Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Guru Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Sma Tunas Indonesia Bintaro
DOI:
https://doi.org/10.32493/JJSDM.v1i2.921Abstract
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kompetensi guru, motivasi guru, lingkungan sekolah dan gabungan kompetensi guru, motivasi guru serta lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa SMA Tunas Indonesia Bintaro.
Penelitian ini mengambil populasi semua siswa SMA Tunas Indonesia Bintaro. Variabel penelitian ini terdiri dari variable independen atau variable bebas (X) adalah Kompetensi Guru (X1), Motivasi Guru (X2) dan Lingkungan Sekolah (X3) sedangkan variable dependen atau variable terikat (Y) adalah Hasil Belajar Siswa. Jumlah pernyataan adalah 40 yang terdiri dari Kompetensi Guru (X1) 10 pernyataan, Motivasi Guru (X2) 10 pernyataan, Lingkungan Sekolah (X3) 10 pernyataan dan Hasil Belajar Siswa (Y) 10 pernyataan. Skala pengukuran yang digunakan adalah skala 1 – 5 dengan 5 kategori. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan uji regresi linier berganda.
Hasil pengujian pengaruh kompetensi, motivasi dan lingkungan sekolah secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa secara statistic menunjukan hasil yang signifikan. Hal ini ditunjukan oleh nilai F hitung sebesar 531,392 dengan F table adalah 2,45. Nilai F hitung > F table mengindikasikan bahwa pengaruhnya signifikan. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan kompetensi, motivasi dan lingkungan sekolah secara bersama-sama berpengaruh langsung terhadap hasil belajar siswa terbukti.
Kata Kunci: Kompetensi guru, motivasi guru,lingkungan sekolah dan hasil belajar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
The author owns the copyright of the article and assigns to the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under the terms Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) which allows others to share the work with acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with acknowledgment of the work's original publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and larger citations of published work (See The Effect of Open Access).