Dampak Persepsi Risiko Transaksi dan Kepercayaan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Skincare Halal di Marketplace Indonesia: Studi Komparatif Generasi Z dan Milenial (Pendekatan Studi Literatur)

Authors

  • Nur Rahmada Safitri Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang
  • Sandrina Windi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang
  • Titin Puji Lestari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/fb.v7i2.2025.82-87.55119

Keywords:

Persepsi Risiko; Kepercayaan Konsumen; Keputusan Pembelian; Skincare Halal; Marketplace; Generasi Z; Milenial.

Abstract

Perkembangan industri skincare halal di Indonesia menunjukkan peningkatan signifikan seiring dengan meningkatnya minat konsumen terhadap produk yang aman, berkualitas, dan sesuai dengan nilai-nilai kehalalan. Penelitian ini bertujuan menganalisis dampak persepsi risiko transaksi dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian skincare halal di marketplace Indonesia dengan pendekatan studi literatur. Analisis dilakukan terhadap berbagai jurnal terbitan 2019–2025 yang membahas persepsi risiko, kepercayaan, keputusan pembelian, serta perbedaan preferensi antara Generasi Z dan Milenial. Hasil kajian menunjukkan bahwa persepsi risiko seperti ketidaksesuaian produk, kekhawatiran keaslian, dan keamanan transaksi cenderung menurunkan minat beli konsumen. Sebaliknya, kepercayaan terhadap brand halal maupun platform marketplace menjadi faktor dominan yang meningkatkan keputusan pembelian. Literatur juga memperlihatkan adanya perbedaan pola pembelian antara Generasi Z dan Milenial, di mana Generasi Z lebih cepat mengambil keputusan dan memiliki kepercayaan lebih tinggi terhadap brand halal, sedangkan Milenial lebih berhati- hati dan mempertimbangkan informasi sebelum membeli. Secara keseluruhan, keputusan pembelian skincare halal terbentuk dari hubungan antara tingkat risiko yang dirasakan, kepercayaan konsumen, dan karakteristik generasi.
Kata Kunci: Persepsi Risiko, Kepercayaan Konsumen, Keputusan Pembelian, Skincare Halal, Marketplace, Generasi Z, Milenial.

References

Amarullah, D., Handriana, T., Maharudin, A., & Airlangga, U. (2022). Ewom Credibility , Trust , Perceived Risk , And Purchase Intention In The Context Of E-Commerce : Moderating Role. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Kewirausahaan (JEBIK), 11(1), 61–83.

Andrian, A., & Selamat, F. (2022). The Influence o f Consumer ’ s Perceived Risk on Consumer ’ s Online Purchase Intention in Indonesia. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 655(Ticash 2021), 669–676.

Arikunto, S. (2021). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik (Edisi Revisi). Rineka Cipta.

Fadhilah, R. N., & Johan, I. R. (2025). Understanding How Risk Perception And Beauty Lifestyle Shape Skincare Purchase Decisions In In E-Commerce. Journal of Social Science and Human Ecology, 1, 23–34.

Firlyani, R. A., & Millanyani, H. (2023). The Impact Of Utilitarian , Hedonic , And Social Value On Purchase Intention Through Customer Trust In Live Streaming : A Study Of Wardah Beauty Products On Tiktok. International Journal of Sciene, Technology & Management, 636–643.

Helmi, A., Suherman, Y., & Arief, W. O. Z. (2025). Online shopping styles of Millennials and Generation Z : Evidence from Indonesia. Business Perspectives. https://doi.org/10.21511/im.21(2).2025.11

Immanuel, A., & Tjahyono, S. (2024). The Influence of Trust , in Mediating Perceived of Risk , and Web Quality on Purchasing Decisions ” ( Study on Student Users of Online Shopping ( Shopee ) at Udinus. Journal of Economic Education, 12(1), 1–11.

Intan, V., & Widyasari, S. (2024). Pengaruh Kepercayaan Merek , Brand Ambassador dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi pada Konsumen Produk Kosmetik Wardah di Kota Semarang ). Jurnal Ekonomi Ilmu Sosial, 9(September), 250–261.

Kurniasih, D., Haryadi, D., & Wahyudi, W. (2023). Enrichment : Journal of Management An empirical study in building brand loyalty in wardah cosmetics. Enrichment: Journal of Management, 12(6).

Murdiana, R., Abdinagoro, S. B., Setiawati, S., & Lestari, A. (2023). Online Shopping Culture and Internet Generation Consumer Behavior in Indonesia. International Students Conference on Business, Education, Economics, Accounting, and Management.

Nurcahyono, & Hanifah, A. (2023). Determinant of Intention to Purchase Halal Cosmetics : A Millennial and Z Generation Perspective. IJIBE (International Journal of Islamic Business Ethics), 8(1), 12–25.

Putri, E. M., & Qurniawati, R. S. (2024). Generasi Z dan Kecintaan Mereka Pada Merek Kosmetik Halal Erlina Meidiana Putri, Rina Sari Qurniawati 1,2 STIE AMA Salatiga. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(25), 312–325.

Rosalinda. (2023). Pengaruh Online Customer Review Dan Motivasi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Wardah Di Tiktok Shop ( Pada Orang Muda Katolik Paroki Aek Kanopan ) Skripsi Oleh : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Medan Area Meda. In Universitas Medan Area.

Salim, M., Suthia, R., Agustintia, D., Annisa, R., & Iqbal, M. Y. (2023). The Effect of Trust , Perceived Risk and E-Service Quality on the Intention to Purchase of E-Commerce Consumers in Indonesia. Journal of Madani Society 2, 2(April), 53–66.

Senalasari, W., Maulidani, R. N., & Setiawati, L. (2025). From Reviews to Purchase Intention : The Interplay of Customer Review , Influencer Review , and Trust in Indonesian Skincare Products. Journal of Marketing Innovation (1), 1, 66–82.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Downloads

Published

2025-12-14

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.