PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA TUTOR ( Studi Kasus Pada Tutor PKBM Wilayah Tangerang Selatan )
DOI:
https://doi.org/10.32493/JJSDM.v1i1.668Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh gaya Kepemimpinan dan Kompetensi terhadap Kinerja Tutor PKBM di wilayah Tangerang Selatan.
Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dan dilaksanakan pada 100 Tutor PKBM di wilayah Tangerang Selatan. Analisis data pada penelitian ini menggunakan bantuan SPSS versi 17. Teknik sampling yang dipakai adalah metode sensus dan teknik pengujian data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas dengan analisis faktor, uji reliabilitas dengan Alpha Cronbach. Uji asumsi klasik dan analisis regresi liner berganda, untuk menguji dan membuktikan hipotesis penelitian
Hasil analisis menunjukan bahwa Variabel gaya kepemimpinan (x1) berpengaruh positif terhadap kinerja tutor (y) dengan nilai koefiseinsi sebesar 0,477, yang artinya jika variabel gaya kepemimpinan (x1) meningkat satu-satuan dengan asumsi variabel kompetensi (x2) tetap maka kinerja tutor akan meningkat sebesar 0,477. Dan sesuai dengan perumusan masalah bahwa besar nya pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja yaitu sebesar 59,3 %., Variabel kompetensi (x2) berpengaruh positif dan terhadap kinerja tutor (y) dengan nilai koefisiensi sebesar 0,546 yang artinya jika variabel kompetensi (x2) meningkat satu-satuan dengan asumsi variabel tetap, maka kinerja tutor akan meningkat sebesar 0,546. Sesuai dengan perumusan masalah maka besarnya pengaruh kompetensi terhadap kinerja karyawan sebesar 62,7% Dari kedua variabel diatas dapat disimpulkan bahwa jika faktor x1 (gaya kepemimpinan) konstan, maka kenaikan satu-satuan pada x2 (kompetensi) dan akan meningkatkan satu-satuan pada y (kinerja tutor) sebesar 0,477 dan jika faktor x2 (kompetensi) konstan, maka kenaikan satu-satuan pada x1 (gaya kepemimpinan) akan meningkatkan y (kinerja) sebesar 0,546., Faktor gaya kepemimpinan dan kompetensi bersama-sama mepunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja tutor pada lembaga PKBM, dari tabel dapat dilihat bahwa R Square diperoleh sebesar 0,750 atau 75 %, hal ini dapat dijelaskan bahwa varibel gaya kepemimpinan dan kompetensi secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja tutor pada lembaga PKBM dan sisanya 75 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti seperti Intensif pegawai dan lain sebagainya. Dan sesuai dengan rumusan masalah maka besarnya pengaruh gaya kepemimpinan dan kompetensi terhadap kinerja secara simultan yiatu sebesar 75 %., Model regresi berganda yang diperoleh : Y= 0,587 + 0,477 X1 + 0,546 X2. Dari data-data tersebut didapat bahwa faktor kompetensi yang mempunyai kontribusi yang paling besar pengaruhnya terhadap kinerja tutor pada lembaga PKBM, jika faktor gaya kepemimpinan konstan, maka kenaikan sebesar satu-satuan pada kompetensi menghasilkan kenaikan kinerja sebesar 0,546 satuan.
Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan, Kompetensi dan Kinerja Tutor.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
The author owns the copyright of the article and assigns to the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under the terms Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) which allows others to share the work with acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with acknowledgment of the work's original publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and larger citations of published work (See The Effect of Open Access).