Implementasi Teori Bauran Pemasaran dalam Usaha Jasa Keagenan Kapal di Banyuwangi pada Era Digital Marketing
DOI:
https://doi.org/10.32493/fb.v7i1.2025.9-17.49130Keywords:
Pemasaran Jasa keagenan; Kunjungan Kapal; Jumlah Perusahaan KeagenanAbstract
Layanan Jasa Keagenan kapal sesuai dengan Permenhub No. 59 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Usaha Jasa Terkait dengan Angkutan di Perairan adalah kegiatan usaha jasa untuk mengurus kepentingan Kapal perusahaan angkutan laut asing dan/atau Kapal perusahaan angkutan laut nasional selama berada di Indonesia. Selayaknya kegiatan usaha lainnya pasti membutuhkan sistem pemasaran. Melihat kondisi pelabuhan Tanjungwangi Banyuwangi beserta dengan komoditi yang masuk dan keluar dari pelabuhan ini harus ada strategi pemasaran oleh perusahaan keagenan yang berkegiatan di lingkungan pelabuhan Tanjungwangi Banyuwangi. Jumlah perusahaan keagenan belum sebading dengan jumlah kapal yang masuk dan keluar pelabuhan Tanjungwangi-Banyuwangi. Dalam kondisi ini penerapan strategi pemasaran dengan pola 4P. Menurut Peran Simanihuruk, dkk dalam Memahami Perilaku Konsumen (2023), marketing mix 7P adalah strategi yang dirancang untuk meningkatkan minat konsumen terhadap produk/jasa yang ditawarkan. product, price, promotion, place, people, process, dan physical evidence komponen pemasaran ini perlu dikemas dengan baik dengan mode digital yang berkembang saat ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 90% perusahaan keagenan belum menerapkan teori bauran pemasaran 7P, terlebih dengan mode digital marketing. Beberapa perusahaan memiliki sistem pemasaran digital namun masih tergantung dengan kantor pusat masing-masing. Diharapkan ada sinergi yang baik antara badan usaha pelabuhan selaku penyedia fasilitas dengan pengguna jasa dalam hal ini perusahaan keagenan kapal untuk melakukan digital marketing secara lebih massiv untuk meningkatkan jumlah kunjungan kapal di Pelabuhan Tanjungwangi-Banyuwangi.
References
Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital marketing (7th ed.). Pearson Education Limited.
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.). SAGE Publications.
Handayani, R., Santosa, B., & Wibowo, A. (2022). Peran Digital Marketing dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha Jasa Keagenan Kapal di Indonesia. Jurnal Manajemen Maritim, 11(2), 87–98. https://doi.org/10.1234/jmm.v11i2.2022
Hidayat, R. (2023). Manajemen Proses Operasional Jasa Keagenan Kapal: Studi pada Pelabuhan Lokal di Indonesia. Jurnal Manajemen Maritim, 12(2), 88–101. https://doi.org/10.1234/jmm.v12i2.2023
Kallio, H., Pietilä, A. M., Johnson, M., & Kangasniemi, M. (2016). Systematic methodological review: Developing a framework for a qualitative semi‐structured interview guide. Journal of Advanced Nursing, 72(12), 2954–2965. https://doi.org/10.1111/jan.13031
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Pearson Education.
Kurniawan, D., & Lestari, M. (2024). Transformasi Peran Jasa Keagenan Kapal dalam Mendukung Ekosistem Maritim Berbasis Inovasi. Jurnal Ekonomi Maritim dan Inovasi, 7(1), 22–35. https://doi.org/10.5678/ jemi.v7i1.2024
Lovelock, C., & Wirtz, J. (2016). Services marketing: People, technology, strategy (8th ed.). World Scientific.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.
Mulyana, A. (2023). Analisis Strategi Bertahan Usaha Keagenan Kapal pada Pelabuhan Skala Menengah di Tengah Stagnasi Volume Kapal. Jurnal Ekonomi dan Maritim, 15(1), 45–59. https://doi.org/10.5678/jem.v15i1.2023
Nowell, L. S., Norris, J. M., White, D. E., & Moules, N. J. (2017). Thematic analysis: Striving to meet the trustworthiness criteria. International Journal of Qualitative Methods, 16(1), 1–13. https://doi.org/10.1177/ 1609406917733847
Nurholis, V., Satriyo, G., Istiari, N. R., & Ahmad, F. (2024). Proses Kegiatan Bunker Pada Kapal Kmp Mutiara Persada III Oleh Pt Atosim Lampung Pelayaran Cabang Banyuwangi. Jurnal Kemaritiman dan Transportasi, 6(1).
Palinkas, L. A., Horwitz, S. M., Green, C. A., Wisdom, J. P., Duan, N., & Hoagwood, K. (2015). Purposeful sampling for qualitative data collection and analysis in mixed method implement-tation research. Administration and Policy in Mental Health and Mental Health Services Research, 42, 533–544. https://doi.org/10.1007/s10488-013-0528-y
Patton, M. Q. (2002). Qualitative research and evaluation methods (3rd ed.). SAGE Publications.
Pranoto, H., & Yuliana, S. (2023). Efisiensi Operasional sebagai Strategi Kompetitif dalam Jasa Keagenan Kapal di Pelabuhan Lokal. Jurnal Transportasi dan Logistik, 9(3), 112–126. https://doi.org/10.7890/ jtl.v9i3.2023
Rahmawati, S., & Putra, Y. A. (2023). Visual Branding dan Service Packaging dalam Industri Jasa Kepelabuhanan. Jurnal Pemasaran dan Layanan Maritim, 5(3), 105–117. https://doi.org/ 10.7890/ jplm.v5i3.2023
Sari, D. A., & Nugroho, H. (2023). Kompetensi Digital dan Strategi Komunikasi dalam Diferensiasi Jasa Keagenan Kapal. Jurnal SDM dan Teknologi Maritim, 6(4), 59–72. https://doi.org/ 10.9101/jsdtm.v6i4.2023
Satriyo, G., & Khoiruman, M. A. (2024). Strategi Pemasaran Inovatif dalam Pengelolaan Sumber Daya Manusia untuk Meningkatkan Kinerja Organisasi dan Pemasaran Di Era Digital. Growth, 22(1), 137-151.
Simanihuruk, R., Sipayung, D. A., & Lumbanraja, L. (2023). Strategi pemasaran jasa berbasis bauran pemasaran 7P pada era digital. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 23(1), 112–125.
Widodo, B., Supriyanto, & Anggraeni, M. (2022). Efisiensi Operasional dan Peran Teknologi dalam Layanan Keagenan Kapal. Jurnal Transportasi dan Logistik, 9(1), 33–47. https://doi.org/10.7890/jtl.v9i1.2022
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.