Pelatihan Kemampuan Komunikasi Bisnis dalam Upaya Meningkatkan Penjualan

Authors

  • Moh. Sutoro Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jmab.v4i1.40452

Keywords:

Komunikasi Bisnis; Pelatihan; Manajemen Pemasaran; Penjualan; SMK Al-Amanah Pamulang

Abstract

Kemampuan komunikasi bisnis yang efektif sangat penting dalam dunia kerja, terutama dalam bidang pemasaran. Pelajar jurusan manajemen pemasaran di SMK Al-Amanah Pamulang memerlukan pelatihan praktis untuk meningkatkan keterampilan ini. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan judul "Pelatihan Kemampuan Komunikasi Bisnis dalam Upaya Meningkatkan Penjualan" dilaksanakan oleh dosen Universitas Pamulang dengan tujuan membekali 48 siswa dengan keterampilan komunikasi bisnis yang efektif. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini meliputi ceramah, diskusi, simulasi, dan role-play untuk memastikan pemahaman dan aplikasi praktis yang optimal. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan komunikasi bisnis peserta, yang diharapkan dapat meningkatkan efektivitas penjualan mereka di masa depan.

References

Amal, M. K. (2023). Pelatihan Komunikasi Bisnis Bagi Umkm. JPM MOCCI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Ekonomi, Sosial Sains dan Sosial Humaniora, Koperasi, dan Kewira-usahaan, 1(1), 45-51.

Gandung, M., Suwanto, S., & Sunarsi, D. (2022). Pelatihan Kemampuan Komuni-kasi bagi Pemuda pada Karang Taruna Kelurahan Kedaung Kota Depok. Jurnal Peradaban Masyarakat, 2(6), 44-48.

Martiningtiyas, C. R., Hermawan, A., Chaniago, N., Baliartati, B. O., & Lestari, N. (2023). Pentingnya Kemampuan Komunikasi Dalam Berwirausaha. Rural Development For Economic Resilience (RUDENCE), 2(2), 79-84.

Mukrodi, M., Wahyudi, W., Sugiarti, E., Wartono, T., & Martono, M. (2021). Membangun Jiwa Usaha Melalui Pelatihan Kewirausahaan. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 1(1), 11-18.

Pratiwi, W. D., Nurfadilah, K. D., & Karim, A. A. (2022). Pelatihan Kemampuan Berbicara Di Depan Umum Bagi Pelaku Umkm Di Desa Muarabaru Kecamatan Cilamaya Wetan Kabupaten Karawang. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(10), 3856-3865.

Setiawati, S. D., Purba, V., Retnasari, M., Fitriawati, D., & Ngare, F. (2018). Membangun Kemampuan Presentasi Bisnis Sebagai Upaya Dalam Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).

Sitepu, S. N. B., & Somangkey, G. C. (2023). Pelatihan Komunikasi Untuk Me-ningkatkan Kemampuan Entrepreneur-ship Siswa SMA Tri Karya Surabaya. Madaniya, 4(2), 554-561.

Sutarjo, M. A. S., Setiawati, S. D., & Diniati, A. (2022). Urgensi Komunikasi Bisnis bagi Pelaku UMKM Kota Bandung. Abdimas Singkerru, 2(2), 86-91.

Widiyarto, S., & Sulastri, S. (2015). Peranan Kemampuan Komunikasi Bahasa Inggris Guna Peningkatan Daya Saing SDM Menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi Asean). Jabe (Journal Of Applied Business And Economic), 2(2), 193-201.

Downloads

Published

2024-06-07

How to Cite

Sutoro, M. (2024). Pelatihan Kemampuan Komunikasi Bisnis dalam Upaya Meningkatkan Penjualan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Mengabdi, 4(1), 26–31. https://doi.org/10.32493/jmab.v4i1.40452

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.