Analisa Pengaruh Ukuran Perusahaan, Struktur Aset, dan Struktur Modal terhadap Profitabilitas

Authors

  • Nani Mulyani Universitas Pamulang
  • Erick Agustinus Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/arastirma.v2i1.16844

Keywords:

Ukuran Perusahaan, Struktur Aset, Struktur Modal, Profitabilitas

Abstract

Tujuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh ukuran perusahaan, struktur aset dan struktur modal terhadap profitabilitas perusahaan.

Metode. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi data panel dengan jumlah sampel sebanyak 13 perusahaan perdagangan yang terdaftar di bursa efek Indonesia (BEI) selama tahun 2017 – 2019. Data yang terkumpul dianalisis dengan aplikasi program Eviews.

Hasil. Ukuran perusahaan berpengaruh positif secara signifikan terhadap profitabilitas perusahaan. Struktur aset berpengaruh positif secara tidak signifikan terhadap profitabilitas perusahaan. Struktur modal berpengaruh positif secara tidak signifikan terhadap profitabilitas perusahaan.

Implikasi. Untuk meningkatkan manajemen kinerja perusahaan secara keseluruhan melalui manajemen profitabilitas perusahaan dengan tetap menjaga ukuran perusahaan, struktur modal dan struktur aset.

References

Abdul Halim. (2015). Manajemen Keuangan Bisnis: Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Ambarwati, N. S, Yuniarta, G.A., & Sinarwati, N.K. (2015). Pengaruh modal kerja, likuiditas, aktivitas dan ukuran perusahaan terhadap profitabilitas pada perusahaan manufaktur yang terdapat di Bursa Efek Indonesia. Jurnal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha. 3(1).

Batubara, R. A P., Topowijono, & Zahroh Z.A. (2017). Pengaruh Struktur Aktiva, Ukuran Perusahaan, dan Profitabilitas terhadap Struktur Modal. Jurnal Administrasi Bisnis, 50(4).

Brigham dan Houston. (2010). Dasar-dasar Manajemen Keuangan Buku 1 (edisi II). Jakarta: Salemba Empat.

Dewi, I. K., & Solihin, D. (2020). Pengaruh Current Ratio Dan Net Profit Margin Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2015-2018. JURNAL ILMIAH FEASIBLE: Bisnis, Kewirausahaan & Koperasi 2 (2), 183-191.

Fahmi, Irham. (2015). Pengantar Manajemen Keuangan Teori dan Soal Jawab. Bandung: Alfabeta.

Hartono Jogiyanto. (2008). Teori Portofolio dan Analisis Investasi Edisi Keenam. Yogyakarta: BPFE

Mudjijah, S., & Hikmanto, A, (2018). Pengaruh Likuiditas, Struktur Aktiva Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Profitabilitas Yang Dimediasi Oleh Struktur Modal Pada Perusahaan Sub Sektor Perkebunan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ekonomika dan Manajemen. 7(2).

Mulyawan, Setia. (2015). Manajemen Keuangan. Bandung: CV PUSTAKA. SETIA.

Nurdiana, D. (2018). Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Likuiditas Terhadap Profitabilitas. Menara Ilmu. XII(6).

Rifai, M,, Arifati, R., & Magdalena, M. (2015). Pengaruh ukuran perusahaan, struktur modal dan pertumbuhan perusahaan terhadap profitabilitas studi pada perusahaan manufaktur di BEI. Jurnal Ekonomi Universitas Pandanaran Semarang.

Riyanto Bambang. (2013). Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Edisi. Keempat. BPFE-Yogyakarta.

Rusmawati. DJ.Y. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Struktur Hutang, Dan Umur Perusahaan Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Food & Beverages Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2014. Jurnal Penelitian Ekonomi dan Akuntansi, 1(2).

Sari, N.P., & Samin. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Struktur Aset, Dan Likuiditas Terhadap Struktur Modal. EKONOMI DAN BISNIS, 3(1).

Santoso, Singgih. (2012). Panduan Lengkap SPSS Versi 20. Jakarta: PT Elex Media. Komputindo.

Solihin, D. (2019). Pengaruh Current Ratio Dan Debt To Equity Ratio Terhadap Return On Asset (ROA) Pada PT Kalbe Farma, Tbk. KREATIF: Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang. 7(1).

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Suherman, Purnamasari, R., & Mardiyati, U. (2019). Pengaruh Struktur Aset, Likuiditas, Dan Profitabilitas Terhadap Struktur Modal Dimoderasi Oleh Ukuran Perusahaan. MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(2).

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Mulyani, N., & Agustinus, E. (2021). Analisa Pengaruh Ukuran Perusahaan, Struktur Aset, dan Struktur Modal terhadap Profitabilitas. Jurnal Arastirma, 2(1), 19–26. https://doi.org/10.32493/arastirma.v2i1.16844