Pengaruh Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Consumer Goods Yang Terdaftar di BEI Periode 2017-2023

Authors

  • Saskia Aulia Rahma Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang
  • Destian Andhani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/drb.v8i1.47811

Keywords:

Kebijakan Dividen; Kebijakan Hutang; Ukuran Perusahaan; Nilai Perusahaan

Abstract

Dalam penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Consumer Goods yang Terdaftar di BEI Periode 2017-2023. Metode analisis yang digunakan adalah analisis Time Series dan Cross Section dengan membandingkan tingkat Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang, dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan dengan tahun sebelumnya, dan membandingkan dengan Nilai Perusahaan Consumer Goods yang Terdaftar Di BEI Periode 2017-2023 yang termasuk kedalam kriteria Purposive Sampling. Hasil penelitian ini secara parsial pengaruh Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan menghasilkan nilai signifikasi dengan sebesar 0,3756 > 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Kebijakan Dividen tidak berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Secara parsial pengaruh Kebijakan Hutang terhadap Nilai Perusahaan menghasilkan nilai signifikasi sebesar 0,0014 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Kebijakan Hutang berpengaruh negatif signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Secara parsial Ukuran Perusahaan memperoleh nilai signifikasi sebesar 0,9272 > 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Ukuran Perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Secara simultan pengaruh Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Consumer Goods yang Terdaftar Di BEI Periode 2017-2023 menghasilkan nilai probabilitas 0,0000 < 0,05 , maka artinya terdapat pengaruh antara Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang, dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Consumer Goods yang Terdaftar Di BEI Periode 2017-2023.

References

Eka., Jasman, Jumawan., Asriany. (2023). Pengaruh Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. Student Research Journal.

Franita, Riska. (2018). Mekanisme Good Corporate dan Nilai Perusahaan Studi untuk Perusahaan Telekomunikasi, cetakan pertama. Medan: Lembaga Penelitian dan Penulisan Ilmiah AQLI.

Hendayana, Y., & Riyanti, N. (2019). Pengaruh Inflasi, Suku Bunga, Likuiditas, dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan. Kinerja : Jurnal Ekonomi dan Bisnis

Kasmir. (2018). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Mardiana, Sri., Kusuma, D. Iriana. (2021). Pengaruh Kebijakan Hutang dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal ARASTIRMA Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen UNPAM

Milenia, D. Alinda., Muid, Dul. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Kebijakan Dividen, Kebijakan Utang, Dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan. Diponegoro Journal Of Accounting

Murti, A. Ulfianti., Purwaningsih, Eny. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan

Natalie, Vannesa., Listiantara, G. Anggana. (2022). Pengaruh Profitabilitas (ROA), Likuiditas (AKO), Ukuran Perusahaan (SIZE), dan Leverage (LTDER) terhadap Nilai Perusahaan. Riset & Jurnal Akuntansi

Palupi S Rara, Hendiarto Susanto. (2018). Pengaruh Kebijakan Hutang, Profitabilitas, dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Pada Sektor Properti dan Real Estate Periode 2012- 2016. E-Jurnal Ecodemica. Universitas Widyatama.

Pambudi, A. Sriyanto., Ahmad, G. Nazir., Mardiyati, Umi. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Bisnis, Manajemen dan Keuangan

Purnomo Adi Dwi, Fatimah Imas, Nurhalimah Siti (2021). Pengaruh Kebijakan Dividen, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahan Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman Di BEI Periode 2013-2018. Jurnal Studia Akuntansi dan Bisnis

Rosmaneliana, Dina., Evadine, Rebecca., Silalahi, Dumariani., Hastalona, Dina (2024). Pengaruh Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2016-2020. Management Studies and Entrepreneurship Journal.

Salmah, N. Non Ayu., Valianti R. Maria., Anggraini, Novia. (2022). Pengaruh Kebijakan Dividen dan Kebijakan Hutang Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Media Wahana Ekonomika

Wicaksono, B. Tri., Fitriati, I. Rosyada. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan

Downloads

Published

2025-03-06

How to Cite

Rahma, S. A., & Andhani, D. (2025). Pengaruh Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Consumer Goods Yang Terdaftar di BEI Periode 2017-2023. Jurnal Disrupsi Bisnis, 8(1), 1–8. https://doi.org/10.32493/drb.v8i1.47811

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.