Meninjau Kepuasan Pelanggan melalui Promosi dan Kualitas Pelayanan serta Implikasinya terhadap Loyalitas Pelanggan pada Optik Putra Jaya
DOI:
https://doi.org/10.32493/JEE.v6i3.39703Abstract
Kepuasan pelanggan merupakan ukuran baik buruknya produk baik promosi ataupun pelayanan dalam memenuhi harapan pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas baik secara langsung ataupun tidak langsung, metode penelitian yang digunakan adalah asosiatif dengan menggunakan path analisis dan jumlah sampel sebanyak 83 responden. Berdasarkan hasil penelitian maka diketahui semua variabel memiliki pengaruh baik secara langsung atau tidak langsung dari setiap variabel dan diperoleh bahwa pengaruh tertinggi yaitu kualitas pelayanan terhadap kepuasan memiliki pengaruh yang tertinggi, hal ini juga diperkuat dengan hasil pengujian secara tidak langsung bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh tidak langsung terhadap loyalitas, sehingga membuktikan bahwa semakin baik kualitas pelayanan yang diberikan akan semakin tinggi tingkat kepuasan pelanggan yang berdampak pada tingginya loyalitas pelanggan.
References
Arianto, N., & Kurniawan, F. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Loyalitas dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Home Industri Produk Pakaian Sablon & Bordir). Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 254-268.
Arianto, N., & Nirwana, Y. K. (2021). Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Nasabah Simpanan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen dan Bisnis Equilibrium, 7(2), 179-192.
Kurniyawati, E., & Anggadha, F. (2024). Pengaruh Kualitas Layanan dan Penanganan Keluhan terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus BPRS Suriyah Cabang Salatiga). Jurnal BAABU AL-ILMI: Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 5(2), 142-152.
Larasati, R., Supinardi, B., & Fadhilah, M. (2024). Analisis Kualitas Pelayanan dan Pengaruhnya terhadap Loyalitas Pelanggan: Studi Kasus pada PT Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Sleman. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(2), 585-594.
Leo, D., Arifin, A., & Aripin, S. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Lansia di Poli Lansia UPTD Puskesmas Emparu Kabupaten Sintang. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(2), 2508-2517.
Nurmin Arianto, Munarsih Desma Simatupang. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko Alfamart Cabang Setiabudi Pamulang”. KREATIF : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, vol. 10, no. 1, June 2022, pp. 78-96, doi:10.32493/jk.v10i1.y2022.p%p.
Pangesti, E. N., Resmi, S., & Utami, A. M. (2024). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Gunungkidul. Cakrawangsa Bisnis: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 5(1), 16-26.
Rahmawati, P. D., & Wahyuningsih, T. H. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Destinasi, dan Promosi terhadap Kepuasan Pengunjung Monumen Yogya Kembali. Cakrawangsa Bisnis: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 5(1), 72-82.
Sudibyo, S., & Kirana, D. I. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Di Shopee Area Tembalang. Journal of Management, 10(1).
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV
Syafitri, A., & Sugiyanto, S. (2024). Pengaruh Nilai Yang Dirasakan Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Produk Scientific. Jurnal Valtech, 7(2), 283-289.
Yuliati, R., Hidayati, N., & Asiyah, S. (2024). Membangun Loyalitas Pelanggan: Peran Kepuasan dalam Menghubungkan Kualitas Produk dan Promosi. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 9(1), 214-228.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nurmin Arianto, Lia Asmalah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).