POLA PERILAKU KONSUMSI KARYAWAN YANG BEKERJA DI SEKTOR FORMAL (Studi Pada Wilayah Kecamatan Kebon Jeruk Jakarta Barat)

Authors

  • SYAFAATUL HIDAYATI Pamulang University
  • SAIFUL ANWAR Pamulang University
  • SAEFUL IRHAM Pamulang University

DOI:

https://doi.org/10.32493/eduka.v4i1.3821

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola konsumsi kebutuhan harian karyawan karyawan yang bekerja di sektor formal dari makanan dan non makanan maka peneliti ingin tahu pola konsumsi makanan dan non makanan karyawan  apakah rasional atau irasional studi di Kecamatan Kebun Jeruk Jakarta Barat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan penelitian kualitatif teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara mendalam dengan 5 informan dan 3 key informan dan dokumentasi dengan subjek penelitian ini adalah karyawan yang bekerja di sektor formal di Kecamatan Kebun Jeruk Jakarta Barat. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Model redukasi data, penyajian data, dan verifikasi atau pengambilan kesimpulan. Teknik kebsahan data menggunakan Kredibilitas data yaitu dengan Triangulasi dan Member Checking. Setelah peneliti melakukan proses wawancara, observasi dan dokumentasi dan menghubungkan hasil wawancara dengan teori maka dapat ditarik  kesimpulan bahwa Pola perilaku konsumsi karyawan yang bekerja di sektor formal di Kecamatan Kebun Jeruk Jakarta Barat  dapat disimpulkan bahwa hasilnya adalah rasional  dengan presentase 60% dan tingkat irasional dengan presentase sebesar 40%. Meskipun terdapat beberapa indikator yang masuk kedalam irasional, diantanya adalah pola konsumsi, fashion dan liburan.

Kata Kunci : pola perilaku konsumsi, karyawan

References

Indriani, Lia. (2015). Pengaruh Pendapatan Gaya Hidup Dan Jenis Kelamin Terhadap Tingkat Konsumsi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Susanti, Susi. (2018). Pola perilaku konsumsi santriwati di yayasan khazanah kebajikan. Pamulang. skripsi tidak diterbitkan. Universitas Pamulang.

Suryati, Desi. (2017). Pola Konsumsi Pangan Dan Non Pangan Rumah Tangga Muslim Kaya Dan Rumah Tangga Muslim Miskin Di Kota Bima. Jurnal pendidikan

Machmud, Amir. (2016). Pola dan Prilaku Konsumsi Masyarakat Muslim di Provinsi Jambi Telaah Berdasarkan Tingkat Pendapatan dan Keimanan. Jurnal ekonomi islam

Moleong lexy j. (2017). Metode penelitian kualitatif. Bandung. PT remaja rosdakarya.

Mulyani, Sri. (2015). Pola Konsumsi Non Makanan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yoyakarta. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: FE UNY.

Mankiw, N. Gregory. (2013). Pengantar ekonomi makro. Jakarta: Salemba Empat.

Additional Files

Published

01-02-2019

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.