Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Memilih Fakultas Ekonomi dan Bisnis Perguruan Tinggi Swasta Akreditasi B di Kota Bandung

Authors

  • Cindy Mulyasari Pamungkas Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia Membangun, Bandung, Indonesia
  • Ezra Karamang Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia Membangun, Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/drb.v8i3.49464

Keywords:

Kualitas Pelayanan; Harga; Promosi; Keputusan Memilih

Abstract

Tujuan penelitian ini guna mengidentifikasi dalam keputusan mahasiswa memilih Fakultas Ekonomi dan Bisnis universitas swasta terakreditasi B di kota Bandung, mencakup variabel kualitas pelayanan, harga dan promosi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan kombinasi pendekatan deskriptif dan verifikatif. Teknik engumpulan data primer melalui penyebaran kuesioner pada 100 mahasiswa dari beberapa fakultas ekonomi dan bisnis, sementara data sekunder berasal dari berbagai literatur yang telah diverifikasi. Probability sampling menjadi teknik yang digunakan dalam penelitian ini dengan metode  simple random sampling. Hasil analisa menjelaskan bahwa, secara parsial diperoleh sig. < 0,05 yang artinya variabel kualitas pelayanan, harga dan promosi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan memilih Fakultas Ekonomi dan Bisnis universitas swasta terakreditasi B di Kota Bandung. Sementara itu, secara simultan diperoleh sig. < 0,05 yang artinya seluruh variabel yaitu kualitas pelayanan, harga dan promosi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan memilih Fakultas Ekonomi dan Bisnis universitas swasta terakreditasi B di Kota Bandung.

References

Agustian. (2021). Metode Slovin: Pengertian, Rumus, dan Contoh Soal. https://rumuspintar.com/rumus-slovin/

Bayu, M., Saputro, A. H., & Mubarok, D. A. A. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Apotek Mega Bandung. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 10(3), 1967–1975. https://doi.org/10.35870/jemsi.v10i3.2488

Cahyaningtyas, T. P. D., Fauzi, A., Permana, J. R., Maharani, K., Rumahorbo, L. O., Safira, M., & Alfathan, R. (2023). Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek, dan Promosi Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Ojek Online. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Penelitian Terapan, 1(1).

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Pogram IBM SPSS (9th Ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hartina, E., Hendra Saputro, A., & Abdul Aziz Mubarok, D. (2023). Pengaruh Harga, Brand Image Dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sabun Mandi Cair Lifebouy di Kota Bandung. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 9(6), 2768–2778. https://doi.org/10.35870/jemsi.v9i6.1727

Hasibuan, M. S. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Revisi. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Ismanto, J. (2020). Manajemen Pemasaran. Tanggerang Selatan: Unpam Press.

Karamang, E., Aribowo, A., & Suhardiman, H. (2024). The Effect of Marketing Mix on the Decision to Choose a Private University in Bandung City. DIJEMSS, 5(5). https://doi.org/10.31933/dijemss.v5i5

Karamang, E., Septiarini, E., Permata Rahmi, P., & Wijaya, F. (2024). Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi Pengaruh Citra Institusi, Harga dan Lokasi terhadap Keputusan Memilih Universitas Swasta di Bandung. Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 9(1).

Kotler, P & Amstrong. (2018). Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, P & Armstrong, G. (2019). Prinsip – Prinsip Pemasaran. Jakarta : Erlangga.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2021). Principles of Marketing Eighteen Edition(18thed.). Pearson.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Pearson Education, Inc.

Lestari, N. D. A., & Ali, M. M. (2024). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Chemical Di Pt. Kimia Jaya Utama. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 10(1), 643–653. https://doi.org/10.35870/jemsi.v10i1.2055

Malau, H. (2017). Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta.

Mardiana, R., & Juhari, A. (2024). Pengaruh Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Memilih Jasa Pengiriman Pada Kareta Sabila PT. KARETA SABILA. JIMAPAS: Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pemasaran, 2(1), 42–54.

Rahardi, S., Karamang, E., & Mubarak, D. A. A. (2024). Pengaruh Harga, Lokasi, Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa (Studi Pada Universitas Indonesia Membangun). JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 10(1), 552–561. https://doi.org/10.35870/jemsi.v10i1.1976

Saputra, A. R., & Kuzaini. (2024). Pegaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Stiesia Surabaya Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5.

Solihin, D., & Wibawanto, E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pelanggan Dalam Memilih Klub Basket Satria Indonesia Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(3), 30. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i3.4738

Sudarsono, H. (2020). Manajemen pemasaran. Pustaka Abadi.

Sudarsono, H. (2020). Manajemen pemasaran. Pustaka Abadi.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta

Sukatin, Astuti, A., Rohmawati, A., Ananta, A., Aprianti, A., & As-Sodiq, I. (2022). Pengambilan Keputusan Dalam Kepemimpinan. Humantech: Jurnal Imiah Multi Disiplin Indonesia. https://doi.org/https://doi.org/10.32670/ht.v1i9.2029

Sunyoto, D. (2020). Dasar- Dasar Manajemen Pemasaran (ketiga). CAPS (Center of Academic Publishing Service).

Tjiptono, F. (2019). Pemasaran Jasa Edisi Terbaru. Yogyakarta: Andi.

Toharudin, M. 2021. Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Aplikasinya Untuk. Pendidik Yang Profesional. Klaten: Lakeisha.

Wibowo, D. L., & Priansa, D. J. (2017). Manajemen Komunikasi Dan Pemasaran. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2025-06-09

How to Cite

Pamungkas, C. M., & Karamang, E. (2025). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Memilih Fakultas Ekonomi dan Bisnis Perguruan Tinggi Swasta Akreditasi B di Kota Bandung. Jurnal Disrupsi Bisnis, 8(3), 365–372. https://doi.org/10.32493/drb.v8i3.49464

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.