Studi Literatur : Pengaruh Kompensasi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan dalam Perusahaan

Authors

  • Ainur A'idatul Hasanah Universitas Pamulang
  • Amalia Syafira Universitas Pamulang
  • Nila Wahyuni Universitas Pamulang
  • Naomi Darni Universitas Pamulang
  • Mutiara Victoria Beatrix Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jaras.v4i2.35407

Keywords:

Kompensasi, Motivasi, Kinerja Karyawan

Abstract

Tujuan. Studi literatur ini bertujuan melakukan kajian literatur mengenai pengaruh kompensasi dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan dalam perusahaan dan untuk memberikan gambaran menyeluruh tentang pengetahuan mengenai pengaruh kompensasi dan motivasi kerja terhadap karyawan pada saat ini dari suatu topik, mengidentifikasi kesenjangan dalam penelitian yang ada, dan menyarankan area untuk studi lebih lanjut.

Metode. Studi literatur ini termasuk dalam jenis studi deskriptif kualitatif karena menggunakan Metode library research yaitu analisa dan pengkajian ulang dari peneliti peneliti terdahulu yang bersumber dari jurnal dan dokumen lainnya.

Hasil. Berdasarkan analisis diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh kompensasi dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan. Namun, pada dasarnya besaran pengaruh kompensasi dan motivasi kerja bergantung pada jenis perusahaan tempat karyawan tersebut bekerja. Selain itu juga dapat dilihat bahwa kompensasi merupakan timbal balik yang diberikan perusahaan diluar gaji kepada karyawan dengan tujuan meningkatkan kinerja karyawan. Kinerja karyawan dapat ditingkatkan melalui peningkatan kompensasi dan motivasi kerja.

Implikasi. Perusahaan perlu mengelola kompensasi dan motivasi kerja dengan baik, seperti, memberikan kesempatan kepada karyawan untuk mengembangkan keterampilan dan kemampuan mereka serta melakukan penilaian kinerja secara berkala dan memberikan umpan balik yang membangun.Tujuannya agar meningkatkan kinerja karyawan dari kompensasi dan motivasi kerja yang diberikan perusahaan kepada karyawan.

References

Akbar, Mada Faisal, et al. (2021). Seminar Manajemen Sumber Daya Manusia. Solok : Insan Cendekia Mandiri.

Astuti, R. (2019). Pengaruh kompensasi dan motivasi terhadap kinerja karyawan pada PT. Tunas Jaya Utama. Jurnal Manajemen Bisnis Eka Prasetya Penelitian Ilmu Manajemen, 5(2), 1-10

Enny, Mahmudah. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Surabaya :

UBHARA Manajemen Press.

Fernos, J., & Wipi, I. (2023). Pengaruh Kompensasi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Padang. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 3(2), 647-661.

Sedarmayanti. (2017). Perencanaan dan Pengembangan SDM untuk Meningkatkan Kompetensi, Kinerja dan Produktivitas Kerja. PT Refika Aditama. Bandung.

Selandra, P. M., & Vikaliana, R. (2023). Pengaruh Kompensasi, dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Ekspedisi. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 3(3), 294-302.

Setiadi, S. (2023). Pengaruh Kompensasi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan Bagian Kolektor PT. BPR Dana Mandiri Bogor Cabang Kota Sukabumi. Jurnal Ekonomak, 9(1), 1-7.

Shofwani, S. A., & Hariyadi, A. (2019). Pengaruh kompensasi, motivasi dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan Universitas Muria Kudus. Jurnal Stie Semarang (Edisi Elektronik), 11(1) 52-65.

Suwanto. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Koperasi Bmt El-Raushan Tangerang. Jenius Vol.3. No.2.

Sutrisno, Edy. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Kencana.

Putra, K. A. N., & Wijaksana, T. I. (2022). Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Di Pt Telkom Witel Purwokerto. eProceedings of Management, 9(4).

Downloads

Published

2024-08-01

How to Cite

Hasanah, A. A., Syafira, A., Wahyuni, N., Darni, N., & Beatrix, M. V. (2024). Studi Literatur : Pengaruh Kompensasi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan dalam Perusahaan. Jurnal Arastirma, 4(2), 432–438. https://doi.org/10.32493/jaras.v4i2.35407