Pengaruh Aktivitas Pemasaran Media Sosial terhadap Niat Berkunjung Kembali melalui Kepuasan Wisatawan Pantai Lon Malang Kabupaten Sampang
DOI:
https://doi.org/10.32493/drb.v8i6.54630Keywords:
Aktivitas Pemasaran Media Sosial; Niat Berkunjung Kembali; Kepuasan WisatawanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh aktivitas pemasaran media sosial terhadap niat berkunjung kembali melalui kepuasan wisatawan di Pantai Lon Malang, Sampang. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan 100 responden yang dipilih melalui purposive sampling. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas pemasaran media sosial memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap kepuasan wisatawan, dibuktikan dengan nilai t-statistik sebesar 16,805. Aktivitas pemasaran media sosial juga berpengaruh langsung terhadap niat berkunjung kembali, dengan nilai t-statistik 4,340. Selain itu, kepuasan wisatawan turut memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan niat berkunjung kembali, ditunjukkan oleh nilai t-statistik 4,489. Pengaruh tidak langsung melalui kepuasan wisatawan juga terbukti signifikan, tercermin dari nilai t-statistik 4,320. Nilai R² sebesar 0,570 untuk kepuasan wisatawan dan 0,699 untuk niat berkunjung kembali juga menunjukkan bahwa model memiliki kemampuan prediktif yang kuat. Temuan didukung oleh teori Stimulus Organism Response (SOR) yang menjelaskan bahwa pengaruh digital melalui aktivitas pemasaran media sosial mampu membentuk reaksi psikologis berupa kepuasan, yang kemudian meningkatkan respon perilaku berupa niat berkunjung kembali.
References
AB, A. (2018). Citra Destinasi Dan Pengaruhnya Terhadap Intensi Untuk Berkunjung Kembali di Sulawesi Selatan Sebagai Destinasi Pariwisata. Sosiohumaniora, 20(3), 207. https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v20i3.14050
Abdul Aziz, Z., Suprapto, H., Studi Manajemen, P., & Ekonomi dan BisnisUniversitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta, F. (2020). Pengaruh Fasilitas dan Pengalaman Pengunjung Terhadap Loyalitas Pengunjung yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pengunjung (Survey pada Pengunjung Wisata Umbul Ponggok Klaten). in Jurnal Studi Manajemen Organisasi (Vol. 17, Issue 2). https://ejournal.undip.ac.id/index.php/smo/article/view/32470
Aftab, S., & Khan, M. M. (n.d.). Role Of Social Media in Promoting Tourism in Pakistan.
Agichtein, E., Castillo, C., Donato, D., Gionis, A., & Mishne, G. (2008). Finding high-quality content in social media. WSDM’08 - Proceedings of the 2008 International Conference on Web Search and Data Mining, 183–193. https://doi.org/10.1145/1341531.1341557
Aliyah, K., Kisworo, B., Miraj, S., & Gupta, S. (2024). The Effect of Digital Marketing Through Social Media and Tourism Attractiveness on Visitor Interest. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 11(1), 26–38. https://doi.org/10.21831/jppm.v11i1.72327
Alsoud, M., Alfdool, S. M., Trawnih, A., Helalat, A. S., Al-Mu’ani, L., & Mahrakani, N. (2023). Social media marketing activities and tourists’ purchase intention. International Journal of Data and Network Science, 7(2), 677–686. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2023.3.004
Antok Setiawan Jodi, I. W. G., Raka Sukawati, T. G., & Sukaatmadja, I. P. G. (2023). Determinants of Revisit Intention: Literature Review. International Journal of Research and Review, 10(10), 501–508. https://doi.org/10.52403/ijrr.20231064
Armutcu, B., Tan, A., Amponsah, M., Parida, S., & Ramkissoon, H. (2023). Tourist behaviour: The role of digital marketing and social media. Acta Psychologica, 240. https://doi.org/10.1016/j.actpsy.2023.104025
Ayu, D., Puspitasari, K., Pgri, S., & Korespondensi, D. J. (2021). Analisis Peran Kepuasan Wisatawan Memediasi Pengaruh Atribut Wisata Halal Terhadap Minat Berkunjung Ulang Pantai Syariah Banyuwangi (Vol. 4, Issue 1). https://ejournal.stiedewantara.ac.id/index.php/JMD/issue/view/759
Azhar, M., Ali, R., Hamid, S., Akhtar, M. J., & Rahman, M. N. (2022). Demystifying the effect of social media eWOM on revisit intention post-COVID-19: an extension of theory of planned behavior. Future Business Journal, 8(1). https://doi.org/10.1186/s43093-022-00161-5
Azizah, R. I., As, F., Ekonomi Dan Bisnis, F., & Madura, U. T. (2023). Peran Pemasaran Digital, Fasilitas, Kepuasan terhadap Minat Berkunjung Ulang Pada Desa Wisata. 5, 1689.
Baker, D. A., & Crompton, J. L. (2000). Quality, Satisfaction and Behavioral IntentionS. Annals of Tourism Research, 27, 785804. https://doi.org/10.1016/S0160-7383(99)00108-5
Bakhtiar, M. R., & Sunarka, P. S. (2021). Interesting Factors for Tourist Satisfaction In Double-Decker Tour Bus. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi Terapan (JIMAT), 12(1), 1–10.
Cavlak, N. (2021). The Importance of Social Media in Destination Choice (pp. 119–134). https://doi.org/10.4018/978-1-7998-7095-1.ch008
Charli, C. O., & Putri, D. A. (2020). Pengaruh Social Media Marketing, Fasilitas Wisata Dan Citra Destinasi Wisata Terhadap Minat Wisatawan Berkunjung. Jurnal EKOBISTEK, 9(2), 40–48.
Dally, A., Dan Aswin, I., & Hadisumarto, D. (2020). Pengaruh Aktivitas Social Media Marketing Terhadap Brand Trust, Brand Equity, dan Brand Loyalty Pada Platform Social Media Instagram. Jurnal Manajemen Dan Usahawan Indonesia •, 43(1), 44–58.
Ding, Y., & Keh, H. T. (2016). A re-examination of service standardization versus customization from the consumer’s perspective. Journal of Services Marketing, 30(1), 16–28. https://doi.org/10.1108/JSM-02-2015-0088
Febby Fatika Sari, & Aguilika, D. (2024). The Influence Social Media Marketing and Accesbility on Tourist Revisit Intention at Lon Malang Beach Pengaruh Social Media Marketing dan Accesbility Terhadap Minat Kunjung. In Management Studies and Entrepreneurship Journal (Vol. 5, Issue 2). http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Firmansyah, M. A. (2018). Perilaku Konsumen. https://www.researchgate.net/publication/329587407
Firmansyah, M. F., Maulana, H. Z., Azhari, S. C., & Efendi, M. F. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Customer Satisfaction Pada Minat Berwisata Sub Urban Kota Tasikmalaya : Apakah Promosi Sosial Media Mengubah Minat Generasi Z ? Journal of Tourism and Creativity, 6(1).
Godey, B., Manthiou, A., Pederzoli, D., Rokka, J., Aiello, G., Donvito, R., & Singh, R. (2016). Social media marketing efforts of luxury brands: Influence on brand equity and consumer behavior. Journal of Business Research, 69(12), 5833–5841. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2016.04.181
Haikal Saputra, M. (2024). Instagram dan Fasilitas Dalam Menciptakan Minat Berkunjung Kembali di Kabupaten Sampang. In Maret (Vol. 12, Issue 2).
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2019). Multivariate Data Analysis Eighth Edition. www.cengage.com/highered
Hasniday, Harto, B., Istiono, W., Munawar, Z., Waworontu, A., HApsari, M. T., & Pasaribu, J. S. (2023). Social Media Marketing (S. Pd. Diana Purnama Sari, Ed.; Cetakan Pertama). PT Global Eksekutif Teknologi. https://www.researchgate.net/publication/373718892
Helal, E. A., Hassan, T. H., Abdelmoaty, M. A., Salem, A. E., Saleh, M. I., Helal, M. Y., Abuelnasr, M. S., Mohamoud, Y. A., Abdou, A. H., Radwan, S. H., & Szabo-Alexi, P. (2023a). Exploration or Exploitation of a Neighborhood Destination: The Role of Social Media Content on the Perceived Value and Trust and Revisit Intention among World Cup Football Fans. Journal of Risk and Financial Management, 16(3). https://doi.org/10.3390/jrfm16030210
Helal, E. A., Hassan, T. H., Abdelmoaty, M. A., Salem, A. E., Saleh, M. I., Helal, M. Y., Abuelnasr, M. S., Mohamoud, Y. A., Abdou, A. H., Radwan, S. H., & Szabo-Alexi, P. (2023b). Exploration or Exploitation of a Neighborhood Destination: The Role of Social Media Content on the Perceived Value and Trust and Revisit Intention among World Cup Football Fans. Journal of Risk and Financial Management, 16(3). https://doi.org/10.3390/jrfm16030210
Huu, T. N., Ngoc, H. N., Dai, L. N., Thu, D. N. T., Truc, L. N., & Trong, L. N. (2024). Effect of tourist satisfaction on revisit intention in Can Tho City , Vietnam. Cogent Business & Management, 11(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2024.2322779
Indrasari, M. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan (Cetakan Pertama). Unitomo Press.
Indrawati, M. (2013). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pengunjung Di Kebun Binatang Surabaya. Jurnal NeO-Bis, 7(1).
Irfan, A., & Hasan, S. (2020). The Effect of Destination Image , Service Quality , and Marketing Mix on Tourist Satisfaction and Revisiting Decisions at Tourism Objects. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(8), 727–740.
Kim, S. E., Lee, K. Y., Shin, S. Il, & Yang, S. B. (2017). Effects of tourism information quality in social media on destination image formation: The case of Sina Weibo. Information & Management, 54(6), 687–702. https://doi.org/10.1016/J.IM.2017.02.009
Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Dasar-Dasar Pemasaran.
Kotler, Philip., & Keller, K. Lane. (2012). Marketing management. Prentice Hall.
Lachowicz, M. J., Preacher, K. J., & Kelley, K. (2018). A novel measure of effect size for mediation analysis. Psychological Methods, 23(2), 244–261. https://doi.org/10.1037/met0000165
Li, J., Li, F., & Zhou, X. (2025). The impact of social media on university students’ revisit intention in sports tourism: A hybrid method based on SEM and ANN. PLoS ONE, 20(4 April). https://doi.org/10.1371/journal.pone.0321999
Liang, X., & Furkan, L. M. (2025). The Influence of Social Media in Tourism Marketing Strategy: Side by Side Research in China and Indonesia. Asian Journal of Applied Business and Management, 4(1), 369–380. https://doi.org/10.55927/ajabm.v4i1.87
Lukito, C. S., Santoso, A. B., & Kurniawan, E. (2019). Analysis of support capacity of Kota Lama tourism for the development of cultural tourism in Semarang. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 243(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/243/1/012065
Mandung, F., & Hasan, S. (2023). Buku Referensi Manajemen Pemasaran (Munawir Nasir; Yan Herdianzah, Ed.; Cetakan Pertama).
Mangold, W. G., & Faulds, D. J. (2009). Social media: The new hybrid element of the promotion mix. Business Horizons, 52(4), 357–365. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.03.002
Mas, G., Kirana, S., Mandala Wijaya, B., Made, N., & Aksari, A. (2025). Pemasaran Media Sosial Memoderasi Hubungan Antara Destination Image dan Tourist Satisfaction Terhadap Revisit Intention (Studi pada Wisatawan yang Pernah Berkunjung ke Jimbaran). Jurnal Ilmiah Pariwisata, 21, 1–16. https://doi.org/10.56910/gemawisata.v21i1.427
Maulana, R., Dewi, S. F., & Syaifulloh, M. (2024). Efektivitas promosi melalui media sosial instagram terhadap minat berkunjung wisatawan di Agrowisata Kebun Teh Pagilaran Batang. Journal of Management and Digital Business, 4(1), 132–142. https://doi.org/10.53088/jmdb.v4i1.1104
Maulidiyah, I. A. (2024). Pada Desa Wisata Kabupaten Sampang. In Maret (Vol. 12, Issue 2).
Mauliza, P., Prabowo, A., Aspan, H., Pembangunan, U., Budi, P., Gatot, J. J., Km, S., Sikambing, S., & Medan, K. (n.d.). Analisis Social Media Promotion, Perceived Value, dan Customer Satisfaction Terhadap Revisit Intention Wisatawan Pada Sawah Lukis Binjai.
Muntinga, D. G., Moorman, M., & Smit, E. G. (2011). Introducing COBRAs. International Journal of Advertising, 30(1), 13–46. https://doi.org/10.2501/ija-30-1-013-046
Nurian Afifah, T., Sudiwijaya, E., & Aulia, A. (2022). Utilizing Social Media in Tourism Industry Sustainability Strategy in Indonesia Post COVID-19 Pandemic. Proceedings of the 8th International Conference on Human Interaction & Emerging Technologies (IHIET 2022): Artificial Intelligence & Future Applications, August 22-24, 2022, Nice, France, 68. https://doi.org/10.54941/ahfe1002805
Ogbeibu, S., Jabbour, C. J. C., Gaskin, J., Senadjki, A., & Hughes, M. (2021). Leveraging STARA competencies and green creativity to boost green organisational innovative evidence: A praxis for sustainable development. Business Strategy and the Environment, 30(5), 2421–2440. https://doi.org/10.1002/bse.2754
Peter, J. Paul., & Olson, J. C. (2010). Consumer behavior & marketing strategy. McGraw-Hill Irwin.
Phelps, J. E., Lewis, R., Mobilio, L., Perry, D., & Raman, N. (2004). Viral marketing or electronic word-of-mouth advertising: Examining consumer responses and motivations to pass along email. Journal of Advertising Research, 44(4), 333–348. https://doi.org/10.1017/S0021849904040371
Pratiwi, M. P., & Astuti, B. (2025). Analisis Pengaruh Media Sosial, Keterlibatan Pengunjung dan Pengalaman Pariwisata Yang Berkesan Terhadap Niat Berkunjung Kembali yang Dimediasi oleh Citra Destinasi dan Kepuasan Pengunjung (Studi Pada Objek Wisata di Kabupaten Bantul). Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 9(1), 170. https://doi.org/10.29408/jpek.v9i1.29313
Pratiwi, Z., & Prakosa, A. (2021). Pengaruh Media Sosial, Event Pariwisata, dan Fasilitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Ulang di Sandboarding Gumuk Pasir Parangkusumo. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 11(1), 74. https://doi.org/10.12928/fokus.v11i1.3851
Rahmah, S. M., & Muliawanti, L. (2024). Post-Covid-19 Tourism Recovery and Innovation Methods: Practical Evidence from Indonesia (pp. 489–495). https://doi.org/10.2991/978-2-38476-118-0_56
Rizki, & Fathor AS. (2024). Dampak Sosial Media Marketing, Daya Tarik dan Kepuasan terhadap Minat Berkunjung Kembali di Desa Wisata Kabupaten Bangkalan. 5, 1826. https://doi.org/doi.org/10.47467/elmal.v5i3.802
Rohania Sari, S., & Aguilika, D. (2024). Pengaruh Social Media Marketing Activities dan Perceived value Terhadap Revisit Intention. Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(1).
Sari, F., & Suyuthie, H. (2020). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Berkunjung ke Objek Wisata Green House Lezatta Kabupaten Agam. Jurnal Kajian Pariwisata Dan Bisnis Perhotelan.
Sari, F. F., & Aguilika, D. (2024). The Influence Social Media Marketing And Accesbility On Tourist Revisit Intention at Lon Malang Beach. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 5(2), 5524–5535.
Sarstedt, M., Ringle, C. M., & Hair, J. F. (2021). Partial Least Squares Structural Equation Modeling. In Handbook of Market Research (pp. 1–47). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-05542-8_15-2
Seo, E. J., & Park, J. W. (2018). A study on the effects of social media marketing activities on brand equity and customer response in the airline industry. Journal of Air Transport Management, 66, 36–41. https://doi.org/10.1016/j.jairtraman.2017.09.014
Setiabudhi, H., Suwono, M. A., Yudi, M. S., Setiawan, A., Karim, S., Hardani, P., & Duari, H. (2025). Analisis Data Kuantitatif dengasn SmartPLS 4 (I Putu Hardani Hesti Duari, Ed.; Cetakan Pertama). Borneo Novelty Publishing.
Seyyed amiri, N., & Tajrobehkar, L. (. (2023). Social content marketing, social media and product development process effectiveness in high-tech companies. International Journal of Emerging Markets, 16(1), 75–91.
Sharafuddin, M. A., Madhavan, M., & Wangtueai, S. (2024). Assessing the Effectiveness of Digital Marketing in Enhancing Tourist Experiences and Satisfaction: A Study of Thailand’s Tourism Services. Administrative Sciences, 14(11). https://doi.org/10.3390/admsci14110273
Siyoto, S., & Sodik, A. M. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (Ayup, Ed.; Cetakan 1). Literasi Media Publishing.
Sudarsono, H. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran (Cetakan Pertama). Pustaka Abadi.
Sugiama, A. G., Suhartanto, D., Lu, C. Y., Rediyasa, I. W., Sulaeman, R. P., & Renalda, F. M. (2024). Tourist Satisfaction and Revisit Intention: The Role of Attraction, Accessibility, and Facilities of Water Park Tourism I Wayan Rediyasa. GeoJournal of Tourism and Geosites, 52(1), 257–266. https://doi.org/10.30892/gtg.52125-1202
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Cetakan ke-19). Alfabeta.
Syarif, M., & Fathor, A. S. (. (2023). he Impact of Strategic Experiential Modules (Sems) Dimension on Visitor’s Revisit Intention: A Lesson from The Sunrise Of Java, Indonesia. Quality - Access to Success, 24(193), 100–108.
Tam, L. D., Tuu, H. H., & Cong, L. C. (2024a). The Effect of Social Media Marketing on Tourist Loyalty: a Mediation - Moderation Analysis in the Tourism Sector under the Stimulus-Organism-Response Model. Journal of Tourism and Services, 15(29), 294–319. https://doi.org/10.29036/jots.v15i29.914
Tang, W., Tosun, C., Mohamed, A. E., & Uslu, S. (2024). The Influence of Social Media Usage and Perceived Government Market Orientation on Travel Intention to an Internet Celebrity City: Exploring the Mediating Effects of Place Attachment and Perceived Value. Behavioral Sciences, 14(8). https://doi.org/10.3390/bs14080694
Torabi, Z. A., Shalbafian, A. A., Allam, Z., Ghaderi, Z., Murgante, B., & Khavarian-Garmsir, A. R. (2022). Enhancing Memorable Experiences, Tourist Satisfaction, and Revisit Intention through Smart Tourism Technologies. Sustainability (Switzerland), 14(5). https://doi.org/10.3390/su14052721
Unarto, T., Narasuci, W., Budiarti, L., Wijayanti, R. F., & Evelina, T. Y. (2025). Factors Influencing Revisit Intention: A Study of Tourism in Malang, Indonesia. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 4(8), 1594–1607. https://doi.org/10.55681/sentri.v4i8.4462
Wardani, D. (2025). Materi Pelatihan Pengolahan Data Penelitian dengan SmartPLS.
Wilopo, W., & Nuralam, I. P. (2025). An investigating the influence of social media marketing activities on revisit intention among Indonesian international tourists. Cogent Business and Management, 12(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2024.2440626
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Firnanda Noeria Rizkiana, Deykha Aguilika, M. Ersya Faraby

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.






.png)
