PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN HANDPHONE MERK VIVO DI WILAYAH TANGERANG SELATAN

Authors

  • H Hastono Universitas Pamulang
  • Triyadi Triyadi Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/JEE.v2i3.6800

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan promosi terhadap minat beli Konsumen Handphone Merk VIVO di Wilayah Tangerang Selatan. Metode yang digunakan adalah explanatory research dengan teknik analisis menggunakan analisis statistik dengan pengujian regresi, korelasi, determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini harga berpengaruh signifikan terhadap minat beli sebesar 41,8%, uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (8,208 > 1,986). Promosi berpengaruh signifikan terhadap minat beli sebesar 43,2%, uji  hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (8,457 > 1,986). Harga dan promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat beli dengan persamaan regresi Y = 9,672 + 0,362X1 + 0,405X2 dan kontribusi pengaruh sebesar 52,4%, uji hipotesis diperoleh F hitung > F tabel atau (51,264 > 2,700).

 

Kata Kunci: Harga, Promosi, Minat Beli.

References

Algifari (2015). Analisis Regresi untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: BPFE.

Basu Swastha Dharmmesta. (2016). Manajemen Pemasaran. BPFE: Yogyakarta. Buchari Alma. 2014. Manajemen pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi.

Bilson Simamora (2016) Panduan Riset Prilaku Konsumen, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Imam Ghozali (2017). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi Kelima. Semarang: Badan Penerbit Undip.

Irawan, Handi, (2016), Prinsip-Prinsip Kepuasan Pelanggan, Jakarta: PT. Alex Media Komputindo.

Istijanto (2014) Riset Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka

Kotler dan Keller. (2007). Manajemen Pemasaran. (Edisi 12). Jakarta: PT. Indeks.

Lukiastuti, Fitri, et.al (2020). The Influence of Entrepreneur’s Personal Characteristics on SMES Performance Mediated by Entrepreneurial Orientation. International Journal of Psychosocial Rehabilitation. Volume 24 - Issue 8

Peraturan Menteri Perindustrian No. 65 tahun 2016 tentang ketentuan dan tata cara penghitungan nilai tingkat komponen dalam negeri produk telepon seluler, komputer genggam (Handheld), dan komputer tablet.

Purwanti, P., Sarwani, S., & Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Inovasi Produk Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada PT. Unilever Indonesia. Inovasi, 7(1), 24-31.

Rao Purba, (2012). Measuring Consumer Perceptions Through Factor Analysis, The Asian.

Singgih Santoso (2015). Menguasai Statistik Multivariat. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sudjana (2014) Metode Statistika, Bandung: Tarsido.

Sugiyono (2017), Metode Penelitian Administrasi : dilengkapi dengan Metode R & D, Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Sunarsi, D. (2018). Pengembangan Sumber Daya Manusia Strategik & Karakterisrik Sistem Pendukungnya : Sebuah Tinjauan. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(3), 178 - 194.

Sunarsi, D., & Baharuddin, A. (2019). The Effect of Service Quality and Price Accuracy on Consumer Confidence and Implications for Sales Increase. PINISI Discretion Review, 3(2), 101-110.

Downloads

Published

2020-09-08

How to Cite

Hastono, H., & Triyadi, T. (2020). PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN HANDPHONE MERK VIVO DI WILAYAH TANGERANG SELATAN. Jurnal Ekonomi Efektif, 2(3). https://doi.org/10.32493/JEE.v2i3.6800

Issue

Section

Jurnal Ekonomi Efektif