Tingkat Kebutuhan Materi Bahasa Indonesia Pada Mahasiswa Jurusan non Bahasa Indonesia di Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Pamulang
DOI:
https://doi.org/10.32493/arastirma.v3i1.28484Keywords:
Tingkat Kebutuhan, Materi Bahasa Indonesia, Mahasiswa Non BahasaAbstract
Tujuan. Tuntutan bagi mahasiswa Non Bahasa Indonesia adalah terbatas pada penggunaan dalam proses penulisan laporan akhir penelitian. Tujuannya untuk melihat kebutuhan mahasiswa dalam kemampuan menuangkan ide dan penulisan dengan bahasa yang baik dan benar sehingga laporan yang dihasilkan dapat diterima oleh Instansi Pendidikan Tinggi. Setiap perguruan tinggi menjadikan Bahasa Indonesia sebagai mata kuliah dasar umum, dimana diwajibkan untuk mempelajari dan memahami Bahasa Indonesia. Setiap mahasiswa yang berada dalam non Bahasa Indonesia perlu mempelajari keterampilan dalam berbahasa serta aspek kebahasaan lainnya sesuai konteks ilmu pengetahuan yang dimiliki.
Metode. Metoede yang dilakukan adalah dengan kualitatif dimana menggunakan teknik wawancara dan observasi dilapangan dengan populasi Mahasiswa Non Bahasa Indonesia Prodi Akuntansi dan Manajemen sebanyak 50 mahasiswa.
Hasil. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa ditemukan kesulitan yang mendalam pada mahasiswa untuk memahami Bahasa Indonesia terutama dalam aspek Tata cara menyusun kalimat, Penulisan laporan dalam bentuk uraian dan Tata cara menyusun kalimat sederhana. Berdasarkan persentase kebutuha yang paling tinggi sebesar 30% adalah kebutuhan penggunaan bahasa yang baik dan benar dalam tugas akhir sedangkan yang terencah adalah penggunaan kalimat Imbuhan dan SPOK sebesar 2%. Adanya kebutuhan tinggi untuk memahami penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai kaidah pokok yang berlaku dalam menyusun laporan akhir perkuliahan. Kesimpulannya adalah masih terdapat kebutuhan yang mendasar akan pemahaman bahasa Indonesia bagi mahasiswa Non Bahasa Indonesia dalam menyusun Laporan akhir.
Implikasi. Agar perkuliahan dapat berfokus pada mahasiswa. porsi latihan lebih banyak. dosen berperan sebagai fasilitator. dosen menyediakan hand out, diktat, atau buku ajar bahan perkuliahan, agar ketika mahasiswa mengerjakan tugas-tugas latihan dapat memanfaatkan bahan perkuliahan tersebut di rumah.
References
Astuty, Sri Puji, (2019). Kohesi dalam Novel Surat Kecil Untuk Tuhan.†Junral Undip: Fakultas Ilmu Budaya.Online: https://ejournal.undip.ac.id/index.php/nusa/article/view/27024
Barimbing Suryani, Oktavia Yunisa (2022). “Telaah Pembelajaran Mahasiswa Terhadap Peran Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggiâ€, Jurnal E-Science Humanity, Universitas Putera Batam, Vol 2 no 2 Mei 2022.
Mahsun, (2005). Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: Kharisma Putra Utama Offset. Mansyur, Umar. 2016. Bahasa Indonesia dalam Belitan Media Sosial: Dari Cabe-Cabean Hingga Tafsir Al-Maidah 51. In Prosiding Seminar Nasional & Dialog Kebangsaan dalam Rangka Bulan Bahasa 2016 (pp. 145–155).
Mulyana. (2005). Kajian Wacana: Teori, Metode, dan Aplikasi Prinsip-Prinsip Analisis Wacana. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Marzuki, Ahmad. (2022). Analisis Kohesi Gramatikal dan Leksikal Pada Karya Ilmiah Mahasiswa Non Bahasa Indonesia di Universitas Islam Malang, FKIP Malang. Dalam jurnal Jurnal penelitian, pendidkan dan Pembelajaran, Vol 17, No. 13 (2022).
Pratomo Agus. (2016). Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Nizamia Learning Center
Pranowo, (2015), Kebutuhan Materi kuliah Bahasa Indoensia Mahasiswa Jurusan Non Bahasa Indonesia di Universitas Sanata Darma, Jurnal kependidikan nomor 1, tahun xxxv, Mei 2005, Jogjakarta
Rahayu, Arum Putri. (2015). Menumbuhkan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar dalam Pendidikan dan Pengajaran. Jurnal: Paradigma, 2(1), Halaman 1-15.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Syahputra, Edy, Dkk, (2022). Penggunaan Bahasa Indonesia di kalangan Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Islam Negri Sumatera Utara), Jurnal Multi Disiplin Dehasen (Mude), Vol 1 No. 3 Juli 2022. Bengkulu.
Wibowo, Wahyu. (2003). Manajemen Bahasa. Jakarta: Gramedia
Wirastuti, Intan, (2013). Analisis Kesalahan Berbahsa Pada Penulisan Latar Belakang Skripsi Mahasiswa Non Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiya Surakarta, Academia, Jakarta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).