PENGENALAN INTERNET SEHAT UNTUK MEMBANGUN GENERASI YANG CERDAS, MODERN DAN RELIGIUS DI ASRAMA YATIM & DHU’AFA YAYASAN SAHABAT YATIM MANDIRI

Authors

  • Putra Reyvaldi Universitas Pamulang
  • Rudi Septian Universitas Pamulang
  • Zaim Alkholis Universitas Pamulang
  • Muhammad Rizki Widyanto Universitas Pamulang
  • Muhammad Aditya Prayoga S Universitas Pamulang
  • Yuyevin Zebua Universitas Pamulang
  • Eka Kristianto Daeli Universitas Pamulang
  • Heru Eko Ajisaputro Universitas Pamulang
  • Rada Rasi Saputri Universitas Pamulang
  • Alifia Fatwa Hakim Universitas Pamulang
  • Sofyan Mufti Prasetiyo Universitas Pamulang

Abstract

Yayasan Sahabat Yatim Mandiri yang beralamat di Jl. Ketapang 3 No 1B RT 006/ RW 006 Kel. Pamulang Barat, Kec. Pamulang, Kab.Tangerang Selatan, merupakan tempat ibadah dan juga melainkan tempat untuk melakukan kegiatan seperti pengajian, santunan yatim piatu, dan kegiatan marawis untuk anak remaja. Untuk itu kegiatan yang kami lakukan di Yayasan Sahabat Yatim Mandiri ini diarahkan pada Perkembangan teknologi informasi membawa sebuah perubahan dalam masyarakat. Lahirnya media sosial menjadikan pola perilaku masyarakat mengalami pergeseran baik budaya, etika dan norma yang ada. Indonesia dengan jumlah penduduk yang besar dengan berbagai kultur suku, ras dan agama yang beraneka ragam memiliki banyak sekali potensi perubahan sosial. Dari berbagai kalangan dan usia hampir semua masyarakat Indonesia memiliki dan menggunakan media sosial sebagai salah satu sarana guna memperoleh dan menyampaikan informasi ke publik. Namun saat ini masyarakat terutama anak-anak kurang mengusai teknologi komputer dengan baik salah satunya adalah Internet serta masyarakat belum memiliki fasilias komputer untuk mengadakan pelatihan komputer Oleh sebab itu dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat di masyarakat sekitar Yayasan Sahabat Yatim Mandiri ini adalah memberikan edukasi dan meningkatkan keterampilan dengan pelatihan terhadap masyarakat khususnya anak-anak dengan rumusan masalah sebagai berikut: apa pengertian media sosial, apa dampak media sosial terhadap masyarakat di Indonesia dan apa pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Dan juga mengenal lebih dalam tentang Internet salah satunya adalah Goggle.

References

Andrianto, R., Waluyo, I. G., Sulaiman, M. M.,

Yulianto, M. A., & Sahlan. (2020). Pelatihan Instalasi Sistem Operasi dan Aplikasi Untuk

Anak-Anak Asuh Yatim Piatu Ibnu Sabil

Tangerang. KOMMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pamulang.

Hartanto, E., Sutikno, D., Adam, A., Mahendra, J. J.,

Maulana, M., Sugandhi, M. R., & Yudha, R.

(2020, may 02). Implementasi Sistem Informasi

Dakwah Dan Organisasi Pada Mushola Al

Hidayah Berbasis Web. Kommas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pamulang, 1.

Mauludin, M. A., Alim, S., & Sari, V. P. (2017, Maret). cerdas dan bijak dalam memanfaatkan media sosial ditengah era literasi dan informasi. Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat, Vol. 6, No. 1, 1-4.

Sulaiman, M. M., Yulianto, M. A., Andrianto, R., Waluyo, I. G., & Sahlan. (2021). Pelatihan

Pembuatan Website Di Pondok Pesantren

Raudhatul Ishlah Ciputat. KOMMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pamulang.

Suryadi, A., Sulaiman, M. M., Yulianto, A. M., Hidayah, N., & Andrianto, R. (2020). Diklat Perancangan Jaringan Small Office Home Office di Smk Pustek Serpong. KOMMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pamulang.

Downloads

Published

2022-10-05