Analisa Marketing Mix Dan Lingkungan Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Online Pakaian Wanita (Studi pada Konsumen Online Shop di Kota Bima)
DOI:
https://doi.org/10.32493/drb.v4i4.10946Keywords:
Produk, Harga, Promosi, Lingkungan Sosial, Keputusan PembelianAbstract
Perilaku pelanggan online shop merupakan hal yang masih menarik untuk diteliti. Oleh sebab itu penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh marketing mix yang terdiri dari produk, harga, promosi dan lingkungan sosial terhadap keputusan pembelian online pakaian wanita di Kota Bima. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode asosiatif. Populasi pada pnelitian ini yaitu konsumen yang melakukan pembelian online dengan menggunakan rumus Unknown Populations, maka jumlah sampel pada penelitian ini yaitu 100 orang. Teknik sampel yang digunakan yaitu Accidental Sampling. Instrumen penelitian yaitu kuisioner yang telah diuji validitas dan uji reliabilitasnya. Data dianalisis dengan menggunakan asumsi klasik, persamaan regresi linier berganda, koefisien determinasi (R2 ), uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabeel produk berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian online pakaian wanita di Kota Bima. Variabel Harga, Promosi dan Lingkungan Sosial secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian online pakaian wanita di Kota Bima. Produk, Harga, Promosi dan Lingkungan sosial secara bersama-sama (simultan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian online pakaian wanita di Kota Bima dengan nilai sig 0,000 (0,000<24.037). Hal ini menunjukkan bahwa apabila onlineshop memberikan produk yang berkualitas dengan harga yang terjangkau serta melakukan promosi yang menarik minat pembeli, maka akan semakin meningkat keputusan konsumen melakukan pembelian online.
Kata Kunci: Produk, Harga; Promosi; Lingkungan Sosial; Keputusan Pembelian
References
Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri.2016.Manajemen Pemasaran.Jakarta: Rajawali Pers.
Anwar, Prabu Mangkunegara. 2012. Perilaku Konsumen. Edisi Revisi. Bandung: Refika Aditama
Budanti, Hartiyani Sadu, Mintasih Indriayu dan M.Sabandi.2017.Pengaruh Lingkungan Sosial Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa Program Pendidikan Ekonomi FKIP UNS, Jurnal Ekonomi Manajemen .
Buchari Alma, 2011, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa,. Alfabeta, Bandung
Febriana, Merry Bella, Edy Yulianto dan Sunarti. 2016. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Kepada Konsumen Sepatu Merek Converse di Kota Malang. Jurnal Administrasi Bisnis.Vol.32 No.2.
Ghozali. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Gusrita, Desy. 2019 Pengaruh Marketing Mix dan Lingkungan Sosial terhadap Keputusan Pembelian Online Pakaian Wanita di Kota Padang. Fakultas Ekonomi. Jurnal Erogen Vo. 1 No. 4.
Indriyo Gitosudarmo, 2012, Manajemen Pemasaran, Yogyakarta, BPFEYogyakarta
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2013. Marketing Management. New Jersey: Prentice.
Kotler, Philip dan Amstrong, Gary, 2014, Principles of Marketin, 12th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran Jakarta : Erlangga.
Lupiyoadi, Rambat. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Edisi ke-3. Jakarta: Salemba Empat
Malau Herman, 2017. Manajemen Pemasaran. Alfabeta, Bandung
Marendra, I Gede.2018. Pengaruh Bauran Pemasaran (Produk, Harga, Lokasi, dan Promosi) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Minimarket (Alfamart atau Indomaret) (Studi Kasus di Unuversitas Pamulang. .Jurnal Pemasaran Kompetitif.Vol.1 No.3.
Peter dan Olson. 2013. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat
Pertiwi, Marina Intan, Edy Yulianto dan Sunarti.2016. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pada Konsumen Baker’s King Donuts & Coffee di MX Mall Malang. Jurnal Administrasi Bisnis.Vol.37 No.1.
Sekaran, U. dan Bougie, R. 2013. Research Methods for Business: A Skill-Building Approach. Sixth Edition. New York: Wiley
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Syahrial, Yusroni Akhmad.2015.Analisis Pengaruh Produk,Harga,Promosi dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada UD. Aneka Karya Glass di Surakarta.Unpublished Dissertation.Surakarta: UM.
Tan, Erwin Rediono.2011. Pengaruh Faktor Harga, Promosi dan Pelayanan Terhadap Keputusan Konsumen Untuk Belanja di Alfamart Surabaya. .Jurnal Kewirausahaan Vol.5 No.2.
Tjahjono, Amelia, Hatane Semuel Ritzky Karina M. R. Brahmana.2013. Analisis Marketing Mix, lingkungan Sosial, Psikologi Terhadap keputusan Pembelian Online Pakaian Wanita. .Jurnal Manajemen Pemasaran Petra.Vol.1 No.2.
Utami, Hesty Nurul dan Iqbal F.A.F.2018. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Perilaku Online Shopping:Perspektif Pemasaran Agribisnis. Jurnal Ecodemika.Vol.2 No1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.