Pengaruh Service Quality dan Store Atmosphere terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Cafe Kedai Kopi Athar Bangun Purba)
DOI:
https://doi.org/10.32493/jaras.v5i1.40114Keywords:
Serviice Quality, Store Atmosphere, Kepuasan PelangganAbstract
Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh service quality dan store atmosphere terhadap kepuasan pelanggan pada café kedai kopi athar bangun purba.
Metode. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan rumus hair dengan sampel sebanyak 120 0rang yang merupakan pelanggan café kedai kopi athar bangun purba. Data yang dikumpulkan dianalisis melalui pengolahan regresi linier berganda dan pengujian hipotesis.
Hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa service quality dan store atmosphere baik secara simultan dan parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini dibuktikan dari hasil uji simultan (Uji F) dan hasil uji parsial (Uji t) yang juga menunjukkan nilai signifikan dari dua variabel yang mendukung hipotesis.
Implikasi. Implikasi penelitian ini adalah pentingnya memberikan pelayanan yang baik serta menciftakan suasana cafe yang nyaman kepada pelanggan dalam menciftakan kepuasan pelanggan. Sehingga dalam hal ini diperlukan pengelolaan dari pihak café untuk dapat memberikan pelayanan dan suasana yang senyaman mungkin kepada pelanggan untuk dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dan reputasi perusahaan. ini juga memberikan wawasan kepada mahasiswa pemasaran tentang faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen.
References
Alfin, M. R., & Nurdin, S. (2017). Pengaruh Store Atmosphere Pada Kepuasan Pelanggan Yang Berimplikasi Pada Loyalitas Pelanggan. 1(2), 249–258.
Almunida, A. A., Sa, A. S., & Wicaksono, T. (2022). PENGARUH KUALITAS PRODUK, LOKASI, HARGA, DAN KUALITAS LAYANAN, TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI DISTRICT COFFEE BANJARBARU. 1–9.
Andini, R. M., Siregar, M., & Siregar, N. A. (2022). Pengaruh Lokasi , Suasana , dan Kualitas Pelayanan Terhadap Pelanggan Satisfaction at Warkop Gelas Batu ( GB ) 5 Ahmad Yani Rantauprapat Machine Translated by Google. Ekonomi Dan Manajemen Kuantitatif, 4. https://doi.org/https://doi.org/10.35877/454RI.qems991
Apriani, D. A., & Sunarti. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Survei pada konsumen the little A Coffe Shop Sidoarjo). Jurnal Administrasi Bisnis, 51(2), 1–7.
Arifin, M. R., & Cahyana, A. S. (2022). The Effect Of Service Quality , Product Quality And Store Atmosphere On Customer Satisfaction Pengaruh Kualitas Layanan , Kualitas Produk Dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Pelanggan. 3.
Daga, R. (2019). Citra,Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan (Issue May 2017). Global Research And Consulting Institute.
Effendy, F. hizrian, Khuzaini, & Hidayat, I. (2019). Effect Of Service Quality, Price And Store Atmosphere On Customer Satisfaction (Study On Cangkir Coffee Shop In Surabaya). Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3, 123–148. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25139/ekt.v3i2.2033
Febriani, F., & Ahmad Fadili, D. (2021). Pengaruh Store Atmosphere Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan (Survey Pada Café Patroli Kopi Karawang). Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(3), 368–379. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v4i3.10100
Ghozali, P. I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 edisi 9 (Edisi Kese). Badan Penerbit Universitas Diponogoro.
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2010). Multivariate Data Analysis (Seventh Ed).
Indrasari, D. M. (2019). Pemasaran & kepuasan Pelanggan (Cetakan pe). Unitomo Press.
Istiyono, W. A., & Rizal, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Pelanggan Restoran Mie Gacoan Cabang Semarang). SEIKO : Journal of Management & Business, 5(2), 395–404. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i2.2174
Maranatha, E. G. (2022). ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK , PELAYANAN KEPUASAN CAFE RUANG SARCA MEDAN Euodia Grace Maranatha1 Machine Translated by Google. Jurnal Internasional Ekonomi, Bisnis, Akuntansi, Manajemen Agribisnis, 1165–1182.
Nugroho, H. S. W. (2011). Kualitas layanan kesehatan menurut persepsi konsumen (Sunarto (ed.)).
Prasetyo, J., AY, B., & DPW, I. A. (2021). Pengaruh pelayanan, Store Atmosphere dan harga terhadap Kepuasan Konsumen Mie Gacoan (Studi Pada Mie Gacoan Manahan). Jurnal Ilmiah Edunomika, 05(February), 2021. https://doi.org/10.1080/09638288.2019.1595750%0Ahttps://doi.org/10.1080/17518423.2017.1368728%0Ahttp://dx.doi.org/10.1080/17518423.2017.1368728%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ridd.2020.103766%0Ahttps://doi.org/10.1080/02640414.2019.1689076%0Ahttps://doi.org/
Pratiwi, V. andita, Sulaiman, E., Budiastuti, E., & Ajie, A. (2022). Store Atmosphere and Service Quality On Cafe consumer Satisfaction. Jurnal Manajemen, 12(4).
Putra, I. P. Y. mahendra, Hartanti, N. P. S., & MAshyuni, I. A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Ud. Bagas Bagus Kerambit Tabanan. Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Parawisata, 3, 375–384. https://doi.org/10.32877/eb.v6i2.1044
Rijali, N. F., & Rahmawati, E. (2022). Pengaruh Store Atmosphere dan Kualitas pelayanan terhadap kepuasan Pelanggan pada owner Store Tanjung Tabalog. Jurnal Ebisnis Dan Pembangunan, 11.
Sudana, I. M., & Setianto, R. H. (2018). Metode Penelitian Bisnis & Analisis Data Dengan SPSS (pp. 1–209). Erlangga.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta R&D. In Alfabeta, CV (Issue April). Alfabeta, bandung.
Sukma, A. N., Sumaryanto, & Susanti, T. (2020). Pengaruh Kualitas pelayanan, harga, dan Store Atmosphere Terhadap kepuasan Konsumen (Survei Pada Konsumen The Hidden Place By Jox’s Surakarta. Junal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 20, 167–177.
Tantono, T. L. (2021). Pengaruh Service Quality dan Atmosphere Quality Zocco Coffee Terhadap Customer Satisfaction. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 6(6), 515–525.
Tjiptono, F. (2022). Manajemen Dan Strategi Kepuasan Pelanggan (Anastasia Diana (ed.); Cetakan 1).
Yulinda, A. T., Febriansyah, E., & Riani, F. S. (2021). Pengaruh Store’S Atmosphere Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Nick Coffee Kota Bengkulu. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.37676/ekombis.v9i1.1228
Yuningsih, E., Siboro, L. P., Yokanan, R. T., Ekonomi, F., & Immanuel, U. K. (2023). Pengaruh promotion , store atmosphere , dan service quality terhadap customer satisfaction dimediasi oleh purchase. 1(1), 152–162.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Wida Cahyati Purba, Edison Sagala
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).