Pelatihan Kemampuan Komunikasi Bisnis dalam Upaya Meningkatkan Penjualan
DOI:
https://doi.org/10.32493/jmab.v4i1.40452Keywords:
Komunikasi Bisnis; Pelatihan; Manajemen Pemasaran; Penjualan; SMK Al-Amanah PamulangAbstract
Kemampuan komunikasi bisnis yang efektif sangat penting dalam dunia kerja, terutama dalam bidang pemasaran. Pelajar jurusan manajemen pemasaran di SMK Al-Amanah Pamulang memerlukan pelatihan praktis untuk meningkatkan keterampilan ini. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan judul "Pelatihan Kemampuan Komunikasi Bisnis dalam Upaya Meningkatkan Penjualan" dilaksanakan oleh dosen Universitas Pamulang dengan tujuan membekali 48 siswa dengan keterampilan komunikasi bisnis yang efektif. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini meliputi ceramah, diskusi, simulasi, dan role-play untuk memastikan pemahaman dan aplikasi praktis yang optimal. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan komunikasi bisnis peserta, yang diharapkan dapat meningkatkan efektivitas penjualan mereka di masa depan.
References
Amal, M. K. (2023). Pelatihan Komunikasi Bisnis Bagi Umkm. JPM MOCCI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Ekonomi, Sosial Sains dan Sosial Humaniora, Koperasi, dan Kewira-usahaan, 1(1), 45-51.
Gandung, M., Suwanto, S., & Sunarsi, D. (2022). Pelatihan Kemampuan Komuni-kasi bagi Pemuda pada Karang Taruna Kelurahan Kedaung Kota Depok. Jurnal Peradaban Masyarakat, 2(6), 44-48.
Martiningtiyas, C. R., Hermawan, A., Chaniago, N., Baliartati, B. O., & Lestari, N. (2023). Pentingnya Kemampuan Komunikasi Dalam Berwirausaha. Rural Development For Economic Resilience (RUDENCE), 2(2), 79-84.
Mukrodi, M., Wahyudi, W., Sugiarti, E., Wartono, T., & Martono, M. (2021). Membangun Jiwa Usaha Melalui Pelatihan Kewirausahaan. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 1(1), 11-18.
Pratiwi, W. D., Nurfadilah, K. D., & Karim, A. A. (2022). Pelatihan Kemampuan Berbicara Di Depan Umum Bagi Pelaku Umkm Di Desa Muarabaru Kecamatan Cilamaya Wetan Kabupaten Karawang. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(10), 3856-3865.
Setiawati, S. D., Purba, V., Retnasari, M., Fitriawati, D., & Ngare, F. (2018). Membangun Kemampuan Presentasi Bisnis Sebagai Upaya Dalam Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).
Sitepu, S. N. B., & Somangkey, G. C. (2023). Pelatihan Komunikasi Untuk Me-ningkatkan Kemampuan Entrepreneur-ship Siswa SMA Tri Karya Surabaya. Madaniya, 4(2), 554-561.
Sutarjo, M. A. S., Setiawati, S. D., & Diniati, A. (2022). Urgensi Komunikasi Bisnis bagi Pelaku UMKM Kota Bandung. Abdimas Singkerru, 2(2), 86-91.
Widiyarto, S., & Sulastri, S. (2015). Peranan Kemampuan Komunikasi Bahasa Inggris Guna Peningkatan Daya Saing SDM Menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi Asean). Jabe (Journal Of Applied Business And Economic), 2(2), 193-201.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.