Membangun komunikasi Dalam Meningkatkan Solidaritas Pada Paguyuban Perumahan Grand Viona Kuripan Ciseeng Bogor
DOI:
https://doi.org/10.32493/kmm.v3i4.36831Keywords:
Komunikasi, Solidaritas, PaguyubanAbstract
PKM atau Pengabdian Kepada Masyarakat adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk membantu masyarakat tertentu dalam beberapa aktivitas tanpa mengharapkan imbalan dalam bentuk apapun. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dapat dilakukan oleh mahasiswa maupun oleh dosen dari Universitas maupun Institusi Pendidikan lainnya. Untuk dosen, Pengabdian Kepada Masyarakat ini merupakan salah satu dari kewajiban dosen sebagai salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Metode yang digunakan pada Pengabdian Kepada Masyarakat ini berupa penyuluhan dan pelatihan secara langsung. Kegiatan ini dimaksudkan untuk meninjau perkembangan aktualisasi masyarakat terhadap kegiatan yang telah dilakukan sebelumnya dengan harapan dapat dilaksanakan sesuai dengan teori yang telah di peroleh melalui kegiatan yang telah dilaksanakan. Evaluasi juga bertujuan untuk memahami pola pemahaman masyarakat terhadap informasi baru yang diperoleh dari pelaksana kegiatan. Hasil ini diharapkan dapat diterapkan untukpaguyuban perumahan grand viona kuripan ciseeng bogor. Hasil pengabdian masyarakat yang diperoleh oleh peserta yaitu membangun komunikasi dalam meningkatkan solidaritas pada paguyuban perumahan grand viona kuripan ciseeng bogor. Pengetahuan yang diperoleh pada Pengabdian Kepada Masyarakat ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan individu agar mau dan mampu mengambil tindakan yang dapat membangun komunikasi dalam meningkatkan solidaritas, PKM ini seluruh warga dalam paguyuban ini masih kurang menguasai materi tentang komunikasi, namun setelah pelaksanaan kegiatan dilakukan peserta kegiatan PKM ini sudah dapat memahami aspek-aspek dalam membangun komunikasi yang baik, ini semua dapat memahami terlihat dari hasil sesi tanya jawab yang diberikan kepada peserta saat kegiatan PKM ini berlangsung.References
Anjani, S., Supriadi, H., & Wardani, E. (2023). Membangun Jiwa Enterpreneur pada Remaja untuk Mengurangi Pengangguran. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat : Kreasi Mahasiswa Manajemen, 3(3), 193-198. Retrieved from http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/KMM/article/view/33553
Asmarawati, E., Wardani, E., & Aprianda, B. (2023). Peningkatan Omset Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pada Era Society 5.0 di UMKM Pamulang Estat. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat : Kreasi Mahasiswa Manajemen, 3(3), 187-192. Retrieved from http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/KMM/article/view/33552
Astuti, A., Oktavianti, N., & Imbron, I. (2023). Pelatihan Pengembangan Budaya Oraganisasi Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Kerja Karyawan Joglo Shop. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat : Kreasi Mahasiswa Manajemen, 3(3), 208-210. Retrieved from http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/KMM/article/view/33556
Bungin, Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif Edisi Kedua. Jakarta: Adhitya Andrebina Agung. Cangara, Hafied. 2014. Komunikasi Politik: Konsep Teori & Strategi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Cangara, Hafied. 2014. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Daryantodkk. 2016. Teori Komunikasi. Yogyakarta: Gava Media.
Jamaludin, J., Rahman, A., & Nurhamdi, M. (2023). Literasi Keuangan dan Sikap Keuangan Terhadap Pengelolaan Keuangan Siswa SMK Al-Manar. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat: Kreasi Mahasiswa Manajemen, 3(3), 218-221. Retrieved from http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/KMM/article/view/33558
Liliweri, Alo. 2014. Sosiologi & Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara. Moleong, Lexy J, 2014, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda karya.
Lukas, W., Salim, M., Oktaviana, N., Suryani, R., Sarwani, S., Rusilowati, U., & Sudaryana, Y. (2023). Peningkatan Kepemimpinan Karang Taruna Jaya Kampung Pasir Banen, Desa Mekarjaya, Kabupaten Cianjur. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat: Kreasi Mahasiswa Manajemen, 3(3), 238-244. Retrieved from http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/KMM/article/view/33430
Mulyana, Deddy. 2007. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: RemajaRosdakarya.
Rakhmat, Jalaludin. 2013. Psikologi Komunikasi. Bandung : Remaja Rosda
Karya. Santoso, Slamet. 2004. Dinamika Kelompok Sosial. Jakarta: Bumi Aksara
Rosyanto, D., Mardani, M., Meilianda, R., Suharto, A., Aksena, I., Ahidin, U., Sunardi, N., & Kasmad, K. (2023). Pelatihan Bauran Pemasaran Pupuk Organik Cair Jakaba Kepada Santri Ponpes Al-Mujtama Al-Islami Cianjur. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat: Kreasi Mahasiswa Manajemen, 3(3), 245-250. Retrieved from http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/KMM/article/view/33388
Susilawati, S., Sawukir, S., & Meryati, A. (2023). Sosialisasi peran Generasi Millenial dalam Perencanaan Keuangan yang Efektif dan Efisien di Era New Normal. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat: Kreasi Mahasiswa Manajemen, 3(3), 199-203. Retrieved from http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/KMM/article/view/33554
Wijayanti, K., Amirudin, A., & Dewi, N. (2023). Penguatan Pemahaman Strategi Branding Kepada Karyawan Umkm Ticto Shop di Pondok Aren Tangerang Selatan. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat: Kreasi Mahasiswa Manajemen, 3(3), 211-213. Retrieved from http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/KMM/article/view/33557
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.