Pengaruh Influencer dan Content Marketing terhadap Consumer Purchase Intention dengan E-Wom sebagai Variabel Intervening pada Restoran “Pak Jenggot” Palembang
DOI:
https://doi.org/10.32493/drb.v8i3.48731Keywords:
Influencer, Content Marketing, E-Wom, Consumer Purchase IntentionAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh influencer dan content marketing terhadap consumer purchase intention dengan electronic word of mouth (e-WOM) sebagai variabel intervening pada Restoran “Pak Jenggot” di Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 98 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji-t, uji-f, koefisien korelasi dan determinasi, serta uji Sobel untuk menguji variabel mediasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa influencer tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap consumer purchase intention, sedangkan content marketing dan e-WOM berpengaruh positif dan signifikan. Selanjutnya, e-WOM tidak mampu memediasi pengaruh influencer terhadap consumer purchase intention, tetapi e-WOM mampu memediasi pengaruh content marketing terhadap consumer purchase intention secara signifikan. Implikasi manajerial dari temuan ini menyarankan agar Restoran “Pak Jenggot” memfokuskan strategi digital marketing-nya pada penguatan content marketing dan mendorong e-WOM yang positif melalui interaksi aktif dengan konsumen di media sosial.
References
Addinna, D. (2023). E-WOM: Digital Komunikasi Pemasaran Yang Efektif Manajerial: Jurnal Manajemen Dan Sistem Informasi. Jurnal Manajemen Dan Sistem Informasi, 22(1), 149–154.
Al-Gasawneh, J. A., & Al-Adamat, A. M. (2020). The Mediating Role Of E-Word Of Mouth On The Relationship Between Content Marketing And Green Purchase Intention. Management Science Letters, 10(8), 1701–1708. Https://Doi.Org/10.5267/J.Msl.2020.1.010
Alfiansya, I., & Nurhadi, N. (2023). Pengaruh Influencer Media Sosial Dan Testimoni Terhadap Minat Beli Produk Erigo Di Marketplace Indonesia. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(2), 843–856. Https://Doi.Org/10.47467/Alkharaj.V5i2.1350
Amalia, R. (2024). Meningkatkan Minat Beli Konsumen Melalui Strategi Skimming Pricing Dan Peningkatan Store Image Pada Produk Iphone. DFAME Digital Financial Accounting Management Economics Journal, 2(1), 21–27. Https://Doi.Org/10.61434/Dfame.V2i1.145
Anggi Muninggar, D., Rahmadini, A., Sanjaya, V. F., Studi Manajemen Bisnis Syariah, P., & Raden Intan Lampung, U. (2022). Wom) Terhadap Minat Beli Pada Aplikasi Shopee (Studi Kasus Kota Bandar Lampung). Business And Entrepreneurship Journal (BEJ) E-ISSN, 3(1), 2745–8547. Https://Jurnal.Umitra.Ac.Id/Index.Php/Bej/Article/View/773/638
ARYANI, E. T., & KURNIANINGSIH, H. (2023). Pengaruh Inovasi Produk, Kepercayaan Merek, Dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Honda Beat Di Surakarta. Jurnal Maneksi, 12(2), 368–377. Https://Doi.Org/10.31959/Jm.V12i2.1488
Asmara, A., & Alfiandri. (2022). Pengaruh Influencer Terhadap Minat Beli Produk Scarlett Whitening Pada Mahasiswa UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah Dan Komunikasi (JRMDK), 3(6), 342–360. Https://Ejournal.Uin-Suska.Ac.Id/
Clara Nutaella, F. A. (2020). Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Individual Dengan Self Esteem Dan Self Efficacy Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(3), 349–360. Https://Doi.Org/10.37641/Jimkes.V8i3.400
Effendi, T., & Defrizal, D. (2024). Pengaruh Sosial Media Marketing Dan E-Wom Terhadap Minat Beli Produk The Originote Di Bandar Lampung. Journal Of Information System, Applied, Management, Accounting And Research, 8(1), 128. Https://Doi.Org/10.52362/Jisamar.V8i1.1417
Fadzri Kusuma, A., & Wijaya, T. (2022). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Beli: Peran Mediasi Citra Merek. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 12(1), 30–42. Https://Doi.Org/10.12928/Fokus.V12i1.5717
Fina, A., Rohmah, A., Crusma Fradani, A., & Indriani, A. (2023). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Tokopedia (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro). Jurnal Akuntansi Keuangan Dan Bisnis, 1(2), 110–117. Https://Jurnal.Ittc.Web.Id/Index.Php/Jakbs/Index
Hardiyanah, T., Hidayati, R., Nasution, A. H., Muslikh, M., & Marhamah, S. (2023). Pengaruh Content Marketing, Sales Promotion, Personal Selling Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Pada CV Laditri Karya. Journal Of Accounting, Management, And Economics Research (JAMER), 1(2), 75–92. Https://Doi.Org/10.33476/Jamer.V1i2.29
Heri Mahyuzar, & Tundo, T. (2022). Pengaruh E-Wom Dalam Memediasi Hubungan Antara Digital Marketing Activities Dan Intention To Buy Di Tokopedia. Journal Of Digital Business And Management, 1(2), 104–113. Https://Doi.Org/10.32639/Jdbm.V1i2.182
Herviani, V., Hadi, P., & Nobelson. (2020). Analisis Pengaruh Brand Trust, E-WOM, Dan Social Media Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Lipstik Pixy. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 10(02), 1351–1363. Https://Conference.Upnvj.Ac.Id/Index.Php/Biema/Article/Download/930/582
Iriani Ida Nur, Sasongko Totok, & Murti Dewi Novianti. (2022). Pengaruh Content Marketing Dan Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada Meteor Cell Malang. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akutansivol, 10(2), 155–160. Https://Jurnal.Unitri.Ac.Id/Index.Php/Refrensi/Article/Download/3967/Pdf#:~:Text=Kotler (2019) Mengatakan Bahwa Content,Dan Diperbesar Demi Terciptanya Interaksi.
Kamanda, S. V. (2023). Pengaruh Content Marketing Terhadap Minat Beli Produk Cimory Pada Sinar Mart. Jurnal Al-Amal, 2(1), 1–7. Https://E-Journal.Institutabdullahsaid.Ac.Id/Index.Php/Jurnal-Al-Amal/Article/View/174/98
Lazuardi, M. I., & Kaihatu, T. S. (2021). Pengaruh Variasi Produk, Product Knowledge Dan Content Marketing Terhadap Minat Beli Butuhbaju. Performa, 6(4), 341–350. Https://Doi.Org/10.37715/Jp.V6i4.2556
Maghfiroh, M. U., Sholikhah, A., Hidayat, M. N., & ... (2024). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Usia Karyawan Terhadap Disiplin Kerja Pada UD. Kerupuk Mandiri. WANARGI: Jurnal …, 1(4), 183–189. Http://Jurnalistiqomah.Org/Index.Php/Wanargi/Article/View/1576
Mahendra, F. Z., & Nugroho, D. A. (2021). Pengaruh Content Marketing Terhadap Purchase Intention Pada Fan Apparel Dengan Customer Engagement Sebagai Variable Mediasi. 1–23. Https://Jimfeb.Ub.Ac.Id/Index.Php/Jimfeb/Article/View/7209/6212
Marendra, R., & Wicaksono, B. S. (2022). Pengaruh E-Wom Dan Kredibilitas Brand Terhadap Minat Pembelian Dengan Sikap Brand Sebagai Intervening. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi (JEMBAK), 1(3), 235–252. Https://Ejournal.Lapad.Id/Index.Php/Jebmak/Article/View/18/16
Meilika, S. R., Nugrahani, R. U., & Abdullah, N. N. (2023). Pengaruh Content Marketing Terhadap Customer Engagement Pada Instagram @Indihome.Telkombanten. Agustus, 10(4), 3160. Https://Openlibrary.Telkomuniversity.Ac.Id/Pustaka/Files/197308/Jurnal_Eproc/Pengaruh-Content-Marketing-Terhadap-Customer-Engagement-Pada-Instagram-Indihome-Telkombanten.Pdf
Munib, A., & Wulandari, F. (2021). Studi Literatur: Efektivitas Model Kooperatif Tipe Course Review Horay Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(1), 160–172. Https://Doi.Org/10.29407/Jpdn.V7i1.16154
Nafiudin, Andari, Kurnia, D., & Tia Safitri, A. (2021). Pentingnya Desain Ulang Pekerjaan Dan Deskripsi Pekerjaan Untuk Peningkatan Kinerja Pegawai Pada Masa Pandemi Covid 19. Sains Manajemen, 7(2), 155–167. Https://Doi.Org/10.30656/Sm.V7i2.4139
Ni Made Dwi Apriastuti, N. P. N. A. (2022). Pengaruh Brand Awareness Dan Electronic Word Of Mouth (Ewom)Terhadap Keputusan Pembelian Di Situs Belanja Online Shopee Di Kota Denpasar. 3.
Novianti, N., & Saputra, A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Minat Beli Dan Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Di Minimarket Victoria Tiban. Eco-Buss, 6(1), 66–78. Https://Doi.Org/10.32877/Eb.V6i1.656
Nur Fadilah Amin1; Sabaruddin Garancang2; Kamaluddin Abunawas3. (2023). Buku Ajar Statistika Dasar. KONSEP UMUM POPULASI DAN SAMPEL DALAM PENELITIAN, 14(1), 15–31. Https://Doi.Org/10.21070/2017/978-979-3401-73-7
Pasaribu, A. F., Fadhila Rahma, T. I., & Dharma, B. (2023). Pengaruh Content Marketing , Viral Marketing Dan Influencer Terhadap Minat Beli Produk Skincare Pada Mahasiswa. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 10(2), 81–93. Https://Doi.Org/10.36987/Ecobi.V10i2.4432
Prastowo, K., Utomo, S., Dachi, A., Yulianto, A., Tinggi, S., Ekonomi, I., Bisnis, M., Barat, J., Bangsa, U. M., & Selatan, J. (2024). Peran E-Word Of Mouth Dalam Memediasi Pengaruh Influencer Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Kopi Tepi Lereng - Tangerang Selatan. 1. Https://Eprosiding.Embiss.Com/Index.Php/Senakombis/Article/View/46/1
Pratama, F., Maliah, M., & Puspita, S. (2021). Pengaruh Komunikasi Organisasi Dan Pengembangan Karir Terhadap Semangat Kerja Karyawan Pada PT. PDAM Tirta Betuah Banyuasin. SEMB-J: Sharia Economic And …, 2(2), 93–104. Https://Siducat.Org/Index.Php/Sembj/Article/View/299%0Ahttps://Siducat.Org/Index.Php/Sembj/Article/Download/299/221
Pratiwi, D., Hermawati, A., & Kurniawati, D. (2023). Pengaruh Content Marketing, Influencer, Dan Free Ongkir Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Fashion Pada Tiktokshop. JIMP : Jurnal Ilmiah Manajemen Pancasila, 3(1), 1–11. Https://Doi.Org/10.35814/Jimp.V3i1.4654
Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Big Book Untuk Menumbuhkan Minat Membaca Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446–452. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i1.787
Priyanto, M., & Sudrartono, T. (2021). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Aksesoris Pakaian Di Toko Mingka Bandung. Value, 2(1), 57–66. Https://Doi.Org/10.36490/Value.V2i1.184
Purwanto, Y., Sahetapy, L., Management, P. B., Manajemen, P. S., Bisnis, F., & Siwalankerto, J. (2022). Pengaruh Content Marketing Pada Brand Skincare Somethinc. Agora, 10(1), 1–6.
Rachmi Oktora Citra Rahayu, & Hendrati Dwi Mulyaningsih. (2021). Pengaruh Content Marketing Dan Dukungan Influencer Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Fashion. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 136–145. Https://Doi.Org/10.29313/Jrmb.V1i2.544
Raffi, M., Junaida, E., & Meutia, R. (2023). Pengaruh E-WOM Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Pengguna Jasa Send Delivery Di Kota Langsa. Manajemen Akuntansi (Jumsi), 3(1), 2. Https://Jurnal.Ulb.Ac.Id/Index.Php/JUMSI/Article/Download/3687/2865
Regiansa, A., & Mubarok, D. A. A. (2020). Pengaruh Kelompok Acuan Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Pada Konsumen Yamaha NMAX Di Kota Bandung). Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, Akuntansi Dan Bisnis, 1(1), 24–38. Https://Doi.Org/10.47747/Jismab.V1i1.11
Rohmi, A., Aziz, A., & Ghafur, A. (2023). Potensi Pasar Tradisional Dalam Peningkatan Ekonomi Masyarakat Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pasar Maron Kabupaten Probolinggo). Jurnal Kewarganegaraan, Volume 7(Nomor 1), 863–871. Http://Repository.Iainpalopo.Ac.Id/Id/Eprint/1508/1/SKRIPSI RISAL.Pdf
Sahputra, C., Octaviani, V., & Yanto. (2023). Pengaruh Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Pada Xinonaboba Kapuas Kota Bengkulu. Jurnal Multimedia Dehasen, 2(3), 509–526. Https://Jurnal.Unived.Ac.Id/Index.Php/Mude/Article/Download/4372/3359
Sanaky, M. M. (2021). Analisis Faktor-Faktor Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama Man 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik, 11(1), 432–439. Https://Doi.Org/10.31959/Js.V11i1.615
Sarayar, M. C. L., Soepeno, D., & Raintung, M. C. (2021). Pengaruh E-WOM, Harga Dan Kualitas Produkterhadap Minat Beli “Folcis Pudding” Manado. Jurnal EMBA, 9(4), 294–303. Https://Ejournal.Unsrat.Ac.Id/Index.Php/Emba/Article/View/36225
Sari, M. S., & Zefri, M. (2019). Pengaruh Akuntabilitas, Pengetahuan, Dan Pengalaman Pegawai Negeri Sipil Beserta Kelompok Masyarakat (Pokmas) Terhadap Kualitas Pengelola Dana Kelurahan Di Lingkungan Kecamatan Langkapura. Jurnal Ekonomi, 21(3), 311. Https://Ejournal.Borobudur.Ac.Id/Index.Php/1/Article/View/608/583
Sari, S. P. (2020). Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1), 147. Https://Doi.Org/10.30872/Psikoborneo.V8i1.4870
Setiawan, E., & Steven. (2021). Minat Beli Konsumen Di Bakso Kota Cak Man Magelang. Jurnal Pariwisata Vokasi (JPV), 2, 34–41. Https://Jurnal.Akparnhi.Ac.Id/Jvp/Article/View/11
Sitanggang, Andris; Dhafin Naufal, Muhammad Harits, M. A. (2024). Efektivitas Strategi Digital Marketing Di Media Sosial : Studi Kasus. 2(4). Https://Ejurnal.Stie-Trianandra.Ac.Id/Index.Php/JUBPI/Article/Download/3247/2620/
Slamet, R., & Wahyuningsih, S. (2022). Validitas Dan Reliabilitas Terhadap Instrumen Kepuasan Ker. Aliansi : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 17(2), 51–58. Https://Doi.Org/10.46975/Aliansi.V17i2.428
Stevani, N., & Junaidi, A. (2021). Pengaruh Influencer Terhadap Minat Beli Produk Fashion Wanita Pada Instagram. Prologia, 5(1), 198. Https://Doi.Org/10.24912/Pr.V5i1.10121
Suprihartini, L., Rinaldi, H., Saputra, H. M., Sulaiman, S., Tandra, R., & Krisandi, S. D. (2023). Pelatihan Penggunaan Aplikasi SPSS Untuk Statistik Dasar Penelitian Bagi Mahasiswa Se-Kota Pontianak. Kapuas, 3(1), 35–39. Https://Doi.Org/10.31573/Jk.V3i1.527
Suwarsa, T. (2021). Pengaruh Pajak Restoran Dan Pajak Hotel Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Padangsidempuan Periode 2018-2020. Jurnal Akuntansi, 51(1), 1–15.
Syavardie, Y. (2021). Analisis Hubungan Psikologis Konsumen Terhadap Minat Beli Pada Rumah Makan Selamat Di Bukittinggi. Journal Of Technopreneurship On Economics And Business Review, 3(1), 12–20. Https://Doi.Org/10.37195/Jtebr.V3i1.73
Tinggi, S., Ekonomi, I., Sibolga, A.-W., Supriyatno, M., Sudirjo, F., & Mardiyono, A. (2024). Faktor Penentu Minat Beli Mahasiswa Dalam Berbelanja Di Marketplace Shopee (Stdi Kasus Mahasiswa FEB Untag Semarang). Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 7(2), 1582–1591. Https://Stiealwashliyahsibolga.Ac.Id/
Uyuuna, S. N., & Dwijayanti, R. (2022). Pengaruh Influencer Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening Pada Mahasiswa Feb Unesa. Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan, 1(2), 164–174. Https://Doi.Org/10.55606/Jempper.V1i2.390
Widya, P. R., Kristianto, A. H., & Jimmi, J. (2020). Model Perilaku Anggota Klub Motor Di Bengkayang: Pendekatan Eksploratoris. Jurnal Maneksi, 9(1), 317–321. Https://Doi.Org/10.31959/Jm.V9i1.405
Yunita, D., Widad, A., Diah, Y. M., & Farla, W. (2021). Pembuatan Content Marketing Sebagai Strategi Menumbuhkan Brand Awareness Bagi Pelaku Usaha Di Era Pandemi Covid-19. Sricommerce: Journal Of Sriwijaya Community Services, 2(2), 89–96. Https://Doi.Org/10.29259/Jscs.V2i2.38
Zivi, P. M., Hamid, F. Z., & Mustofa, A. (2022). Pengaruh Konten Pemasaran Dan Kecepatan Inovasi Terhadap Niat Membeli Kembali Umkm Fashion Di Instagram (Studi Kasus Pada Erigo Store). Jurnal Administrasi Profesional, 03(2), 2963–1734. Https://Jurnal.Pnj.Ac.Id/Index.Php/ JAP/Article/Download/5150/2784#:~:Text=Adapun Beberapa Indikator Konten Pemasaran,%2C Mudah Ditemukan%2C Konsisten”.&Text=Perusahaan Ketika Melakukan Sebuah Inovasi Dan Memasarkan Suatu Produk Baru.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Herlin Zafitry, Emilda Emilda, Yeni Yeni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.