View/46/1

Pratama, F., Maliah, M., & Puspita, S. (2021). Pengaruh Komunikasi Organisasi Dan Pengembangan Karir Terhadap Semangat Kerja Karyawan Pada PT. PDAM Tirta Betuah Banyuasin. SEMB-J: Sharia Economic And …, 2(2), 93–104. Https://Siducat.Org/Index.Php/Sembj/Article/View/299%0Ahttps://Siducat.Org/Index.Php/Sembj/Article/Download/299/221

Pratiwi, D., Hermawati, A., & Kurniawati, D. (2023). Pengaruh Content Marketing, Influencer, Dan Free Ongkir Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Fashion Pada Tiktokshop. JIMP : Jurnal Ilmiah Manajemen Pancasila, 3(1), 1–11. Https://Doi.Org/10.35814/Jimp.V3i1.4654

Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Big Book Untuk Menumbuhkan Minat Membaca Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446–452. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i1.787

Priyanto, M., & Sudrartono, T. (2021). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Aksesoris Pakaian Di Toko Mingka Bandung. Value, 2(1), 57–66. Https://Doi.Org/10.36490/Value.V2i1.184

Purwanto, Y., Sahetapy, L., Management, P. B., Manajemen, P. S., Bisnis, F., & Siwalankerto, J. (2022). Pengaruh Content Marketing Pada Brand Skincare Somethinc. Agora, 10(1), 1–6.

Rachmi Oktora Citra Rahayu, & Hendrati Dwi Mulyaningsih. (2021). Pengaruh Content Marketing Dan Dukungan Influencer Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Fashion. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 136–145. Https://Doi.Org/10.29313/Jrmb.V1i2.544

Raffi, M., Junaida, E., & Meutia, R. (2023). Pengaruh E-WOM Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Pengguna Jasa Send Delivery Di Kota Langsa. Manajemen Akuntansi (Jumsi), 3(1), 2. Https://Jurnal.Ulb.Ac.Id/Index.Php/JUMSI/Article/Download/3687/2865

Regiansa, A., & Mubarok, D. A. A. (2020). Pengaruh Kelompok Acuan Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Pada Konsumen Yamaha NMAX Di Kota Bandung). Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, Akuntansi Dan Bisnis, 1(1), 24–38. Https://Doi.Org/10.47747/Jismab.V1i1.11

Rohmi, A., Aziz, A., & Ghafur, A. (2023). Potensi Pasar Tradisional Dalam Peningkatan Ekonomi Masyarakat Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pasar Maron Kabupaten Probolinggo). Jurnal Kewarganegaraan, Volume 7(Nomor 1), 863–871. Http://Repository.Iainpalopo.Ac.Id/Id/Eprint/1508/1/SKRIPSI RISAL.Pdf

Sahputra, C., Octaviani, V., & Yanto. (2023). Pengaruh Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Pada Xinonaboba Kapuas Kota Bengkulu. Jurnal Multimedia Dehasen, 2(3), 509–526. Https://Jurnal.Unived.Ac.Id/Index.Php/Mude/Article/Download/4372/3359

Sanaky, M. M. (2021). Analisis Faktor-Faktor Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama Man 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik, 11(1), 432–439. Https://Doi.Org/10.31959/Js.V11i1.615

Sarayar, M. C. L., Soepeno, D., & Raintung, M. C. (2021). Pengaruh E-WOM, Harga Dan Kualitas Produkterhadap Minat Beli “Folcis Pudding” Manado. Jurnal EMBA, 9(4), 294–303. Https://Ejournal.Unsrat.Ac.Id/Index.Php/Emba/Article/View/36225

Sari, M. S., & Zefri, M. (2019). Pengaruh Akuntabilitas, Pengetahuan, Dan Pengalaman Pegawai Negeri Sipil Beserta Kelompok Masyarakat (Pokmas) Terhadap Kualitas Pengelola Dana Kelurahan Di Lingkungan Kecamatan Langkapura. Jurnal Ekonomi, 21(3), 311. Https://Ejournal.Borobudur.Ac.Id/Index.Php/1/Article/View/608/583

Sari, S. P. (2020). Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1), 147. Https://Doi.Org/10.30872/Psikoborneo.V8i1.4870

Setiawan, E., & Steven. (2021). Minat Beli Konsumen Di Bakso Kota Cak Man Magelang. Jurnal Pariwisata Vokasi (JPV), 2, 34–41. Https://Jurnal.Akparnhi.Ac.Id/Jvp/Article/View/11

Sitanggang, Andris; Dhafin Naufal, Muhammad Harits, M. A. (2024). Efektivitas Strategi Digital Marketing Di Media Sosial : Studi Kasus. 2(4). Https://Ejurnal.Stie-Trianandra.Ac.Id/Index.Php/JUBPI/Article/Download/3247/2620/

Slamet, R., & Wahyuningsih, S. (2022). Validitas Dan Reliabilitas Terhadap Instrumen Kepuasan Ker. Aliansi : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 17(2), 51–58. Https://Doi.Org/10.46975/Aliansi.V17i2.428

Stevani, N., & Junaidi, A. (2021). Pengaruh Influencer Terhadap Minat Beli Produk Fashion Wanita Pada Instagram. Prologia, 5(1), 198. Https://Doi.Org/10.24912/Pr.V5i1.10121

Suprihartini, L., Rinaldi, H., Saputra, H. M., Sulaiman, S., Tandra, R., & Krisandi, S. D. (2023). Pelatihan Penggunaan Aplikasi SPSS Untuk Statistik Dasar Penelitian Bagi Mahasiswa Se-Kota Pontianak. Kapuas, 3(1), 35–39. Https://Doi.Org/10.31573/Jk.V3i1.527

Suwarsa, T. (2021). Pengaruh Pajak Restoran Dan Pajak Hotel Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Padangsidempuan Periode 2018-2020. Jurnal Akuntansi, 51(1), 1–15.

Syavardie, Y. (2021). Analisis Hubungan Psikologis Konsumen Terhadap Minat Beli Pada Rumah Makan Selamat Di Bukittinggi. Journal Of Technopreneurship On Economics And Business Review, 3(1), 12–20. Https://Doi.Org/10.37195/Jtebr.V3i1.73

Tinggi, S., Ekonomi, I., Sibolga, A.-W., Supriyatno, M., Sudirjo, F., & Mardiyono, A. (2024). Faktor Penentu Minat Beli Mahasiswa Dalam Berbelanja Di Marketplace Shopee (Stdi Kasus Mahasiswa FEB Untag Semarang). Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 7(2), 1582–1591. Https://Stiealwashliyahsibolga.Ac.Id/

Uyuuna, S. N., & Dwijayanti, R. (2022). Pengaruh Influencer Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening Pada Mahasiswa Feb Unesa. Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan, 1(2), 164–174. Https://Doi.Org/10.55606/Jempper.V1i2.390

Widya, P. R., Kristianto, A. H., & Jimmi, J. (2020). Model Perilaku Anggota Klub Motor Di Bengkayang: Pendekatan Eksploratoris. Jurnal Maneksi, 9(1), 317–321. Https://Doi.Org/10.31959/Jm.V9i1.405

Yunita, D., Widad, A., Diah, Y. M., & Farla, W. (2021). Pembuatan Content Marketing Sebagai Strategi Menumbuhkan Brand Awareness Bagi Pelaku Usaha Di Era Pandemi Covid-19. Sricommerce: Journal Of Sriwijaya Community Services, 2(2), 89–96. Https://Doi.Org/10.29259/Jscs.V2i2.38

Zivi, P. M., Hamid, F. Z., & Mustofa, A. (2022). Pengaruh Konten Pemasaran Dan Kecepatan Inovasi Terhadap Niat Membeli Kembali Umkm Fashion Di Instagram (Studi Kasus Pada Erigo Store). Jurnal Administrasi Profesional, 03(2), 2963–1734. Https://Jurnal.Pnj.Ac.Id/Index.Php/ JAP/Article/Download/5150/2784#:~:Text=Adapun Beberapa Indikator Konten Pemasaran,%2C Mudah Ditemukan%2C Konsisten”.&Text=Perusahaan Ketika Melakukan Sebuah Inovasi Dan Memasarkan Suatu Produk Baru.

Downloads

Published

2025-05-18

How to Cite

Zafitry, H., Emilda, E., & Yeni, Y. (2025). Pengaruh Influencer dan Content Marketing terhadap Consumer Purchase Intention dengan E-Wom sebagai Variabel Intervening pada Restoran “Pak Jenggot” Palembang. Jurnal Disrupsi Bisnis, 8(3), 219–229. https://doi.org/10.32493/drb.v8i3.48731

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.