Pengaruh Online Customer Review, Kualitas Produk, dan Brand Ambassador terhadap Keputusan Pembelian Scarlett Whitening pada Toko Supply Kosmetik di Desa Suka Makmur Kecamatan Deli Tua
DOI:
https://doi.org/10.32493/jaras.v5i1.42432Keywords:
Online Customer Review, Kualitas Produk, Brand Ambassador, Keputusan PembelianAbstract
Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh online customer review, kualitas produk, dan brand ambassador terhadap keputusan pembelian scarlett whitening pada toko supply kosmetik di Desa Suka Makmur Kecamatan Deli Tua
Metode. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang dengan menggunakan teknik accidental sampling. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner dengan skala likert dan diolah secara statistik menggunakan pengujian hipotesis analisis regresi berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi yang sebelumnya data telah diuji menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik. Pengelolaan data menggunakan program SPSS for windows 27.0.
Hasil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa online customer review tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, namun kualitas produk dan brand ambassador berpengaruh terhadap keputusan pembelian scarlett whitening. Secara simultan variabel online customer review, kualitas produk, dan brand ambassador berpengaruh terhadap keputusan pembelian scarlett whitening.
Implikasi. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk dan brand ambassador berpengaruh terhadap keputusan pembelian scarlett whitening di toko supply kosmetik. Sebaliknya, online customer review tidak mempengaruhi keputusan pembelian. Hal ini menekankan pentingnya meningkatkan kualitas produk dan brand ambassador yang tepat, karena faktor-faktor ini menjadi pertimbangan utama konsumen sebelum membeli produk scarlett whitening.
References
Compas.co.id. (2021). Data Produk Kecantikan dan Perawatan Lokal Tahun 2021. https://compas.co.id/
Compas.co.id. (2022). Produk Kecantikan Tembus Transaksi Rp210 Miliar, Brand Lokal Terfavorit. Compas.Co.Id. https://compas.co.id/
Daga, R. (2017). Citra, Kualitas Produk, Dan Kepuasaan Pelanggan. Global Research and Consulting Institute.
Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning dan Staregy). CV. Penerbit Qiara Media.
Hamasy, A. I. Al. (2022). Industri Kecantikan Tanah Air Punya Prospek Bagus. Kompas.Id. https://www.kompas.id/
Handriana, I., Sulhaini, & Sakti, D. P. B. (2023). Pengaruh Brand Ambassador Dan Korean Wave Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Muda Skincare Scarlett Whitening di Kota Mataram. Jurnal Riset Pemasaran, 2(3), 56–65.
Hasanah, U., Pudjoprastyono, H., & Izaak, W. C. (2023). Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Marketplace (Studi Pada Pengguna Aplikasi Shopee di Jawa Timur). Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(1), 6956–6963. https://doi.org/10.56444/psgj.v4i1.1012
Henry. (2021). Indonesia Tempati Urutan ke-4 Penggemar Korean Wave Terbesar di Dunia. Liputan6.Com. https://www.liputan6.com
Indrasari, M. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.
Isbet, N. O., Darmaji, A. P., Hidayat, Y., & Sulaeman, E. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik MS Glow. YUME : Journal of Management, 5(3), 180–190. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.4574
Maulana, A., & Lestariningsih, M. (2022). Pengaruh Harga, Brand Ambassador Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 11(9), 11–17.
Mutia, A. (2023). Meroketnya Pendapatann Produk Kecantikan dan Perawatan Diri di RI Capai Rp111,83 Triliun pada 2022. Katadata. https://databoks.katadata.co.id/
Novandalina, A., Budiyono, R., & Ernawati, F. Y. (2023). Pengaruh Gaya Hidup, WOM (Word Of Mouth), Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Natasha Skincare di Semarang. Jurnal STIE Semarang, 15(2), 26–32.
Rahmadani, R., & Astuti, S. R. T. (2023). Analisis Pengaruh Citra Merek , Celebrity Endorser , dan Online Consumer Review Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi pada Konsumen Scarlett Whitening di Kota Semarang ). Diponegoro Journal of Management, 12(1), 1–14. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Sahir, S. H. (2021). Metode Penelitian. KBM Indonesia.
Sihaloho, W. T., & Patrikha, F. D. (2023). Pengaruh Brand Ambassador, Customer Review, dan Layanan Cash on Delivery Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Aplikasi Social Commerce. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 11(3), 334–342.
Theresia, C., & Parameswari, R. (2023). Pengaruh Viral Marketing , Online Customer Review , dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Skincare Somethinc Melalui Marketplace Shopee Indonesia. Emabi: Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 2(1), 1–7.
Widarmanti, T., & Cahyani, W. A. (n.d.). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Personality dan Korean Wave Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas SAM RATULANGI (JMBI UNSRAT), 10(2), 1199–1214.
Zusrony, E. (2021). Perilaku konsumen di Era Modern. Yayasan Prima Agus Teknik.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Winda Lestari, Nurul Wardani Lubis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).