ANALISIS KUALITATIF PERMASALAHAN YANG DIHADAPI MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS PAMULANG DALAM MENYELESAIKAN SKRIPSI
DOI:
https://doi.org/10.32493/eduka.v4i2.4262Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi oleh mahasiswa dalam menulis skripsi dan (2) penyebab dari semua permasalahan yang dihadapi oleh mahasiswa dalam menulis skripsi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Dalam rangka memperoleh data yang akurat, maka peneliti sangat teliti dengan tujuan menggali informasi dari informan dan key informan. Teknik analisis data yang digunakan dengan yaitu data reduction, data display dan data conclusion Drawing/Verification. Berdasarkan temuan penelitian, diperoleh data bahwa permasalahan yang dialami mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi adalah faktor internal dan ekstenal dari mahasiswa. Ada banyak sekali permasalahan internal dan eksternal yang dihadapi oleh mahasiswa selama menyelesaikan skripsi. Akan tetapi peneliti disini menyimpulkan, bahwa sebagian besar masalah internal yang terjadi adalah 1) kesulitan dalam penentukan topik atau permasalahan penelitian; 2) kesulitan dalam mengumpulkan dan menganalisis data penelitian; 3) pengalaman dalam menulis karya tulis ilmiah; 4) aktivitas mahasiswa di luar akademik; dan 5) lemahnya manajemen waktu. Sedangkan masalah eksternal yang banyak dialami mahasiswa ketika menyelesaikan skripsi adalah ketersediaan motivasi dari teman sebaya dan relasi antara dosen pembimbing dengan mahasiswa.
Kata Kunci: permasalahan, skripsi, mahasiswa
References
Asmawan, Moh. Chairil. (2016). Analisis Kesulitan Mahasiswa Menyelesaikan Skripsi. Diunduh 5 November 2018 dari journals.ums.ac.id/index.php/jpis/article/download/3331/2178.
Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa
Moleong, Lexy J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, cetakan ke-36, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Offset
Universitas Pamulang. (2018). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Pamulang: Program Studi Pendidikan Ekonomi.