Pengaruh Kualitas Produk, Brand Trust, dan Kelompok Referensi, Terhadap Minat Beli Sepeda Mtb Polygon Pada Komunitas Gowes di Ponorogo

Authors

  • Bahtiar Muslim Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Titi Rapini Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Dwi Warni Wahyuningsih Universitas Muhammadiyah Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.32493/arastirma.v3i2.32002

Keywords:

Kualitas Produk, Brand Trust, Kelompok Referensi, Minat Beli

Abstract

Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Produk, Brand Trust, Dan Kelompok Referensi terhadap Minat Beli Sepeda MTB Polygon Pada komunitas Gowes di Ponorogo

Metode. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuatitatif. Data diperoleh dalam penelitian ini dengan penyebaran kuisioner yang berisikan pernyataan tertulis kepada responden dan alat untuk menganalisis menggunakan aplikasi softwere SPSS 26. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah komunitas gowes di Ponorogo. Penentuan sampel penelitian ini sejumlah 100, dengan metode Teknik accidental sampling.  

Hasil. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa : (1) Terdapat pengaruh positif dan siginifikan secara parsial antara Kualitas Produk terhadap minat beli sepeda MTB Polygon pada komunitas gowes di Ponorogo, (2)  Terdapat pengaruh positif dan siginifikan secara parsial antara Brand Trust  terhadap minat beli sepeda MTB Polygon pada komunitas gowes di Ponorogo, (3) Terdapat pengaruh positif dan siginifikan secara parsial antara Kelompok Referensi terhadap minat beli sepeda MTB Polygon pada komunitas gowes di Ponorogo, (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara Kualitas Produk, Brand Trust, dan Kelompok Referensi terhadap minat beli sepeda MTB Polygon pada komunitas gowes di Ponorogo.  

Implikasi. Berdasarkan hasil Penelitian dari variabel kualitas produk, brand trust, dan kelompok referensi berkontribusi pada minat beli sepeda MTB Polygon, maka dari itu perlu adanya upaya untuk mempertahankan kualitas dan persepsi tentang kepercayaan pada produk sepeda Polygon, upaya tersebut bisa dengan melihat dan memahami keinginan pelanggan supaya tercipta pengalaman positif yang nantinya akan menjadi acuan konsumen lain dalam minat pembelian sepeda.

References

Jodi, I. W. G. A., & Adhika I Nyoman Resa. (2019). Pengaruh Promosi Dengan Celebrity Endorseterhadap Brand Trust Dan Minat Beli Konsumenpada Bidang Usaha Online Shop Pakaianperempuan Di Denpasar(Study Pada Dinda Fashionbali). Jurnal Magister Manajemen Universitas Mataram.

Kotler, p., & Keller, k. L. (2016). A framework for marketing management. Pearson boston, ma.

Krismanita Elga, Wiska Mayroza, & Purwanto Kelik. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada E-Commerce Shopee. Jurnal revolusi indonesia, 2, 128–142.

Kumar, S., Talwar, S., Krishnan, S., Kaur, P., & Dhir, A. (2021). Purchasing natural personal care products in the era of fake news? The moderation effect of brand trust. Journal of retailing and consumer services, 63. Https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2021.102668

Liu, Y., & Chen, Y. (2023). Frontiers in business, economics and management a study on the influence of face consciousness on sichuan wine purchase intention-regulatory effect of reference group influence.

Purnomo, r. A., & Merona, s. P. (2018). Analisis statistik dengan spss (pertama). Unmuh ponorogo press.

Ridwanudin, r., & Hanifa, f. H. (2019). The influence of brand image and brand trust on purchase intention daihatsu grand new xenia in bandung 2019. Www.topbrand-award.com

Salangka, d. B. M., Massie, j. D. D., Billy, d., Salangka, m., Massie, j. D. D., Tampenawas, j. L. A., Ekonomi, f., Bisnis, d., Universitas, j. M., & Ratulangi, s. (2017). Pengaruh Kelompok Acuan Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Smartphonesmartphone. Jurnal EMBA, 5(3), 3714–3723. Www.kominfo.go.id

Sandala, f. D., Tumbel, a. L., & Tampenawas, j. La. (2021). Pengaruh Kelompok Referensi, Persepsi Harga Dan Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Umkm Beenji Cafe Di Sario Kecamatan Sario. In 878 jurnal EMBA (vol. 9, issue 1).

Santoso, s. (2011). Statiska. Umpo press jalan budi utomo no. 10.

Shanti Mardhatillah. (2016). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk, Dan Reference Group Terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Lipstik Wardah Di Kota Malang. Jurnal ilmiah mahasiswa feb, 3. Https://jimfeb.ub.ac.id/

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan r&d. . Alfabeta.

Supardin L. (2022). Pengaruh Gaya Hidup Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Berlabel Halal. JEMBA Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1.

Taufik, a., & Efendi, b. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merk, Layanan Purna Jual Dan Desain Produk Terhadap Minat Beli Sepeda Motor Honda Pcx Di Kabupaten Wonosobo (Studi: Pada Kompo Motor Wonosobo). Jurnal akuntansi, manajemen & perbankan syariah, 2(4).

Zulfa, I., & Tobing, R. P. (2022). Pengaruh Brand Image, Brand Trust, Dan Reference Group Terhadap Usage Decision Marketplace Shopee. Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, Dan Akuntansi(JISMA), 1(3), 211–220.

Downloads

Published

2023-08-01

How to Cite

Muslim, B., Rapini, T., & Wahyuningsih, D. W. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Trust, dan Kelompok Referensi, Terhadap Minat Beli Sepeda Mtb Polygon Pada Komunitas Gowes di Ponorogo. Jurnal Arastirma, 3(2), 368–379. https://doi.org/10.32493/arastirma.v3i2.32002