Implementasi Teori Bauran Pemasaran dalam Usaha Jasa Keagenan Kapal di Banyuwangi pada Era Digital Marketing

Authors

  • Fandi Ahmad Akademi Kelautan Banyuwangi
  • Saiful Rohman Akademi Kelautan Banyuwangi

DOI:

https://doi.org/10.32493/fb.v7i1.2025.9-17.49130

Keywords:

Pemasaran Jasa keagenan; Kunjungan Kapal; Jumlah Perusahaan Keagenan

Abstract

Layanan Jasa Keagenan kapal sesuai dengan Permenhub No. 59 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Usaha Jasa Terkait dengan Angkutan di Perairan adalah kegiatan usaha jasa untuk mengurus kepentingan Kapal perusahaan angkutan laut asing dan/atau Kapal perusahaan angkutan laut nasional selama berada di Indonesia. Selayaknya kegiatan usaha lainnya pasti membutuhkan sistem pemasaran. Melihat kondisi pelabuhan Tanjungwangi Banyuwangi beserta dengan komoditi yang masuk dan keluar dari pelabuhan ini harus ada strategi pemasaran oleh perusahaan keagenan yang berkegiatan di lingkungan pelabuhan Tanjungwangi Banyuwangi. Jumlah perusahaan keagenan belum sebading dengan jumlah kapal yang masuk dan keluar pelabuhan Tanjungwangi-Banyuwangi. Dalam kondisi ini penerapan strategi pemasaran dengan pola 4P. Menurut Peran Simanihuruk, dkk dalam Memahami Perilaku Konsumen (2023), marketing mix 7P adalah strategi yang dirancang untuk meningkatkan minat konsumen terhadap produk/jasa yang ditawarkan. product, price, promotion, place, people, process, dan physical evidence komponen pemasaran ini perlu dikemas dengan baik dengan mode digital yang berkembang saat ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 90% perusahaan keagenan belum menerapkan teori bauran pemasaran 7P, terlebih dengan mode digital marketing. Beberapa perusahaan memiliki sistem pemasaran digital namun masih tergantung dengan kantor pusat masing-masing. Diharapkan ada sinergi yang baik antara badan usaha pelabuhan selaku penyedia fasilitas dengan pengguna jasa dalam hal ini perusahaan keagenan kapal untuk melakukan digital marketing secara lebih massiv untuk meningkatkan jumlah kunjungan kapal di Pelabuhan Tanjungwangi-Banyuwangi.

References

Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital marketing (7th ed.). Pearson Education Limited.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.). SAGE Publications.

Handayani, R., Santosa, B., & Wibowo, A. (2022). Peran Digital Marketing dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha Jasa Keagenan Kapal di Indonesia. Jurnal Manajemen Maritim, 11(2), 87–98. https://doi.org/10.1234/jmm.v11i2.2022

Hidayat, R. (2023). Manajemen Proses Operasional Jasa Keagenan Kapal: Studi pada Pelabuhan Lokal di Indonesia. Jurnal Manajemen Maritim, 12(2), 88–101. https://doi.org/10.1234/jmm.v12i2.2023

Kallio, H., Pietilä, A. M., Johnson, M., & Kangasniemi, M. (2016). Systematic methodological review: Developing a framework for a qualitative semi‐structured interview guide. Journal of Advanced Nursing, 72(12), 2954–2965. https://doi.org/10.1111/jan.13031

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Pearson Education.

Kurniawan, D., & Lestari, M. (2024). Transformasi Peran Jasa Keagenan Kapal dalam Mendukung Ekosistem Maritim Berbasis Inovasi. Jurnal Ekonomi Maritim dan Inovasi, 7(1), 22–35. https://doi.org/10.5678/ jemi.v7i1.2024

Lovelock, C., & Wirtz, J. (2016). Services marketing: People, technology, strategy (8th ed.). World Scientific.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.

Mulyana, A. (2023). Analisis Strategi Bertahan Usaha Keagenan Kapal pada Pelabuhan Skala Menengah di Tengah Stagnasi Volume Kapal. Jurnal Ekonomi dan Maritim, 15(1), 45–59. https://doi.org/10.5678/jem.v15i1.2023

Nowell, L. S., Norris, J. M., White, D. E., & Moules, N. J. (2017). Thematic analysis: Striving to meet the trustworthiness criteria. International Journal of Qualitative Methods, 16(1), 1–13. https://doi.org/10.1177/ 1609406917733847

Nurholis, V., Satriyo, G., Istiari, N. R., & Ahmad, F. (2024). Proses Kegiatan Bunker Pada Kapal Kmp Mutiara Persada III Oleh Pt Atosim Lampung Pelayaran Cabang Banyuwangi. Jurnal Kemaritiman dan Transportasi, 6(1).

Palinkas, L. A., Horwitz, S. M., Green, C. A., Wisdom, J. P., Duan, N., & Hoagwood, K. (2015). Purposeful sampling for qualitative data collection and analysis in mixed method implement-tation research. Administration and Policy in Mental Health and Mental Health Services Research, 42, 533–544. https://doi.org/10.1007/s10488-013-0528-y

Patton, M. Q. (2002). Qualitative research and evaluation methods (3rd ed.). SAGE Publications.

Pranoto, H., & Yuliana, S. (2023). Efisiensi Operasional sebagai Strategi Kompetitif dalam Jasa Keagenan Kapal di Pelabuhan Lokal. Jurnal Transportasi dan Logistik, 9(3), 112–126. https://doi.org/10.7890/ jtl.v9i3.2023

Rahmawati, S., & Putra, Y. A. (2023). Visual Branding dan Service Packaging dalam Industri Jasa Kepelabuhanan. Jurnal Pemasaran dan Layanan Maritim, 5(3), 105–117. https://doi.org/ 10.7890/ jplm.v5i3.2023

Sari, D. A., & Nugroho, H. (2023). Kompetensi Digital dan Strategi Komunikasi dalam Diferensiasi Jasa Keagenan Kapal. Jurnal SDM dan Teknologi Maritim, 6(4), 59–72. https://doi.org/ 10.9101/jsdtm.v6i4.2023

Satriyo, G., & Khoiruman, M. A. (2024). Strategi Pemasaran Inovatif dalam Pengelolaan Sumber Daya Manusia untuk Meningkatkan Kinerja Organisasi dan Pemasaran Di Era Digital. Growth, 22(1), 137-151.

Simanihuruk, R., Sipayung, D. A., & Lumbanraja, L. (2023). Strategi pemasaran jasa berbasis bauran pemasaran 7P pada era digital. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 23(1), 112–125.

Widodo, B., Supriyanto, & Anggraeni, M. (2022). Efisiensi Operasional dan Peran Teknologi dalam Layanan Keagenan Kapal. Jurnal Transportasi dan Logistik, 9(1), 33–47. https://doi.org/10.7890/jtl.v9i1.2022

Downloads

Published

2025-05-24

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.