Analisis Kinerja Dosen Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi Pada Masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus Di Universitas Kristen Satya Wacana

Authors

  • Sean Togar Simanjuntak Universitas Kristen Satya Wacana
  • Caecilia Tri Wahyanti Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.32493/JJSDM.v5i1.13144

Keywords:

Dosen, Kinerja, Tri Dharma Perguruan Tinggi, Pandemi Covid-19

Abstract

Tatanan Normal Baru saat pandemi Covid-19 telah mengubah kinerja dosen menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi faktor berpengaruh dan besarnya kinerja dosen dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Desain penelitian dengan deskriptif kualitatif, pengumpulan data dengan wawancara mendalam dan analisis data dengan ATLAS-ti-9. Subyek penelitian adalah dosen UKSW, dengan unit analisis sebanyak 5 dosen mewakili jabatan fungsional Guru Besar, Lektor Kepala, Lektor, Asisten Ahli dan belum berjabatan fungsional. Hasil penelitian menunjukkan, secara umum dosen melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi secara Daring dengan WFH. Kinerja dosen pada pendidikan, penelitian dan publikasi ilmiah tidak berkurang dibanding sebelum pandemi Covid-19. Tetapi kinerja dosen pada pengabdian masyarakat lebih rendah dibanding sebelum pandemi Covid-19. Faktor kendala melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan WFH adalah 1. Faktor eksternal dosen: a. hardware seperti kapasitas komputer, kelancaran internet, dan listrik, b. software seperti ketersediaan aplikasi pembelajaran, c. lingkungan kerja seperti gangguan dan pemahaman keluarga saat kerja secara WFH. 2. Faktor internal dosen: brainware yaitu penguasaan hardware dan software, serta pengaturan jadwal kerja. Faktor positif adalah rasa aman dan nyaman, fleksibilitas tempat dan waktu kerja, efisien waktu kerja, hemat biaya transportasi, memacu penguasaan teknologi informasi, serta meningkatkan kreatifitas ide bentuk praktikum, penelitian dan pengabdian masyarakat saat pandemi Covid-19.

References

Adedoyin, O. B., and Soykan, E. (2020). Covid-19 Pandemic and Online Learning: The Challenges and Opportunities. Interactive Learning Environments, 1–13.

Adiawaty, S. (2020). Pandemi Covid-19 dan Kinerja Dosen (Study Kasus Kinerja Dosen pada PT XYZ). Esensi: Jurnal Manajemen Bisnis, 23(2), 185–191.

Affandi, A., et al. (2020). Optimization of MSMEs Empowerment in Facing Competition in the Global Market during the COVID-19 Pandemic Time. Systematic Reviews in Pharmacy, 11(11), 1506-1515.

Afriansyah, E. A. (2016). Penggunaan Software ATLAS.ti sebagai Alat Bantu Proses Analisis Data Kualitatif. Jurnal Mosharafa, Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 53–63.

Ananda Saraswati, N. L. P., dan Mertayasa, I. N. E. (2020). Pembelajaran Praktikum Kimia Pada Masa Pandemi Covid-19: Qualitative Content Analysis Kecenderungan Pemanfaatan Teknologi Daring. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajaran., 14(2), 144–161.

Assuncao Flores, M. and Gago, M. (2020). Teacher education in times of COVID-19 pandemic in Portugal: national, institutional and pedagogical responses. Journal of Education for Teaching, 46(4), 507–516.

Bozkurt, A., and Sharma, R. C. (2020). Emergency Remote Teaching in a Time of Global Crisis Due to Corona Virus Pandemic. Asian Journal of Distance Education, 15(1), 1–4.

Coman, C., Țîru, L. G., Meseșan-Schmitz, L., Stanciu, C.and Bularca, M. C. (2020). Online Teaching and Learning in Higher Education d During the Coronavirus Pandemic: Students’ Perspective. Sustainability (Switzerland), 12(24), 1–22.

Crosbie, T. and Moore, J. (2004). Work–life Balance and Working from Home. Social Policy and Society, 3(3), 223–233.

Dewi, S. N. (2020). Dampak Covid 19 terhadap Pembelajaran Daring di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 12(2), 87–93.

Djamas, N. (2005). Strategi Peningkkatan Mutu Dosen PTAI (Pendidikan Tinggi Agama Islam). Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan. Badan Litbang Agama dan Diklat Keagamaan.

El Firdoussi, S., Lachgar, M., Kabaili, H., Rochdi, A., Goujdami, D.and El Firdoussi, L. (2020). Assessing Distance Learning in Higher Education during the COVID-19 Pandemic. Education Research International, 1–13.

Firman. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Bioma, 2(1), 14–20.

Habibi, A. (2020). Normal Baru Pasca Covid-19. Adalah-Buletin Hukum Dan Keadilan, 4(1), 197–202.

Hadi, I. P. (2020). Pandemi Covid 19 dan Tantangan Penelitan Kualitatif. In Komunikasi Empati dalam Pandemi Covid 19. ASPIKOM, 275–280.

Hemmings, B.and Kay, R. (2014). Lecturer Self-Efficacy, Research Skills, and Publication Output. Charles Sturt University, 1–15.

Hill, E. J., Hawkins, A. J., Ferris, M., Weitzman, M., Hill, E. J., Hawkins, A. J., Ferris, M. and Weitzman, M. (2001). Finding an Extra day a Week: The Positive Influence of Perceived Job Flexibility on Work and Family Life Balance. Family Relations, 50(1), 49–58.

Huang, C., Wang, Y., Li, X., Ren, L., Zhao, J., Hu, Y., Zhang, L., Fan, G., Xu, J., Gu, X., Cheng, Z., Yu, T., Xia, J., Wei, Y., Wu, W., Xie, X., Yin, W., Li, H., Liu, M., and Cao, B. (2020). Clinical Features of Patients Infected with 2019 Novel Coronavirus in Wuhan, China. The Lancet, 395, 497–506.

Iskandar, A. S., Ilham, I., & Jisal, M. (2019). Labor Productivity of the Silk Weaving Industry: A Case Study in Pakkanna Village, Wajo Regency. Jurnal Office, 5(2), 103-112.

Iskandar, A. S. (2018). Customer Relationship Management dan Pengaruhnya terhadap Loyalitas Nasabah pada Bank Rakyat Indonesia (BRI) Syariah Kantor Cabang Pembantu (KCP) Kota Palopo. Dinamis: Journal of Islamic Management and Bussiness, 1(1).

Iskandar, A. S., Tadjuddin, T., Lesti, L., & Rahmat, R. (2020). MOBILE BANKING SYSTEM. Kontigensi: Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(2), 304-313.

Nur, I. M., & Iskandar, A. S. (2020). Murabahah Contract: Implementation on House Ownership Financing Products (KPR) at BNI Syariah Bank KC Palopo. Pinisi Business Administration Review, 2(2), 141-148.

Ihsan, M. A. Al, Nasution, Z., dan Ritonga, M. (2021). Pengaruh Faktor-Faktor Budaya Kerja dan Dampak Covid-19 terhadap Kinerja Dosen Tetap Universitas Labuhanbatu. Jurnal EMBA, 9(1), 628–636.

Indrawati, B. (2020). Tantangan dan Peluang Pendidikan Tinggi dalam Masa dan Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 39–48.

Isnawijayani. (2020). Ketika Kartini Harus Work from Home. Https://Sumeks.Co.

Khairiah, K. (2020). Etika Kerja dan Pengelolaan Perguruan Tinggi Masa Pandemi Covid-19 dalam Perspektif Islam. Qiyas, 5(2), 80–87.

Leydesdorff, L., Wagner, C. S.and Bornmann, L. (2014). The European Union, China, and the United States in the top-1% and top-10% Layers of Most-Frequently Cited Publications: Competition and collaborations. Journal of Informetrics, 8(3), 1–30.

Li, Q., Guan, X., Wu, P., Wang, X., Zhou, L., Tong, Y., Ren, R., Leung, K. S. M., Lau, E. H. Y., Wong, J. Y., Xing, X., Xiang, N., Wu, Y., Li, C., Chen, Q., Li, D., Liu, T., Zhao, J., Liu, M., Feng, Z. (2020). Early Transmission Dynamics in Wuhan, China, of Novel Coronavirus–Infected Pneumonia. New England Journal of Medicine, 382(13), 1199–1207.

Limbong, A. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kinerja Dosen UNAI Pada Tahun Ajaran 2019 / 2020. Jurnal TeIKa, 11(1), 29–37.

Mahdy, M. A. A. (2020). The Impact of COVID-19 Pandemic on the Academic Performance of Veterinary Medical Students. Frontiers in Veterinary Science, 7, 1–8.

Mahmudi. (2007). Manajemen Kinerja Sektor Publik. Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN Yogyakarta.

Maya, S. dan Anggresta, V. (2020). Analisis Variabel yang Membentuk Kinerja pada Masa Covid 19. Sosio E-Kons, 12(3), 253–260.

Millar, R. (2004). The Role of Practical Work in The Teaching and Learning of Science. High School Science Laboratories: Role and Vision, National Academy of Sciences, 1–24.

Moeheriono. (2010). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Ghalia Indonesia.

Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Remaja Rosdakarya.

Mugimu, C. B., Nakabugo, M. G.and Katunguka, E. R. (2013). Developing Capacity for Research and Teaching in Higher Education: A Case of Makerere University. World Journal of Education, 3(6), 33–45.

Muhammad, M., Delsi, S. L. dan Dwinita, A. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Evaluasi Kinerja Dosen dalam Perkuliahan untuk Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 7(2), 74–87.

Mungkasa, O. (2020). Bekerja Jarak Jauh (Telecommuting): Konsep, Penerapan dan Pembelajaran. Bappenas Working Papers, 3(1), 1–32.

Mustajab, D., Bauw, A., Rasyid, A., Irawan, A., Akbar, M. A. dan Hamid, M. A. (2020). Fenomena Bekerja dari Rumah sebagai Upaya Mencegah Serangan COVID-19 dan Dampaknya terhadap Produktifitas Kerja. The International Journal of Applied Business, 4(1), 13–21.

Napitupulu, R. M. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap Kepuasan Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(1), 23–33.

Nisa, L. C., Hikmaturrokhman, A.dan Sunardi, S. (2020). Kinerja Mengajar Dosen pada Masa Work from Home. At-Taqaddum, 12(2), 103–112.

Ntshwarang, P. N., Malinga, T. and Losike-Sedimo, N. (2021). eLearning Tools at the University of Botswana: Relevance and Use Under COVID-19 Crisis. Higher Education for the Future, 8(1), 142–154.

Onyema, E. M., Obafemi, F., Sen, S. and Sharma, A. (2020). Impact of Coronavirus Pandemic on Education. Journal of Education and Practice, June.

Putranti, H. R. D., dan Susilo, A. (2020). Kompleksitas Work Life Balance (WLB) dan Kinerja Karyawan Menuju New Normal. Jurnal Exchall, 2(2), 22–34.

Quyumi, E., dan Alimansur, M. (2020). Upaya Pencegahan dengan Kepatuhan dalam Pencegahan Penularan Covid-19 pada Relawan Covid. Jph Recode, 4(1), 81–87.

Rachman, A., dan Jamain, R. R. (2020). Persepsi Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Terhadap Pembelajaran Online pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling Universitas Negeri Malang. Arah Kurikulum Program Studi Bimbingan Dan Konseling Indonesia Di Era Merdeka Belajar, 43–49.

Retnowati, T. H., Mardapi, D., dan Kartowagiran, B. (2018). Kinerja Dosen di Bidang Penelitian dan Publikasi Ilmiah. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(2), 215–225.

Rivai V Zainal dan Sagala, E. J. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori Ke Praktik (Pertama). PT. Raja Grafindo Persada.

Rupiettaa, K.and Beckmannb, M. (2016). Working from Home – What is the Effect on Employees’ Effort? In The Center of Business and Economics (WWZ), University of Basel (Vol. 07).

Simanjuntak, P. J. (2005). Manajemen dan Evaluasi Kinerja. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Ulfa, Z. D., dan Mikdar, U. Z. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Perilaku Belajar, Sosial dan Kesehatan bagi Mahasiswa FKIP Universitas Palangka Raya. JOSSAE: Journal of Sport Science and Education, 5(2), 124.

Valerisha, A. dan Putra, M. A. (2020). Pandemi Global Covid-19 dan Problematika Negara-Bangsa: Transparansi Data Sebagai Vaksin Socio-Digital? Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional-PACIS. Edisi Khusus, 131–137.

Wibowo, S. (2020). Determinan Kinerja Dosen pada Pengajaran Metode Daring pada Masa Pandemi Covid-19 dengan Faktor Stres sebagai Pemediasi. Journal of Business & Applied Management, 13(2), 131–146

Wilder-Smith, A.and Freedman, D. O. (2020). Isolation, Quarantine, Social Distancing and Community Containment: Pivotal Role for Old-Style Public Health Measures in the Novel Coronavirus (2019-nCoV) Outbreak. Journal of Travel Medicine, 0(0), 1–4.

Zhu, J., and Liu, W. (2018). Comparing Like with Like: China Ranks First in SCI-Indexed Research Articles Since 2018. Scientometrics, 1–10.

Downloads

Published

2021-09-17

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.