Meninjau Kepuasan Pelanggan melalui Promosi dan Kualitas Pelayanan serta Implikasinya terhadap Loyalitas Pelanggan pada Optik Putra Jaya

Authors

  • Nurmin Arianto Universitas Pamulang
  • Lia Asmalah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/JEE.v6i3.39703

Abstract

Kepuasan pelanggan merupakan ukuran baik buruknya produk baik  promosi ataupun pelayanan dalam memenuhi harapan pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas baik secara langsung ataupun tidak langsung, metode penelitian yang digunakan adalah asosiatif dengan menggunakan path analisis dan jumlah sampel sebanyak 83 responden. Berdasarkan hasil penelitian maka diketahui semua variabel memiliki pengaruh baik secara langsung atau tidak langsung dari setiap variabel dan diperoleh bahwa pengaruh tertinggi yaitu kualitas pelayanan terhadap kepuasan memiliki pengaruh yang tertinggi, hal ini juga diperkuat dengan hasil pengujian secara tidak langsung bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh tidak langsung terhadap loyalitas, sehingga membuktikan bahwa semakin baik kualitas pelayanan yang diberikan akan semakin tinggi tingkat kepuasan pelanggan yang berdampak pada tingginya loyalitas pelanggan.

References

Arianto, N., & Kurniawan, F. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Loyalitas dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Home Industri Produk Pakaian Sablon & Bordir). Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 254-268.

Arianto, N., & Nirwana, Y. K. (2021). Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Nasabah Simpanan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen dan Bisnis Equilibrium, 7(2), 179-192.

Kurniyawati, E., & Anggadha, F. (2024). Pengaruh Kualitas Layanan dan Penanganan Keluhan terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus BPRS Suriyah Cabang Salatiga). Jurnal BAABU AL-ILMI: Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 5(2), 142-152.

Larasati, R., Supinardi, B., & Fadhilah, M. (2024). Analisis Kualitas Pelayanan dan Pengaruhnya terhadap Loyalitas Pelanggan: Studi Kasus pada PT Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Sleman. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(2), 585-594.

Leo, D., Arifin, A., & Aripin, S. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Lansia di Poli Lansia UPTD Puskesmas Emparu Kabupaten Sintang. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(2), 2508-2517.

Nurmin Arianto, Munarsih Desma Simatupang. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko Alfamart Cabang Setiabudi Pamulang”. KREATIF : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, vol. 10, no. 1, June 2022, pp. 78-96, doi:10.32493/jk.v10i1.y2022.p%p.

Pangesti, E. N., Resmi, S., & Utami, A. M. (2024). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Gunungkidul. Cakrawangsa Bisnis: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 5(1), 16-26.

Rahmawati, P. D., & Wahyuningsih, T. H. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Destinasi, dan Promosi terhadap Kepuasan Pengunjung Monumen Yogya Kembali. Cakrawangsa Bisnis: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 5(1), 72-82.

Sudibyo, S., & Kirana, D. I. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Di Shopee Area Tembalang. Journal of Management, 10(1).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV

Syafitri, A., & Sugiyanto, S. (2024). Pengaruh Nilai Yang Dirasakan Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Produk Scientific. Jurnal Valtech, 7(2), 283-289.

Yuliati, R., Hidayati, N., & Asiyah, S. (2024). Membangun Loyalitas Pelanggan: Peran Kepuasan dalam Menghubungkan Kualitas Produk dan Promosi. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 9(1), 214-228.

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Arianto, N., & Asmalah, L. (2024). Meninjau Kepuasan Pelanggan melalui Promosi dan Kualitas Pelayanan serta Implikasinya terhadap Loyalitas Pelanggan pada Optik Putra Jaya. Jurnal Ekonomi Efektif, 6(3), 507–512. https://doi.org/10.32493/JEE.v6i3.39703