Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja Fisik terhadap Kinerja Karyawan dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening Pada Pt Ajs

Authors

  • Nurmin Arianto Universitas Pamulang
  • Ria Septiani Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/arastirma.v1i2.12368

Keywords:

Motivasi, Lingkungan Kerja Fisik, Kinerja Karyawan Dan Kepuasan Kerja

Abstract

Tujuan Penelitian. Untuk mengetahui Pengaruh Moitivasi dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kinerja Karyawan dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening. Objek penelitian ini adalah karyawan PT AJS.

Metode Penelitian. Menggunakan assosiatif dengan jumlah responden 50 orang sampling jenuh dengan metode analisis jalur.

Hasil. Dari uji t statistik variabel Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pada PT AJSMuncul, Tangerang Selatan. Begitu juga dengan variabel Lingkungan Kerja Fisik, berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT AJSMuncul, Tangerang Selatan.  Adapun Kepuasan Kerja, tidak memiliki pengaruh dan tidak signifikan terhadap kinerja pada PT AJSMuncul, Tangerang Selatan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui pengaruh langsung motivasi terhadap kinerja dan pengaruh tidak langsung motivasi terhadap kinerja.

Implikasi. PT Ajs harus menumbuhkan motivasi yang ada pada karyawan dengan menumbuhkan rasa penghargaan dan memperhatikan lingkungan kerja yang di PT Ajs sendiri agar karyawan mampu menghasilkan pekerjaan sesuai dengan yang diharpkan sehingga karyawan juga merasa puas terhadap pekerjaan yang dijalaninya.

References

A.A. Anwar Prabu. Mangkunegara. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosda. Karya.

A.A. Anwar Prabu Mangkunegara. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arianto, N., & Kurniawan, H. (2020). Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 3(3), 312-321. Link: http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JJSDM/article/view/4869.

Arianto N. (2020). Kepemimpinan Dan Komunikasi Pengaruhnya Terhadap Kinerja Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Kreatif Vol. 8 No 1 (2020). Link: http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/kreatif/article/view/5719.

Arianto, N. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan Direktorat Sumber Daya Di Sebuah Universitas Swasta Jakarta Barat). Jurnal Proceeding Universitas Pamulang. Vol. 1 No 1 (2019). Link: http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Proceedings/article/view/4247.

Arianto, N. (2021). Pengaruh Komunikasi Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pada Karyawan Yayasan Aky Cireundeu. Jurnal Kreatif Vol 9, No 1 (2021). Link: http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/kreatif/article/view/11170.

Arianto, N. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Kinerja dan Kepuasan Kerja Karyawan Pada PT. Gada Rajawali Dunia. Jurnal Jenius Vol. 1. No 2 (2018). Link: http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/JJSDM/article/viewFile/1289/1025.

Edy Sutrisno. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Jakarta : Penerbit Kencana.

Hasibuan, Malayu. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

J Winardi. (2013). Motivasi & Pemotivasian Dalam Manajemen. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Laksmi Riani, Asri. (2013). Manajemen SDM Masa Kini. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Luthans, Fred. (2011). Perilaku Organisasi. Yogayakarta : Andi.

Mangkunegara, A. P. (2012). Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: Refika Aditama.

Sadili Samsudin. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : CV. Pustaka Setia.

Sedarmayanti. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia: Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung: PT Refika Aditama.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R & B. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.

Wibowo. (2011). Manajemen Kinerja. Edisi Ketiga. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Wirawan. (2011). Evaluasi Teori Model Standar Aplikasi dan Profesi, Contoh Aplikasi Evaluasi Program: Pengembangan Sumber Daya Manusia, Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pedesaan, Kurikulum, Perpustakaan, dan Buku Tes. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2021-07-31

How to Cite

Arianto, N., & Septiani, R. (2021). Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja Fisik terhadap Kinerja Karyawan dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening Pada Pt Ajs. Jurnal Arastirma, 1(2), 302–315. https://doi.org/10.32493/arastirma.v1i2.12368