PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA ALFAMART RODA HIAS SERPONG
DOI:
https://doi.org/10.32493/JEE.v2i1.3512Abstract
ABSTRAK
Masih terdapat keluhan konsumen yang komplain setiap bulannya terjadi peningkatan, dikarenakan adanya faktor-faktor yang mempengaruhi banyaknya komplain konsumen pada setiap bulannya. Jika dilihat dari jenis komplain maka komplain yang terbanyak ialah pada “proses penempatan barang yang kurang rapih†sehingga pelayanan yang diberikan masih kurang maksimal dan menyebabkan kepuasan konsumen ikut menurun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuipengaru kualitas pelayanan dan promosibaik secara parsial ataupun simultan terhadap kepuasan konsumen.
Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik dan regresi linear berganda, sedangkan populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berbelanja sedangkan jumlah sampel ialah sebanyak 100 Konsumen.
Dari hasil penelitian maka Terdapati pengaruhi yang positifii dan signifikani antara kualitas pelayanaani terhadap kepuasan konsumeen, Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara promosii terhadap kepuasan konsumen, Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan antara Kualitas Pelayanan i dan Promosi i terhadap Kepuasan Konsumen.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Promosi, dan Kepuasan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).