Kompetensi Profesional dan Kinerja Guru di Sekolah Avicenna Jagakarsa

Authors

  • Aep Saifullah Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkn.v6i2.y2019.p87-94

Keywords:

kompetensi profesional, kinerja guru, pengembangan sumber daya manusia

Abstract

Pendidikan merupakan bagian dari pengembangan manusia seutuhnya, kompetensi profesional dan kinerja guru sangat menentukan kualitas pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional terhadap kinerja guru di sekolah Avicenna. Metode penelitian yang digunakan berupa survei dengan pendekatan penelitian kuantitatif dan dibantu dengan analisis deskriptif. Populasi penelitian berjumlah 70 orang guru dengan sampel 30% (21 orang guru). Teknik analisis data dilakukan dengan program Statistical Product and Service Solution (SPSS) dan program microsoft excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kompetensi profesional guru di Sekolah Avicenna dalam kategori cukup, tingkat kinerja guru di Sekolah Avicenna dalam kategori baik, dan kompetensi profesional yang diukur oleh kinerja guru memiliki pengaruh yang positif dan tidak signifikan terhadap kinerja guru.

References

Hamzah, U. B. (2006). Orientasi Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Kenichi, O. (1991). Dunia Tanpa Batas, alih Bahasa Fx.Budyanto. Jakarta : Binarupa Aksara.

Masri, S., & Effendi. (2003). Metode Penelitian Survei. Jakarta : LP3ES.

Mondy, W., & Noe, R.M. (1996). Human Resource Management. Texas: Prentice Hall,.Inc.

Mulyasa E. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung : Rosda Karya.

Peraturan Menteri Pendidikan Naional Republik Indonesia No.12, 13, 16, 18 Tahun 2006 tentang Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Razali, R. (2007). Diakses 10 Desember, Reproduksi Sosial dan Pembangunan Manusia, Republika.

Riduwan, & Engkos. A K. (2008). Analisis Jalur. Bandung : Alfabeta.

Sukandar. (2003). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru dan Iklim Organisasi terhadap Kinerja Guru di SLTP Negeri Semarang 1 dan SLTP Negeri Bayongbong di kabupaten Garut.Tesis. Program Pascsarjana-UPI. Tidak diterbitkan.

Supriyanti, T. (2004). Upaya Pengembangan Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Kinerja Pembelajaran Guru (Studi Korelasional antara Perseepsi terhadap upaya Pengembangan Kompetensi Profesional Kinerja Pembelajaran Guru di SMA Negeri 1 Subang). Tesis. Program Pascasarjana-UPI. Tidak diterbitkan.

Supriyoko, K. (2007). â€Revitalisasi Pendidikan Nasionalâ€, Kompas.

Zarkasyi, A. S. (2005). Gontor dan Pembaharuan Pendidikan Pesantren. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Downloads

Published

2019-09-30

How to Cite

Saifullah, A. (2019). Kompetensi Profesional dan Kinerja Guru di Sekolah Avicenna Jagakarsa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(2), 87–94. https://doi.org/10.32493/jpkn.v6i2.y2019.p87-94