Pengaruh Keberagaman Produk, Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah di Batam Center

Authors

  • Maurine Givanka Ningsih Univeristas Putera Batam
  • Mauli Siagian Universitas Putera Batam

DOI:

https://doi.org/10.32493/drb.v7i1.38093

Keywords:

Citra Merek, Keberagaman Produk, Keputusan Pembelian, Kualitas Produk

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menyelidiki pengaruh keberagaman produk, kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian kosmetik Wardah di Batam Center. Populasi yang menjadi fokus penelitian ini adalah konsumen Wardah pada Guardian One mall Batam dan jumlahnya didasari pada data penjualan pada Agustus 2023 sebesar 317 pelanggan. Sampel sebanyak 177 responden dipilih menggunakan metode rumus Slovin. Analisis data dilakukan melalui pendekatan regresi linier berganda. Proses analisis meliputi pengujian terhadap uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji pengaruh dan uji hipotesis. Hasil dari analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa keberagaman produk memiliki pengaruh sebesar 23,1% terhadap keputusan pembelian. Kualitas produk memiliki penagruh sebesar 25,8% terhadap keputusan pembelian. Citra merek memiliki pengaruh sebesar 36,0% terhadap keputusan pembelian. Temuan dari pengujian koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa keberagaman produk, kualitas produk dan citra merek secara keseluruhan dapat menjelaskan sekitar 63,8% variasi dalam keputusan pembelian. Selain itu, hasil dari uji t dan uji F mengindikasikan bahwa baik keberagaman produk, kualitas produk dan citra merek baik secara parsial maupun secara simultan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian kosmetik Wardah di Batam Center

References

Aprileny, I., Ardianti, D. A., & Emarawati, J. A. (2020). Pengaruh Citra Merek, Keragaman Produk, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Ayam Tulang Lunak Hayam Wuruk Cabang Jakarta Selatan. Ikra-Ith Ekonomika, 3(3), 55–63.

Fahrezi, A., & Sukaesih, U. (2020). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Merek Aldo (Studi Kasus di Pondok Indah Mall Jakarta). Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK), 189–199.

Hansen, C., & Saputra, A. (2023). Pengaruh Keragaman Produk , Kualitas Produk , dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Mobil Hyundai pada PT Pionir Auto Mobil. Disrupsi Bisnis, 6(5), 551–562.

Hasibuan, M. (2022). The Effect of Digital Marketing and Product Diversity on Interests and Impact on Student Decisions in Choosing Private Universities in Padangsidimpun City. International Journal of Artificial Intelligence Research, 6(1).

Hidayat, R. I., & Sudarwanto, T. (2022). Pengaruh gaya hidup, citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Jurnal Manajemen, 14(2), 470–478.

Lan, A., & Wangdra, Y. (2023). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Sandal Eiger pada E-Commerce Shopee. JURNAL ILMIAH FEASIBLE: Bisnis, Kewirausahaan & Koperasi, 5(2), 71–83.

Lestari, A. O., & Nawangsari, S. (2023). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Keragaman Produk Dan Beauty Vlogger Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Make Over (Studi Kasus Pada Konsumen Wanita Di Jabodetabek). Agustus, 3(2), 153–166.

Lubis, R. S. B., & Sitorus, D. H. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Kemudahan terhadap Keputusan Pembelian pada Aplikasi Gofood di Kota Batam. Jurnal Disrupsi Bisnis, 6(4), 354–364. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32493/drb.v6i4.30441

Nurhaida, & Realize. (2023). Pengaruh Citra Merek , Kualitas Produk dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Bukalapak di Kota Batam. ECo-Buss, 5(3), 907–920.

Purba, C. W., & Heryenzus, H. (2023). Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Online Di Shopee Pada Karyawan Di Kota Batam. Jesya, 6(1), 316–327. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.879

Putra, Y. D., Lisa, L., Sutarno, S., Dewi Anggraini, & Supriyanto, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di PT. Alam Bumi Lestari. SOSMANIORA: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(2), 133–140. https://doi.org/10.55123/sosmaniora.v1i2.402

Rachmawati, K. D., & Patrikha, F. D. (2021). Pengaruh Keragaman Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di Pesen Kopi Kota Bojonegoro Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 15(2), 182–189. https://doi.org/10.19184/jpe.v15i2.24590

Saputri, N. F., & Suhardi. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Word Of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Produk Two Way Cake Pixy. Jurnal Disrupsi Bisnis, 6(4), 376–386.

Satdiah, A., Siska, E., & Indra, N. (2023). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Toko Cat De ’ lucent Paint. CiDEA Journal, 2(1), 24–38.

Sembiring, M. J., Fatihudin, D., & Firmansyah, A. (2022). The Impacts of Product Quality, Promotion, Brand Association, Purchase Decisions on Japanese Motorcycles. Matrik : Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, 16(2), 214. https://doi.org/10.24843/matrik:jmbk.2022.v16.i02.p03

Simbolon, F. P., Handayani, E. R., & Nugraedy, M. (2020). The Influence of Product Quality, Price Fairness, Brand Image, and Customer Value on Purchase Decision of Toyota Agya Consumers: A Study of Low Cost Green Car. Binus Business Review, 11(3), 187–196. https://doi.org/10.21512/bbr.v11i3.6420

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.

Talopod, R. V., Tampi, J. R. ., & Mukuan, D. D. S. (2020). Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Skincare dan Kosmetik the Body Shop Manado Town Square. Productivity, 1(3), 251. file:///D:/Download/29721-61597-2-PB.pdf

Wijaya, A. P., & Annisa, I. T. (2020). The Influence of Brand Image, Brand Trust and Product Packaging Information on Purchasing Decisions. Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi, 18(1), 24–35. https://doi.org/10.31603/bisnisekonomi.v18i1.3077

Wulansari, A., & Hadisuwarno, H. (2023). Pengaruh Citra Merek, Promosi dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Scarrlet. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(1), 53–67. https://doi.org/10.56799/jceki.v3i1.1853

Downloads

Published

2024-01-20

How to Cite

Ningsih, M. G., & Siagian, M. (2024). Pengaruh Keberagaman Produk, Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah di Batam Center. Jurnal Disrupsi Bisnis, 7(1), 192–204. https://doi.org/10.32493/drb.v7i1.38093

Similar Articles

<< < 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.