PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA ALFAMART RODA HIAS SERPONG

Authors

  • Nurmin Arianto Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/JEE.v2i1.3512

Abstract

ABSTRAK

 

Masih terdapat keluhan konsumen yang komplain setiap bulannya terjadi peningkatan, dikarenakan adanya faktor-faktor yang mempengaruhi banyaknya komplain konsumen pada setiap bulannya. Jika dilihat dari jenis komplain maka komplain yang terbanyak ialah pada “proses penempatan barang yang kurang rapih†sehingga pelayanan yang diberikan masih kurang maksimal dan menyebabkan kepuasan konsumen ikut menurun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuipengaru kualitas pelayanan dan promosibaik secara parsial ataupun simultan terhadap kepuasan konsumen.

Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik dan regresi linear berganda, sedangkan populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berbelanja sedangkan jumlah sampel ialah sebanyak 100 Konsumen.

Dari hasil penelitian maka Terdapati pengaruhi yang positifii dan signifikani antara kualitas pelayanaani terhadap kepuasan konsumeen, Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara promosii terhadap kepuasan konsumen, Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan antara Kualitas Pelayanan i dan Promosi i terhadap Kepuasan Konsumen.

 

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Promosi, dan Kepuasan

Downloads

Published

2019-10-29

How to Cite

Arianto, N. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA ALFAMART RODA HIAS SERPONG. Jurnal Ekonomi Efektif, 2(1). https://doi.org/10.32493/JEE.v2i1.3512