Pengaruh Kecerdasan Intelektual Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Tangerang Merdeka

Authors

  • Prasetyo Kurniawan Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/JJSDM.v3i3.4863

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (PERSERO) Cabang Tangerang Merdeka baik secara parsial maupun secara simultan.

Metode yang penulis gunakan dengan menggunakan metode Asosiatif, teknik sampling yang penulis gunakan dengan sampling jenuh. Jumlah sampel yang penulis teliti sebanyak 95 karyawan, pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner sedangkan metode analisis data menggunakan regresi linier berganda.

Penelitian ini memberikan bukti empiris bahwa kecerdasan intelektual berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan hal tersebut dapat dibuktikan dari nilai regresi 0,153 (positif) dan nilai signifikasi kecerdasan intelektual sebesar 0,003. Semakin tinggi dan baik kecerdasan intelektual karyawan dalam bekerja maka akan semakin tinggi kinerja karyawan tersebut. Kecerdasan Emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan hal tersebut dapat dibuktikan dari nilai regresi 0,355 (positif) dan nilai signifikasi kecerdasan emosional sebesar 0,000. Semakin tinggi dan baik karyawan dalam mengendalikan kecerdasan emosionalnya dalam bekerja maka akan semakin tinggi pula kinerja karyawan tersebut. Kecerdasan Intelektual dan kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan hal tersebut dapat dibuktikan hasil uji F diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,000 serta pengaruh secara simultan antara kedua variabel bebas yaitu kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan sebesar 67,3%. Semakin tinggi dan baik kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional karyawan dalam bekerja maka akan semakin tinggi kinerja karyawan tersebut.

Kata Kunci : Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional Dan Kinerja      Karyawan.

 

References

Anwar Prabu Mangkunegara. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Arikunto, 2013, Prosedur Penelitian Edisi Revisi, Rineka Cipta, Jakarta.

Ary, Ginanjar Agustian, 2001, Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi & Spritual ESQ, Jakarta: Agra.

Azwar, Sarifuddin. 2008. Sikap manusia: Teori dan pengukurannya (ed.4). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Cooper, R.K. & Sawaf, A. 2002. Executive EQ: Kecerdasan Emosional Dalam Kepemimpinan dan Organisasi. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Ghozali, Imam, 2016, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Universitas Diponegoro, Yogyakarta.

Goleman, Daniel, 2015. Emotional Intelligence: Kecerdasan emosional mengapa EI lebih penting daripada IQ, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kurniawan Prasetyo, 2019, Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi, Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Tangerang Merdeka, Jurnal Ekonomi Efektif, Vol. 1. No. 2.

Nggermanto, Agus, 2002, Quantum Quotient Cara Cepat Melejitkan IQ, EQ, dan SQ. Secara Harmonis, Bandung: Yayasan Nuansa Cendeka.

Purwanto Ngalim, 2013. Evaluasi hasil belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rialmi, Z., & Morsen, M. (2020). Pengaruh Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan PT Utama Metal Abadi. JENIUS, 3(2), 221-227.

Rialmi, Z. (2017). Pengaruh Keadilan Prosedural Yang Diterapkan Kepemimpinan Pegawai Dan Kepuasan Kerja Pegawai Terhadap Kinerja Dari Pegawai BPBD Provinsi Riau. Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi, 1(2), 353-374.

Robbins SP, dan Judge. 2007. Perilaku Organisasi, Salemba Empat, Jakarta.

Robert dan Bacal. 2016. Performance Management. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono, 2017, Metode Penelitian Manajemen, CV Alvabeta, Bandung.

Sunarsi, D. (2016, October). Pengaruh Minat, Motivasi Dan Kecerdasan Kognitif Terhadap Prestasi Belajar (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi S-1 Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Pamulang. Thn. Akademik 2015-2016). In Proceedings (Vol. 1, No. 1).

Sunarsi, D. (2018). Buku Ajar: Seminar Perencanaan Sumber Daya Manusia. Tangerang Selatan: Asmoro Mediatama

Yenti, Nofry dan Machasin, 2014. Pengaruh Kecerdasan Emosinal, Kecerdasan Intelektual, dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Karyawan pada RS. Pekan Baru, Jurnal Online Mahasiswa, Vol. 1, No. 2. ISSN. 2355-6854.

Downloads

Published

2020-04-19

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.