Analisis Pengaruh Pengajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Sertifikasi Guru Terhadap Kompetensi Guru (Studi Kasus Di Sekolah Menengah Kejuruan Wilayah Tangerang Selatan)
DOI:
https://doi.org/10.32493/JJSDM.v2i3.3021Abstract
ABSTRAK
Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh pengajaran berbasis teknologi informasi terhadap kompetensi guru di Sekolah Menengah Kejuruan Wilayah Tangerang Selatan. 2) Untuk mengetahui pengaruh sertifikasi guru terhadap kompetensi guru di Sekolah Menengah Kejuruan Wilayah Tangerang Selatan. 3) Untuk mengetahui pengaruh pengajaran berbasis teknologi informasi dan sertifikasi guru secara bersama-sama terhadap kompetensi guru di Sekolah Menengah Kejuruan Wilayah Tangerang Selatan.
Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif, populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 352 guru Sekolah Menengah Kejuruan Wilayah Tangerang Selatan sudah sertifikasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus dari Slovin, sehingga sampel yang didapat sebanyak 187 orang.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pengajaran berbasis teknologi informasi berpengaruh signifikan terhadap kompetensi guru, dengan nilai thitung 14.334 dan signifikansi 0.000. Karena thitung lebih besar ttabel (14.334 > 1.973) dan signifikansi lebih kecil dari 5% (0.000) maka Ha diterima dan H0 ditolak. Sedangkan nilai R Square 0.526, menunjukkan bahwa variabel (Y) dipengaruhi oleh variabel (X1) sebesar 52.6% dan sisanya sebesar 47.4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti. 2) Sertifikasi guru berpengaruh signifikan terhadap kompetensi guru, dengan nilai thitung 14.022 dan signifikansi 0.000. Karena thitung lebih besar ttabel (14.022 > 1.973) dan signifikansi lebih kecil dari 5% (0.000) maka Ha diterima dan H0 ditolak, dapat dinyatakan bahwa sertifikasi guru (X2) berpengaruh signifikan terhadap kompetensi guru (Y). Sedangkan nilai R Square 0.515 hal ini menunjukkan bahwa variabel (Y) dipengaruhi oleh variabel (X2) sebesar 51.5% dan sisanya sebesar 48.5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti. 3) Pengajaran berbasis teknologi informasi dan sertifikasi guru secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kompetensi guru, dengan nilai Fhitung 176.374 dan signifikansi 0.000. Jadi Fhitung > Ftabel, (176.374 > 2.65) dan signifikansi lebih kecil dari 5% (0.000 < 0.05). Sedangkan nilai Adjusted R Square 0.653 hal ini menunjukkan bahwa variabel (Y) dipengaruhi oleh variabel (X1) dan variabel (X2) sebesar 65.3% dan sisanya sebesar 34.7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti.
Kata Kunci: Pengajaran Berbasis Teknologi Informasi, Sertifikasi Guru,
Kompetensi Guru
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
The author owns the copyright of the article and assigns to the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under the terms Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) which allows others to share the work with acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with acknowledgment of the work's original publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and larger citations of published work (See The Effect of Open Access).