Pengaruh Social media marketing, Diskon, dan Gaya Hidup terhadap Impulse Buying (Studi pada Pengguna Shopee di Kota Medan)
DOI:
https://doi.org/10.32493/drb.v6i6.34140Keywords:
Social Media Marketing, Diskon, Gaya Hidup, Impulse BuyingAbstract
Impulse buying merupakan tindakan pembeli untuk melakukan transaksi diinginkan namun tidak dibutuhkan. Pihak Shopee harus memahami fenomena dan mempelajari faktor-faktor penyebab konsumen melakukan impulse buying seperti social media marketing,diskon, dan gaya hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh social media marketing, diskon dan gaya hidup terhadap impulse buying. Bentuk penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Pengguna Shopee di Kota Medan, dengan sampel berjumlah 100 responden, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Data primer diperoleh melalui penyebaran kuesioner secara langsung dan data sekunder diperoleh melalui studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Social Media Marketing, Diskon dan Gaya Hidup berpengaruh secara signifikan terhadap Impulse Buying. Pada pengujian simultan variabel Social Media Marketing, Diskon dan Gaya Hidup berpengaruh secara simultan dengan tingkat pengaruh sebesar 34,9%, sedangkan 65,1% sisanya dipengaruhi oleh faktor di luar model penelitian ini.
References
Abdullah, M. M., Oktini, D. R., & Harahap, D. A. (2022,). Pengaruh Social Media Marketing dan Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Shopee di Kota Bandung. In Bandung Conference Series: Business and Management (Vol. 2, No. 1, pp. 736-743).
Adhiyani, O. R. (2021). Analisa Pengaruh Iklan, Cashback dan User Friendly terhadap Impulse Buying Konsumen Dompet Elektronik OVO di Surakarta. Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis, 9(1), 31-45.
Angela, Z., & Siregar, O. M. (2021). Pengaruh Promosi Media Sosial Dan Store Atmosphere Terhadap Tingkat Kunjungan Konsumen Pada Cafe Taman Selfie Binjai. SENRIABDI, 417-433.
Anggreani, D. D. M., & Suciarto A., S. (2020). Pengaruh Gaya Hidup Berbelanja Dan Perilaku Hedonik Terhadap Pembelian Impulsif (Studi) Pada Toko Belanja Online Shopee. Jemap, 3(1), 36–51.
Liantifa, M., & Haryono, G. (2022). Discount, Promotion Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buiyng Pada Online S: Studi Kasus Pada Mahasiswa STIE Sakti Alam Kerinci. Al Dzahab: Journal of Economics, Management, Business and Accounting, 3(1), 10-20.
Nababan, D. F., & Siregar, O. M. (2022). Analisis Perilaku Konsumen Generasi Milenial Dalam Memutuskan Pembelian Secara Online pada Masa Pandemi Covid-19 di Kota Medan. Journal of Social Research, 1(6), 545-555.
Nasib, et al. 2021. Perilaku Konsumen (Studi Dalam Pemilihan Perguruan Tinggi). Yogyakarta: Nuta Media.
Nida, Ayu. (2022). “Hasil Survey Persaingan E-commerce Indonesia Makin Ketat Ini Dia Jawaranya†Retrieved from https://kabarbesuki.pikiran-rakyat.com/berita/pr-193642371/hasil-survey-persaingan-e-commerce-indonesia-makin-ketat-ini-dia-jawaranya?page=3
Pratiwy, A. A., & Siregar, O. M. (2022). The Effect Of Shopping Lifestyle And Fashion Involvement On Impulse Buying Behavior: (Study on Retail Store Consumers at Delipark Mall Medan). Cashflow: Current Advanced Research On Sharia Finance And Economic Worldwide, 2(1), 68-74.
Putra, Y. P., & Kusuma, N. I. (2021). Impulse Buying di e-Commerce Tokopedia di Masa Pandemi. Jurnal Ilmu Administrasi Dan Manajemen, 4(1), 2–9.
Rahardianm, Lalu. (2022). “Tiga Kota Ini Alami Peningkatan Tren Belanja Daringâ€, Retrieved from https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220117110524-37-307870/tiga-kota-ini-alami-peningkatan-tren-belanja-daring .
Rahmadani,Wanda. (2021). “Pengaruh Diskon dan Kualitas Produk Terhadap Impulse Buying Pada Online Shop Tokopedia (Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)â€
Rizaty, M.,A. (2023). “ Pengguna Internet Indonesia Sentuh 212 Juta pada 2023â€, Retrieved from https://dataindonesia.id/Digital/detail/pengguna-internet-di-indonesia-sentuh-212-juta-pada-2023
Rochaety, dkk. (2019). Metode Penelitian Bisnis: Dengan Aplikasi SPSS, Edisi 2. Jakarta: Mitra Wacana Media
Selwendri, S., & Siregar, O. M. (2018). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Peluang Usaha Kelompok Pemuda Karang Taruna Di Kelurahan Pulo Brayan Bengkel Medan. ABDIMAS TALENTA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 379-383.
Sinulaki, R. D. A. & Siregar, O. M. (2023). The Effect of Price, Product Quality, Brand Image on Consumer Loyalty: Study on Consumer Ouval Research on Jalan Dr. Mansyur Medan City. In Proceedings of the 4th International Conference on Social and Political Development – ICOSOP. SciTePress.
Tjiptono, F., & Diana, A. 2016. Pemasaran. Yogyakarta: ANDI.
Wibowo, G. R., & Sari, D. (2021). Pengaruh Diskon Harga Terhadap Pembelian Impulsif Secara Online Pada Pengguna Aplikasi Shopee. eProceedings of Management, 8(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nabila Ayunda, Onan Marakali Siregar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.