Implementasi Nilai Karakter Toleransi Dalam Pembelajaran Pkn
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpkn.v8i2.y2021.p143-152Keywords:
nilai, toleransi, pendidikan kewarganegaraanAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi nilai karakter toleransi secara tersirat dalam kehidupan sehari-hari, melalui kegiatan bernyanyi lagu nasional, berdo’a mengajarkan bagaimana menyikapi perbedaan dan lain sebagainya. Hal tersebut terdapat di dalam pembelajaran PKn di SDN Baranangsiang. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif. Pengamatan, dan teknik pengumpulan data wawancara. Hasil penelitian yang dilakukan adalah implementasi nilai-nilai toleransi dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan, faktor pendukung atau penghambat dalam implementasi nilai-nilai toleransi dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Dalam proses pembelajaran masih ada sedikit hambatan dalam pengimplementasian nilai karakter toleransi yaitu siswa perempuan dan laki-laki yang masih belum bisa bekerja sama seakan-akan ada sekat pemisah diantara mereka. Dan juga dengan kondisi adanya pandemi, pembelajaran tatap muka terbatas ini menjadikan waktu untuk memberikan pembelajaran menjadi sedikit. Tentunya masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki dalam menerapkan nilai toleransi itu sendiri kepada siswa, sehingga pelaksanaan nilai toleransi dapat dijalankan secara optimal.
References
Anderson, I., & Putri, N. (2017). Implementasi Nilai Toleransi Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar Vol.2 No.2.
Endang, B. (2009). Mengembangkan Sikap Toleransi Dan Kebersamaan Di Kalangan Siswa. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 89-105.
Fauzi, F. Y. (2013). Peran Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Upaya Pembentukan Karakter Peserta Didik. Jurnal Ppkn Unj Online, 1(2), 1-15.
Izzan, A. (2017). Menumbuhkan Nilai-Nilai Toleransi Dalam Bingkai Keragaman Beragama. Kalam, 165-186.
Magdalena, I. H. (2020). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Negri Bojong 3 Pinang. Bintang, 418-430.
Novitasari, L. (2020). Pengembangan Instrumen Sikap Toleransi Dalam Pembelajaran Tematik Kelas 5 Sd. Peteka, 41-52.
Pitaloka , D., Dimyati , & Purwanta, E. (2021). Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai Toleransi Pada Anak Usia Dini Di Indonesia. Jurnal Obsesi.
Puspitasari, E. P. (2021). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn) Dalam Menumbuhkan Rasa Nasionalisme Pada Siswa Kelas 4 Di Min 5 Pacitan Tahun Pelajaran 2020-2021. Iain Ponorogo.
Ramdan, A. Y. (2019). Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Mengembangkan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Sekolah Dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 100.
Rusydiyah, E. F. (2015). Nilai-Nilai Toleransi Dalam Islam Pada Buku Tematik Kurikulum 2013. Islamica: Jurnal Studi Keislaman, 10(1), 277-297.
Siska, Y. (2018). Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Negeri 4 Kotakarang Bandarlampung. In Prosiding Seminar Dan Diskusi Pendidikan Dasar.
Tirtoni, F. (2016). Pembelajaran Pkn Di Sekolah Dasar ; Inovasi Melalui Strategi Habituasi Dan Program Kegiatan Sekolah Berkarakter. Yogyakarta: Penerbit Buku Baik.
Waman, Y. &. (2021). Penanaman Nilai Toleransi Dan Keberagaman Suku Bangsa Siswa Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 60-67.
Wicaksono, V. D. (2021). Analisis Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Melalui Metode Penugasan Pada Pembelajaran Ppkn Secara Daring Kelas V Sdn Balasklumprik I Surabaya.
Widiyanto, D. (2017). Pembelajaran Toleransi Dan Keragaman Dalam Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.