Pengaruh Kualitas Pelayanan Karyawan terhadap Kepuasan Pelanggan di Gerai Indomaret Kertamukti

Authors

  • Ahmad Setiawan Universitas Indraprasta PGRI
  • Tjipto Djuhartono Universitas Indraprasta PGRI
  • Nur Sodik Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.32493/arastirma.v2i1.16853

Keywords:

Pelayanan Karyawan, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Tujuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan karyawan terhadap kepuasan pelanggan di gerai Indomaret Kertamukti.

Metode. Penelitian dilakukan dengan metode Asosiatif. Populasi adalah seluruh konsumen gerai Indomaret Kertamukti dengan besar sampel sebanyak 40 responden, dengan teknik sampling yang digunakan yaitu Purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner sebanyak 30 pernyataan. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana.

Hasil. Hasil pengujian hipotesis diperoleh: Kualitas Pelayanan Karyawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan di Gerai Indomaret Kertamukti, hal tersebut dapat dibuktikan dari nilai thitung 18,97 > ttabel 2,024. Hasil penelitian ini berguna untuk meningkatkan kepuasan pelanggan di gerai Indomaret Kertamukti melalui kualitas pelayanan karyawan.

Implikasi. Perusahaan harus meningkatkan lagi kualitas pelayanan agar konsumen memiliki puncak pikiran terhadap produk atau jasa yang ditawarkan dan karyawan Indomaret Kertamukti harus berupaya memahami keinginan konsumen, sehingga konsumen selalu memilih Gerai Indomaret Kertamukti dari pada Gerai Indomaret lain.

References

Kotler, P. (2014). Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Prenhalindo

Milati, Nila. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening pada Indomaret di Wilayah Sumbersari Jember. Skripsi. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis : Universitas Jember, Jember.

Solihin, D., Ahyani, A., & Setiawan, R. (2021). The Influence of Brand Image and Atmosphere Store on Purchase Decision for Samsung Brand Smartphone with Buying Intervention as Intervening Variables. International Journal of Social Science and Business, 5(2), 262-270. doi:http://dx.doi.org/10.23887/ijssb.v5i2.30847

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tjiptono, F. (2000). Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F. (2004). Strategi Pemasaran. Edisi kedua. Yogyakarta : Andi.

Tjiptono, F. dan Greforius, C. (2016). Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, dan Penelitian). Yogyakarta: Andi.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Setiawan, A., Djuhartono, T., & Sodik, N. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Karyawan terhadap Kepuasan Pelanggan di Gerai Indomaret Kertamukti. Jurnal Arastirma, 2(1), 116–121. https://doi.org/10.32493/arastirma.v2i1.16853