IMPLEMENTASI CCTV SEBAGAI SECURITY UNTUK WARGA PERUMAHAN ALAM RAYA JURUMUDI RT.001/011 KOTA TANGERANG

Authors

  • Asep Sucipto Indra Sukma Universitas Pamulang
  • Asep Muhammad Junaedi Universitas Pamulang
  • Bayu Gagat Rahino Universitas Pamulang
  • Damar Wicaksono Universitas Pamulang
  • Fathul Ghina Universitas Pamulang
  • Ian Amukti Herlambang Universitas Pamulang
  • Iqbal Ikhsanudin Universitas Pamulang
  • Muhammad Fauzi Aditya Universitas Pamulang
  • Muhammad Rizki Yahya Universitas Pamulang
  • Satria Putra Laksmana Universitas Pamulang
  • Dena Wulandari

Abstract

Perumahan Alam Raya berada di Jl. Jurumudi Daan Mogot Raya Km 19.5, Kota Tangerang. Selama pandemi Covid-19 ini berdampak terhadap perekonomian yang mengakibatkan banyak tindak kejahatan yang terus meningkat. Keamanan merupakan hal yang sangat penting. Sistem pengawasan dan pemantaun di wilayah Perumahan Alam Raya, juga harus ditingkatkan demi menjaga keamanan warga dengan pemasangan kamera pengawas. Seiring perkembangan teknologi, saat ini kita bisa menemukan beragam pilihan kamera pengawas yang telah dibekali dengan teknologi tinggi seperti Internet of Thing, dan memungkinkan kita untuk mengoperasikan, memonitor, hingga mengontrol CCTV melalui perangkat smartphone. Secara umum, CCTV dapat diartikan sebagai perangkat kamera video digital yang digunakan untuk mengirim sinyal ke layar monitor. Setiap kegiatan yang dilakukan yang terpasang kamera pengawas di Perumahan Alam Raya Jurumudi dapat dipantau kapanpun dan dimanapun. Pada umumnya kamera pengawas beroperasi secara terus menerus selama 24 Jam, jika ditempatkan ditempat kosong yang tidak ada aktivitas apapun menjadi tidak efisien. Hal ini menyebabkan penyimpanan terbuang sia-sia.Oleh karenanya kita melilih CCTV yang sudah memiliki sensor gerak, yang bekerja ketika ada objek yang mendekati area tersebut.Kamera pengawas seperti CCTV merupakan hal penting yang berperan sebagai bahan penyidikan ketika terjadi tindakan kriminal, biasanya pelaku tindakan kriminal akan mengurungkan niatnya untuk melakukan sebuah tindakan kriminal, jika sudah mengetahui bahwa tempat atau area tersebut sudah diawasi kamera pengawas.

 

Kata kunci: CCTV, Keamanan, Pengawas, Sensor Gerak

References

Prabowo, Septian Dwi. Analisa Perancangan dan Implementasi CCTV over IP Pada Jaringan Broadband Powerline Communication. E- Proceeding of Engineering. 2015; 2(2) ISSN: 2355-9365.

Rohmadi, A., (2016). Monitoring Cctv Digital Secara Online Melalui Internet & Mobile Phone Pada Jaringan Wireless Lan : Studi Kasus Pada PT. Tiga Sinar. Teknik Informatika, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri (STMIK Nusa Mandiri) 9(1), 21–28

Syahid, Syamsul Sidiq & Santoso Ari. (2017). Rancang Bangun Sistem Monitoring Anak di Tempat Penitipan Anak Menggunakan Kamera CCTV Berbasis Android Prosiding Sentrinov VOL.3

Setyo P, I., Lasarus, & Damastuti. (2015). Sistem Keamanan Berbasis CCTV Dan Penerangan Otomatis Dengan Modifikasi UPS Sebagai Pengganti Sumber Listrik Yang Hemat Dan Tahan Lama e- Jurnal, 1(2), 60-65.

Asror Ibnu, Siradj Yahdi. (2016). esain dan Implementasi Sistem CCTV Menggunakan Cloud Design and Implementation CCTV on Cloud. TELEKONTRAN.

Effendi Lasman, Nitra Ridatu Oca & Fakhriza Muhammad Hilman. (2018). Implementasi Management QOS Bandwidth Untuk CCTV Menggunakan Metode Simple Queue Pada BSI Cibitung. Jurnal Riset Komputer (JURIKOM), Vol. 5 No. No. 6.

Amin Ahmadil. (2018). Monitoring Kamera CCTV Melalui PC dan Smartphone. Jurnal EEICT. 1(2), 13-15.

Widodo Anhar ari, Suratman Dr.-Ing. Fiky Yosef, Halomoan Junartho. (2017). Implementasi Pengolahan Citra Untuk Mengindentifikasi Objek Bergerak Pada Sistem Monitoring. e-Proceeding of Engineering. Vol.4, No.2

http://denucup.web.id/teknik-one-coaxial-camera-html (diakses pada tanggal 2 Januari 2022 pukul_17.47)

https://docplayer.info/46208632-Panduan-cctv-cara-pemasangan-cctv-camera-instalasi-kamera-cctv.html (diakses pada tanggal 2 Januari 2022 pukul_18.58)

Downloads

Published

2022-10-05