Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru di Sekolah Permata Madani Islamic School
DOI:
https://doi.org/10.32493/arastirma.v3i1.28188Keywords:
Kompetensi, Motivasi, KinerjaAbstract
Tujuan. Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara parsial maupun simultan antara Kompetensi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru Pada sekolah Permata Madani Islamic School di kabupaten Bogor.
Metode. Dalam penelitian ini berjenis asosiatif dengan pendekatan deskriptif dan kuantatif deskriptif. Adapun populasi dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 67 responden
Hasil. Penlitian ini terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara Kompetensi dan Motivasi kerja terhadap kinerja guru dipertama madani Islamic School.
Implikasi. Dalam meningkat Kinerja guru madani Islamic School diperlukanya trening berjejang dalam meningkatkan kompetensi guru serta sekaligus dapat meningkat motivasi guru dalam memaksimal menyelesaikan tanggung jawab sebagai guru.
References
Abid, M., & Safiih, A. (2021). Pengaruh Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada Pt. Putra Mulia Telecommunication Selama Memberlakukan Wfh (Wrok From Home). Jurnal Arastirma, 1(2), 216-225. doi:http://dx.doi.org/10.32493/arastirma.v1i2.12360
Chairul Anam, (2018), Pengaruh Motivasi, Kompetensi, Lingkungan Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Menengah Kejuruan. Jurnal Manajemen dan Pendidikan. Hal. 40-56.
Darmadi, D., Suryani, N., & Sari, R. (2022). Pengaruh Kompensasi dan Pelatihan Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Energizer Indonesia. Jurnal Arastirma, 2(1), 140-148. doi:http://dx.doi.org/10.32493/arastirma.v2i1.16866
Hasibuan, Malayu S.P. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara. Jakarta
Indriyani, W., & Solihin, D. (2022). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Semangat Kerja Karyawan Pada Prima Freshmart Cabang Tangerang Kota. Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 2(4), 531-541
Jeine K. Turangan, (2017), Pengaruh Kompetensi, Disiplin Kerja Dan Profesionalisme Terhadap Kinerja Guru Di SMA Negeri 1 Manado. Jurnal EMBA Vol.5 No.2.
Mangkunegara. A.P (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Moeheriono. (2014). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi – Competency Based Human Resources Management, Edisi Revisi Cetakan ke 2. Jakarta: Rajawali Pers.
Mulyasa. (2004). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi dan Implementasi. PT.Remaja Rosdakarya. Bandung.
Mulyasa. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Rahman, A., Kristina, E., & Septiani, Y. (2021). Pengaruh Motivasi dan Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Astri Duta Mandiri Cinere. Jurnal Arastirma, 2(1), 80-92. doi:http://dx.doi.org/10.32493/arastirma.v2i1.16850
Sekaran, U. (2006). Metodologi Penelitian untuk Bisnis. Terj. Yon, K.M. Jakarta: Salemba Empat
Siregar, Syofian. (2014). Satatistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif¸ Jakarta: Bumi Aksara
Solihin, D., & Wardani, A. K. (2022). Pengaruh Beban Kerja dan Konflik Kerja Terhadap Turnover Intention Pada Karyawan Bagian Indirect PT Mitsuba Indonesia di Tangerang. Jurnal Disrupsi Bisnis. 5(5).
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta Bandung
Sujarweni, V Wiratna. (2014).Metodologi Penelitian, Pustaka Baru Press, Yogyakarta
Sutrisno, E. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana, Jakarta.
Suyanto, Asep Jihad. (2013). Menjadi Guru Profesional Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Erlangga, Jakarta.
Tabrani Rusyam, Sumina. (2017). Menjadi Guru Berdisiplin. Cet. 1 Nabil Sukses Mandiri. Tegal.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).