Pengaruh Kualitas Pelayanan Karyawan terhadap Kepuasan Pelanggan di Gerai Indomaret Kertamukti
DOI:
https://doi.org/10.32493/arastirma.v2i1.16853Keywords:
Pelayanan Karyawan, Kepuasan PelangganAbstract
Tujuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan karyawan terhadap kepuasan pelanggan di gerai Indomaret Kertamukti.
Metode. Penelitian dilakukan dengan metode Asosiatif. Populasi adalah seluruh konsumen gerai Indomaret Kertamukti dengan besar sampel sebanyak 40 responden, dengan teknik sampling yang digunakan yaitu Purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner sebanyak 30 pernyataan. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana.
Hasil. Hasil pengujian hipotesis diperoleh: Kualitas Pelayanan Karyawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan di Gerai Indomaret Kertamukti, hal tersebut dapat dibuktikan dari nilai thitung 18,97 > ttabel 2,024. Hasil penelitian ini berguna untuk meningkatkan kepuasan pelanggan di gerai Indomaret Kertamukti melalui kualitas pelayanan karyawan.
Implikasi. Perusahaan harus meningkatkan lagi kualitas pelayanan agar konsumen memiliki puncak pikiran terhadap produk atau jasa yang ditawarkan dan karyawan Indomaret Kertamukti harus berupaya memahami keinginan konsumen, sehingga konsumen selalu memilih Gerai Indomaret Kertamukti dari pada Gerai Indomaret lain.
References
Kotler, P. (2014). Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Prenhalindo
Milati, Nila. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening pada Indomaret di Wilayah Sumbersari Jember. Skripsi. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis : Universitas Jember, Jember.
Solihin, D., Ahyani, A., & Setiawan, R. (2021). The Influence of Brand Image and Atmosphere Store on Purchase Decision for Samsung Brand Smartphone with Buying Intervention as Intervening Variables. International Journal of Social Science and Business, 5(2), 262-270. doi:http://dx.doi.org/10.23887/ijssb.v5i2.30847
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Tjiptono, F. (2000). Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, F. (2004). Strategi Pemasaran. Edisi kedua. Yogyakarta : Andi.
Tjiptono, F. dan Greforius, C. (2016). Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, dan Penelitian). Yogyakarta: Andi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).