Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Pada Yayasan Kristen Bethel Jakarta

Authors

  • Nelwati Tanius Universitas Pemulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/JJSDM.v1i3.1288

Abstract

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh Kompetensi dan motivasi kerja terhadap Kinerja Guru dan menentukan faktor kinerja guru tersebut yang paling dominan dalam mempengaruhi Kinerja. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru yang terdiri dari 35 guru SD, 25 guru SMP dan 30 guru SMA.

Variabel penelitian terdiri dari variabel independen atau variabel bebas (X) adalah Kompetensi (X1),  motivasi (X2), sedangkan variabel dependen atau variabel terikat (Y) adalah Kinerja guru. Jumlah item pertanyaan adalah 36 yang terdiri dari daftar pertanyaan yang berkaitan dengan Variabel Kompetensi (X1) sebanyak 12 item, variabel motivasi (X2) sebanyak 12 item dan yang berkaitan dengan variabel kinerja guru (Y) sebagai dependent variabel dengan 12 item pertanyaan.

Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif dan uji regresi linier berganda. Berdasakan pengujian diperoleh persamaan regresi Ŷ = 7.367 + 0.856X1, Nilai koefisien determinasi sebesar 0.639 menunjukkan kemampuan variabel kompetensi guru menjelaskan pengaruh terhadap variabel kinerja guru sebesar 68.4% sisanya sebesar 31.6% merupakan pengaruh dari variabel bebas lain yang tidak diteliti sedangkan uji signifikan thitung variabel kompetensi guru (13.794) lebih besar dibandingkan dengan nilai ttabel (1,98). Pengaruh motivasi guru terhadap kinerja guru, dengan persamaan regesi Ŷ = 9.287+0.820X2. Nilai koefisien determinasi sebesar 0.658. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan variabel motivasi menjelaskan pengaruh variabel kinerja guru adalah sebesar 65.8% sisanya sebesar 34.2% merupakan pengaruh dari variabel bebas lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini sedangkan uji hipotesis thitung variabel motivasi guru (13,022) lebih besar dibandingkan dengan nilai ttabel (1,98). Pengaruh kompetensi guru dan motivasi guru secara bersama-sama, persamaan regresi Ŷ= 3.078+0,513X1+0,429X2 Nilai koefisien determinasi sebesar 0,754. kemampuan variabel kompetensi guru dan motivasi guru menjelaskan pengaruh terhadap variabel kinerja guru sebesar 75,4% sisanya sebesar 24,6% merupakan pengaruh dari variabel bebas lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, sedangkan nilai Fhitung (133.61) lebih besar dibandingkan dengan nilai Ftabel (3,08)

 

Kata Kunci: Kompetensi, Motivasi kerja dan Kinerja guru.

Downloads

Published

2018-05-30

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.