PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN SERTIFIKASI GURU TERHADAP KINERJA GURU (Studi kasus SD di Kecamatan Parungpanjang Kabupaten Bogor)
DOI:
https://doi.org/10.32493/JJSDM.v1i1.656Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Sertifikasi terhadap Kinerja Guru Pada Guru Sekolah Dasar di Parung panjangâ€. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Tingkat Pendidikan dan Sertifikasi terhadap kinerja gutu baik secara parsial dan simultan dengan menggunakan metode penelitian deskriftif kuantitatif. Responden dalam penelitian ini adalah guru sekolah dasar yang berada di Parung panjang yang berjumlah 118 responden.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Tingkat Pendidikan dengan kinerja guru dengan nilai t hitung 3,308 > t tabel 0,1658. Nilai koefisien regresi parsial sebesar 0,280 atau 28% dan nilai signifikansi 0,001, hal ini berarti lebih besar dari taraf kepercayaan yang telah ditetapkan sebesar 0,05 (5%). (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Sertifikasi dengan kinerja guru dengan nilai thitung sebesar 3,062> t tabel 1,658. Nilai koefisien regresi parsial sebesar 0,236 atau 23,6% dan nilai signifikansi 0,001, hal ini berarti lebih besar dari taraf kepercayaan yang telah ditetapkan sebesar 0,05 (5%). (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Tingkat Pendidikan dan Sertifikasi dengan kinerja guru dengan nilai Fhitung 15,474 > Ftabel 3,08. Nilai koefisien regresi secara simultan sebesar 0,212 atau 21,2% sedangkan sisanya sebesar 78,8% dijelaskan oleh variabel lain diluar variabel penelitian ini.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa kinerja guru sekolah dasar di Parung panjang di pengaruhi oleh Tingkat Pendidikan dan Sertifikasi.
Kata Kunci : Tingkat Pendidikan, Sertifikasi dan Kinerja Guru
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2017 Lia - Asmalah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
The author owns the copyright of the article and assigns to the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under the terms Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0)
which allows others to share the work with acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Authors may enter into separate additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with acknowledgment of the work's original publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and larger citations of published work (See The Effect of Open Access).




.png)
