Analisis Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus pada Sekolah Tenis Jakarta International Tennis Academy (JITA)).
DOI:
https://doi.org/10.32493/JEE.v2i1.3502Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan dan strategi yang lebih baik dalam upaya meningkatkan kepuasan pelanggan.
Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif yang dipadukan dengan analisis deskriptif, analisis data menggunakan analisis IPA & CSI dan analisis SWOT.
Hasil penelitin didapat kondisi pelayanan Sekolah Tenis Jakarta International Tennis Academy (JITA) saat ini dapat diketahui bahwa skor nilai harapan pelanggan lebih besar dari kinerja atau kenyataan yang terima pelanggan. Skor tersebut adalah 4,49 untuk harapan dan 4,09 untuk kinerja/kenyataan. Sehingga secara umum kualitas pelayanan pada Sekolah Tenis Jakarta International Tennis Academy (JITA) belum memberikan kepuasan secara optimal kepada pelanggan. Karena skor nilai harapan masih lebih besar dari skor nilai kinerja/kenyataan yang diterima pelanggan. Adapun nilai CSI sebesar 81,75 %. Sesuai dengan kriteria indeks CSI Aritonang (2005), angka ini menggambarkan pelanggan merasa sangat puas atas kualitas pelayanan yang diberikan oleh Sekolah Tenis Jakarta International Tennis Academy (JITA). Tentunya ini menjadi motivasi bagi JITA, sebagai perusahaan jasa pelatihan tenis lapangan untuk terus dapat meningkatkan kinerjanya sehingga pelanggan akan merasa lebih puas dan dapat meningkatkan nilai index kepuasan pelanggannya agar mendekati atau sama dengan nilai 100%.
Kata Kunci : Strategi, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).