KESULITAN YANG DIHADAPI MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI DALAM MENYELESAIKAN READING SECTION PADA TOEFL
DOI:
https://doi.org/10.32493/eduka.v4i2.3849Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menginvestigasi kesulitan yang dihadapi oleh mahasiswa dalam menyelesaikan soal pada reading section pada TOEFL. Penelitian ini menggunakan design penelitian deskriptif kualitatif dalam upaya untuk mencari tahu kesulitan apa saja yang dihadapi mahasiswa didalam TOEFL khususnya pada reading section. Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi yang mengikuti tes TOEFL pada tanggal 25 Oktober 2019, total subjek adalah 30 mahasiswa. Didalam mengumpulkan data penelitian, peneliti menggunakan soal tes TOEFL yang mengadopsi soal TOEFL dari buku Deborah Philips. Peneliti melakukan analisa secara langsung dari jawaban benar dan jawaban salah mahasiswa pada soal tes tersebut, setelah itu peneliti mengkorfirmasi kesulitan mahasiswa dengan cara melakukan wawancara terhadap mahasiswa yang memiliki jawaban salah dan benar pada soal- soal tertentu untuk mengetahui penyebab kesulitan yang mereka hadapi. Hasil analisis menemukan bahwa mahasiswa menemukan beberapa kesulitan didalam menyelesaikan soal TOEFL pada reading section. Kesulitan tersebut antara lain; (1) Mahasiswa tidak mempunyai cukup kosa kata dalam Bahasa Inggris, (2) mahasiswa merasa mengantuk saat membaca wacana yang panjang, (3) mahasiswa kesulitan mencari ide pokok dalam teks bacaan, (4) mahasiswa kesulitan menemukan informasi yang disampaikan pada teks bacaan.
Kata Kunci: kesulitan, reading section, toefl
References
Al-Rawashdeh, Huda. (2009). Difficulties that Face Graduate Students During their TOEFL Preparation Program at Jordanian Universities. English Language Center, Mutah University.
Collins,H. (2014).Collin English dictionary. Complete & Unabridged 10th edition. Amerika: William Collins Sons & Co. Ltd
Harmer, Jeremy. (2003). How to Teach English. Malaysia: Longman
Philips, Deborah. (2003). Longman Complete Course the TOEFL Test: Preparation for Computer and Paper Test. New York: Pearson Education.
Suyatman & Rachman, Dzul. (2017). Vocabulary Test Strategy Used by The Students to Answer Reading Comprehension in TOEFL. Journal of Linguistics and English Teaching. Vol. 2 No.2. (http://dx.doi.org/10.24903/sj.v2i2.102