Pengaruh Penguasaan Kompetensi Teknis Terhadap Kinerja Pegawai Yang Dimoderasi Oleh Kompetensi SMART ASN Pada Jabatan Pelaksana Penyusun Bahan Publikasi Dan Kehumasan

Authors

  • Rina Febrina Pusat Pengembangan SDM Aparatur Perhubungan
  • Shally Alpriany Aisyah Pusat Pengembangan SDM Aparatur Perhubungan

DOI:

https://doi.org/10.32493/JJSDM.v5i1.13141

Keywords:

SMART ASN, Kompetensi Teknis, Kinerja Pegawai, Kehumasan

Abstract

Gagasan SMART ASN merupakan langkah menghadapi era revolusi industri 4.0 mengharuskan ASN beradaptasi terhadap transformasi teknologi agar pelayanan publik lebih efektif, efisien, ditunjang dengan kinerja pegawai secara keseluruhan. Hal tersebut berkaitan dengan penguasaan kompetensi teknis yang didukung dengan penguasaan kompetensi penunjang SMART ASN. Jabatan penyusun bahan publikasi dan kehumasan merupakan jabatan yang diperlukan di setiap unit instansi untuk kelancaran informasi. Penelitian ini mengujikan pengaruh penguasaan kompetensi teknis dan kompetensi penunjang SMART ASN serta moderasi SMART ASN terhadap kinerja pegawai penyusun bahan publikasi kehumasan di Kementerian Perhubungan. Hasil analisis menunjukkan penguasaan kompetensi teknis memiliki pengaruh positif terhadap kinerja pegawai, sementara penguasaan kompetensi penunjang SMART ASN berperan sebagai pure moderator yang memperkuat pengaruh penguasaan kompetensi teknis oleh pegawai terhadap kinerjanya. Analisis instrumen menunjukkan bahwa pegawai masih mengalami kesulitan jika ranah kehumasan menjangkau hubungan luar lebih luas seperti media dan redaksi. Pegawai dengan penempatan kantor pusat dan area ibukota provinsi lebih fasih dalam menguasai teknologi sosial media dan kemajuan informasi. Motivasi pegawai untuk melakukan pekerjaan lebih kolaboratif, up to date, dan kreatif masih perlu ditingkatkan.

References

Aditia, D. dan Anggi. (2019). Pengaruh Penerapan SMART ASN terhadap pengelolaan keuangan negara di era Disrupsi Teknologi Indonesia 4.0. Prosiding Seminar Nasional Sains & Teknologi Informasi (SENSASI), Juli, Halaman 43 – 51.

Darmastuti, Rini. (2012). Media Relations – Konsep, Strategi, dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Gandung, M dan Suwanto. (2020). Analisis Pengaruh Kompensasi Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Surya Rasa Loka Jaya Di Jakarta Barat. JENIUS. Vol. 3, No. 3, Halaman 236-245.

Kementerian Kesehatan. (2020). Grand Design Pengelolaan ASN Kementerian Kesehatan 2020-2024.

Koopmans,L., Claire, B., Vincent,H., Wilmar,S., Henrica,de Vet., Allard,B. (2011). Conceptual Frameworks of Individual Work Performance. JOEM Vol 53.

Martini,I., Eddy,S., Ketut Elly,S., I Wayan Gde,S. (2020). The dimensions of competency on worker performance mediated by work commitment. Cogent Business & Management.

Menpan.go.id. (2019). Menciptakan Smart ASN Menuju Birokrasi 4.0. [On line]. Dari: https://www.menpan.go.id/site/berita-terkini/menciptakan-smart-asn-menuju-birokrasi-4-0 [25 Juni 2021].

Moeheriono. (2010). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Mustafa, A.J. (2019). Smart ASN untuk birokrasi Berkelas Dunia 2024. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Nurjaya, N., et al. (2021). Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia Dan Kemampuan Pemanfaatan Teknologi Terhadap Kinerja Aparatur Desa Pada Kantor Kepala Desa Di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 4(3), 332-346.

Pedro,J. Ramos,V. Juan, R.B., Elena, F., Linda,K. (2019). Assessing Job Performance Using Brief Self-report Scales: The Case of the Individual Work Performance Questionnaire. Journal of Work and Organizational Psychology.

Pikiran-rakyat. (2019). 37 Persen ASN Miliki Gap Kompetensi. [On line]. Dari: https://www.pikiran-rakyat.com/ekonomi/pr-01323213/37-persen-asn-miliki-gap-kompetensi [25 Juni 2021].

Ruslan, Rosady. (1997). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi, Konsepsi, dan Aplikasi. Jakarta: Raja Grapindo Persada.

Salman,M., Showkat,A.G., Imran,S. (2020). Employee Competencies as Predictors of Oganizational Performances: A Study of Public and Private Sector Banks. Management and Labour Studies, Halaman: 1-17.

Wardhani, Diah. (2008). Media Relations: Sarana Membangun Reputasi Organisasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Downloads

Published

2021-09-17

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.