Membangun Motivasi Kerja Guru Dalam Menyiapkan Sumber Daya Manusia Indonesia Yang Berkualitas (Analisis Teori Motivasi Abraham Maslow Di SMK Negeri 57 Jakarta)
DOI:
https://doi.org/10.32493/JJSDM.v1i3.1292Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang implikasi teori Hierarki kebutuhan Abraham Maslow berdasarkan fenomena yang terjadi di Lingkungan SMK Negeri 57 Jakarta, dan memperoleh bukti empirik serta kesimpulan tentang Analisis Teori Motivasi Abraham Maslow dikaitkan dengan Membangun Motivasi Kerja Guru Dalam Menyiapkan Sumber Daya Manusia Indonesia Yang Berkualitas Di SMK Negeri 57 Jakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Alasan utama menggunakan metode kualitatif adalah sesuai dengan tujuan penelitian, yaitu ; melakukan kajian terhadap keadaan saat ini yang terjadi di lokus penelitian, yang memperlihatkan gejala atau fenomena menuju ke arah munculnya suatu permasalahan. Akan tetapi permasalahan yang ada masih belum jelas, kompleks, dinamis, menyeluruh serta penuh makna. Permasalahan yang berhubungan dengan Pengelolaan Sumber Daya Manusia, sebagai faktor kunci dalam keberhasilan pelaksanaan proses belajar mengajar yang hasil akhirnya berkaitan dengan kualitas sumber daya manusia Indonesia. Informan terdiri dari para wakil kepala sekolah, dan guru. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam serta percakapan percakapan informal.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat aspek-aspek Motif, Menyenangi pekerjaan, Prestasi dan Kepuasan kerja serta komunikasi yang merupakan hal yang paling dominan dalam motivasi kerja guru di SMK Negeri 57 Jakarta. Kesimpulan penelitian ini adalah Manajemen SMK Negeri 57 Jakarta, tidak konsisten dalam menerapkan kebijakan membangun motivasi kerja guru, karena tidak pernah disusun suatu perencanaan tentang pelatihan untuk membangun motivasi kerja guru yang tertuang di dalam program kerja kepala sekolah dan wakil kepala sekolah, tidak memiliki sistem reward dan funishment untuk para guru, tidak memberikan kenyamanan dan keamanan dalam melaksanakan tugas.
Kata kunci: Motivasi kerja, Guru, Manajemen SMK Negeri 57 Jakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
The author owns the copyright of the article and assigns to the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under the terms Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) which allows others to share the work with acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with acknowledgment of the work's original publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and larger citations of published work (See The Effect of Open Access).