Pengaruh Teknologi Artificial Intelligence Dan Komunikasi Efektif Terhadap Produktivitas Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.32493/jaras.v5i1.42978Keywords:
Teknologi Artificial Intelligence, Komunikasi Efektif, Produktivitas MahasiswaAbstract
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh teknologi artificial intelligence (AI) dan komunikasi efektif terhadap produktivitas mahasiswa di Universitas Islam Jakarta, baik secara simultan maupun parsial.
Metode: Penelitian kuantitatif ini melibatkan 271 mahasiswa dari populasi strata-1 Universitas Islam Jakarta. Data dikumpulkan menggunakan teknik random sampling.
Hasil: Persamaan regresi yang diperoleh adalah Y=11,387+0,270X1+0,299X2 dengan hasil analisis menunjukkan bahwa AI dan komunikasi efektif secara simultan berpengaruh signifikan terhadap produktivitas mahasiswa (F = 73,432, sig. = 0,000 < 0,05). Secara simultan, kedua variabel memberikan pengaruh sebesar 34,9% terhadap produktivitas mahasiswa (Adjusted R-Square = 0,349).
Implikasi: Hasil penelitian menunjukkan bahwa AI berpengaruh signifikan terhadap produktivitas mahasiswa, mendorong universitas untuk mengintegrasikan AI dalam pembelajaran. Komunikasi efektif juga penting untuk meningkatkan produktivitas, sehingga universitas perlu fokus pada pengembangan keterampilan komunikasi melalui pelatihan dan teknologi pendukung.
References
Abidin, K., & Wandi, W. (2023). Etika Komunikasi antara Mahasiswa dan Dosen dalam Interaksi Akademik melalui Media Digital. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 47–61.
Ahmadi, F. (2017). Guru SD di era digital: Pendekatan, media, inovasi. CV. Pilar Nusantara.
Akhyar, M., Zakir, S., Gusli, R. A., & Fuad, R. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) Perflexity AI dalam penulisan tugas mahasiswa pascasarjana. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 4(2), 219–228.
Busro, M. (2018). Strategy increasing entrepreneurship interest to post migrant workers through training and giving of capital. International Research Journal of Business Studies, 10(3), 147–158.
Cynthia, R. E., & Sihotang, H. (2023). Melangkah bersama di era digital: Pentingnya literasi digital untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31712–31723.
Darmawan, D. (2013). Metode penelitian kuantitatif.
Hartati, S. (2021). Kecerdasan Buatan Berbasis Pengetahuan. Ugm Press.
Hunt, E. B. (2014). Artificial intelligence. Academic Press.
Jamaaluddin, & Indah, S. (2021). Buku Ajar Kecerdasan Buatan. Umsida Press, 121
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Fida'ul Haq, Mulki Siregar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).