Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 17 – Kota Tangerang Selatan
DOI:
https://doi.org/10.32493/JJSDM.v2i3.3019Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kemampuan pedagogik guru dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru SMP Negeri 17 Kota Tangerang Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan responden 32 dari 42 guru SMP Negeri 17 Kota Tangerang Selatan.
Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen yang berbentuk angket untuk variabel kemampuan pedagogik guru dan motivasi kerja guru. Sedangkan untuk variabel kinerja guru, data diperoleh dari penilaian DP3 guru PNS SMP Negeri 17 Kota Tangerang Selatan pada tahun 2010. Instrumen penelitian dikalibrasi dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas dilakukan dengan menggunakan uji korelasi Product Moment Pearson, sedangkan uji reliabilitas dilakukan dengan menggunakan rumus Alpha.
Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif dan analisis verifikatif yang meliputi Uji Instrumen, Uji Prasyarat Analisis dan Uji Statistik.
Hasil pengujian dan analisisnya adalah sebagai berikut:
- Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetansi pedagogik (X1) terhadap kinerja guru (Y) walaupun memiliki persamaan regresi Y= 527,052 + 0,320X1, dan terdapat korelasi yang lemah positif sebesar 0,171. Uji hipotesis dengan Ï value 0,350 > 0,05.
- Terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi kerja guru (X2) terhadap kinerja guru (Y) ditunjukkan oleh persasmaan regresi Y = 639,925 - 0,579X2 dan terdapat korelasi yang cukup kuat negative sebesar -0,355. Uji hipotesis dengan Ï value 0,046 < 0,05.
- Terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru (X1) dan motivasi kerja (X2) secara bersama-sama terhadap kinerja guru (Y) ditunjukkan oleh persamaan regresi Y = 605,761 + 0,678X1 - 0,832X2 dan terdapat korelasi cukup kuat positif sebesar 0,285. Uji hipotesis dengan Ï value 0,026 < 0,05. Konstibusi kompetensi pedagogik dan motivasi kerja dapat menafsirkan variansi kinerja guru sebesar 23,8%.
Kata Kunci: Kemampuan Pedagogik, Motivasi Kerja, Kinerja Guru
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
The author owns the copyright of the article and assigns to the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under the terms Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) which allows others to share the work with acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with acknowledgment of the work's original publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and larger citations of published work (See The Effect of Open Access).