Pelatihan Pemanfaatan Microsoft Powerpoint untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik dan Minat Belajar Siswa SMP Negeri 24 Tanggerang Selatan

Authors

  • Kasih Universitas Pamulang
  • Bodi Santoso Universitas Pamulang
  • Ham Idris Tumenggung Universitas Pamulang

Keywords:

Aplikasi, Microsoft,Motorik, Pembelajaran, dan PowerPoint.

Abstract

Media pembelajaran Microsoft PowerPoint untuk meningkatkan keterampilan motorikdan minat belajar siswa SMP Negeri Tanggerang Selatan merupakan salah satu pelatihan yang akan diberikan kepada para siswa dalam rangka Pengabdian kepada Masyarakat, karena masa remaja awal merupakan masa yang optimal pada masa perkembangannya. Pada masa ini seluruh kemampuan dirinya baik kognitif, fisik motorik, bahasa, sosial, emosional, dan moral, berkembang sangat pesat. Kini dunia pendidikan terus berkembang, perkembangan teknologi ini tidak hanya dirasakan bagi orang tua saja tetapi sudah merambah ke Pendidikan baik formal maupun informal. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah siswa dapat membuat media pembelajaran berbasis PowerPoint, materi Microsoft PowerPoint dapat memberikan skill, menambah wawasan para siswa dan dapat menerapkannya dalam proses pembelajaran, serta untuk mengetahui apakah  pembelajaran Microsoft PowerPoint dapat meningkatkan keterampilan motorik  dan minat belajar siswa di SMP Negeri 24 Tangerang Selatan dalam semua pembelajaran, karena pembelajaran berbasis komputer adalah salah satu bentuk media yang digunakan siswa dan guru untuk mempermudah dalam penyampaian bahan presentasi dan materi pembelajaran.  Subjek pada pelatihan merupakan siswa kelas 7 SMP Negeri 24 Tangerang Selatan sebanyak 20 anak. Sebagai langkah awal metode kegiatan yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini meliputi survey dan wawancara dengan siswa meliputi observasi, pengumpulan data yang berhubungan dengan pembelajaran/ pengaplikasian, serta studi pustaka sebagai dasar untuk memperoleh referensi yang baik agar pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Dengan adanya pengabdian kepada masyarakat ini melalui pelatihan pembelajaran Microsoft PowerPoint dapat dijadikan media yang menarik dan menyenangkan dalam meningkatkan keterampilan motorik dan minat belajar para siswa, sehingga dapat menstimulus perkembangan siswa serta dapat mengembangkan kemampuan berpikir siswa.

References

Alliger, Goerge M., dan Janak, Elizabeth. 2001. “Kirkpatrick’s Levels of Training Criteria : Thirty Years Later”, Personnel Psychology.

Ardiansah. 2019. Pelatihan pembuatan media pembelajaran interaktif berbasis powerpoint bagi tenaga pendidik paud himpaudi kecamatan gabek kota pangkalpinang. Jurnal. Pengabdian pada masyarakat Universitas Bangka Belitung. Vol.6(1). Hlm. 20

Azizah, Annafi’ Nurul Ilmi. 2023. Melatih Kemampuan Motorik Halus dan Kasar Anak Usia Dini (teori dan praktik). Surakarta:Tahta Media Group.

Dimyati dan Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Falahudin. 2014. Pemanfaatan media dalam pembelajaran. Jurnal lingkar widyaiswara.vol.1(4). Hlm. 114-116.

Mutohir, T. C., & Gusril. 2004. Perkembangan Motorik pada Masa Anak-anak. Jakarta. Debdikbud RI.

Nurhidayati, N., Asrori, I., Ahsanuddin, M., & Dariyadi, M. W. 2019. No Title Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Dan Pemanfaatan Aplikasi Android Untuk Guru Bahasa Arab. Jurnal Karinov, 2(3), 181–184.

Setiawan, B., & Purnomo, E.2016. Pelatihan media pembelajaran multimedia dengan powerpoint dan wondershare untuk pengembangan soft skills siswabagi guru SD &TK1. Warta LPM, 19(1), 64–73.

Sugihartono, dkk. 2013. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Rohendi, T. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 32-41.

Rusli, Muhammad, Edy Winarso, and Darani Putri. 2020. “Pelatihan Microsoft PowerPoint Dasar Bagi Guru Guru Paud Kabupaten Bekasi.” Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat.

Published

2024-04-30